Home Auto News 5 Mobil Baru Berteknologi Canggih yang Hadir Tahun 2015

5 Mobil Baru Berteknologi Canggih yang Hadir Tahun 2015

0 731

Mobil Canggih Terbaru Indonesia, Sepanjang tahun 2015 kemarin pasar otomotif nasional memang dilanda krisis. Namun hal tersebut bukan menjadi halangan bari produsen mobil untuk menghadirkan produk andalannya dengan balutan teknologi canggih. Seperti yang diketahui, tahun lalu Indonesia diramaikan dengan kehadiran mobil canggih yang dapat membuat publik berdecak kagum.

Beberapa di antaranya sudah dipasarkan, sementara sebagian lagi masih hadir dalam wujud konsep. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan satu per satu mobil berteknologi canggih yang hadir di Tanah Air sepanjang 2015.

Toyota Mirai

Sedan buah tangan Toyota Motor Corporation ini berhasil meraih perhatian banyak orang. Mobil yang diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 ini merupakan kendaraan yang mengandalkan bahan bakar hidrogen.

Kelebihan yang dimiliki mobil ini terletak pada daya jelajahnya dan hasil gas buang yang ramah lingkungan. Mirai diklaim dapat menjelajah sejauh 502 km hanya dengan satu tangki gas hidrogen. Untuk waktu isi ulangnya hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

Toyota Mirai 2016

Mobil ini tidak menghasilkan asap, melainkan mengeluarkan air sebagai hasil buangan knalpot. Air ini diklaim aman untuk diminum daripada susu.

Mitsubishi Outlander PHEV Concept-S

Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electronic Vehicle) Concept-S diperkenalkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2015. Mobil SUV ini memiliki tampilan futuristik dan dilengkapi dengan beragam terknologi canggih.

Mobil ini mengandalkan mesin berkapasitas 2.000 cc empat silinder DOHC MIVEC yang ditemani dengan motor listrik bertenaga 300 volt yang diperoleh dari baterai Lithium-ion berdaya 12 kWh.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebenarnya ingin menjual mobil ini di Indonesia. Akan tetapi faktor homologasi dan subsidi dari pemerintah menjadi kendalanya.

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS)

Mobil yang diperkenalkan Suzuki pada perhelatan GIIAS 2015 ini memiliki fitur hemat bahan bakar dan rendah emisi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil hibrida. Teknologi SHVS tersebut merupakan langkah Suzuki untuk menghadapi program mobil emisi rendah (low carbon emission/LCE) yang tertuang dalam regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.

Walaupun belum resmi dirilis, tidak menutup kemungkinan Suzuki akan menerapkan teknologi tersebut pada mobil-mobil andalannya yang dijual di Tanah Air. Teknologi SHVS mempunyai prinsip kerja yang sederhana. Rangkaian sistem terdiri dari ISG (integrated starter generator) yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Energi yang terbuang dalam sistem ini dapat dimanfaatkan kembali oleh sistem hibrida.

Nissan

Pada pameran yang sama, Nissan Motor Indonesai (NMI) memperkenalkan mobil sport listriknya. Mobil ini terinspirasi dari generasi Nissan Z yang legendaris. Menariknya, meski memiliki tenaga yang lumayan besar mobil ini tetap ramah lingkungan karena bebas emisi.

Mobil listrik Nissan ini dapat berjalan sejauh 240 km dengan kondisi baterai penuh. Tenganya diklaim dapat dipacu dari 0-100 km/jam dalam waktu 5 detik saja.

Nissan X–Trail Hybrid

NMI memanaskan pasar otomotif di Tanah Air dengan meluncurkan varian terbaru X-Trail. Sesuai dengan namanya, mobi lini mengandalkan mesin hybrid. SUV andalan Nissan ini dibanderol dengan harga Rp 625 juta.

Melihat dapur pacunya, Nissan X-Trail Hybrid dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 2.000 cc yang dapat menghembuskan tenaga hingga mencapai 147 hp. Mesin ini dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 41 hp sehingga tak kalah bertenaga dengan varian standar. Jika dibandingkan dengan X-Trail standar bermesin 2.500, versi hibrida jauh lebih bertenaga dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply