Home Auto News Nissan Kicks 2016 Segera Rilis, Desain Modern dan Futuristik

Nissan Kicks 2016 Segera Rilis, Desain Modern dan Futuristik

0 915

Crossover Baru Nissan Kicks 2016, Carlos Ghosn, selaku Presiden dan CEO Nissan Motor Co. Ltd memberikan kabar gembira bagi pecinta otomotif di seluruh penjuru dunia. Rencananya perusahaan otomotif ternama asal Jepang ini akan menghadirkan crossover baru yang terinspirasi dari Kicks Concept. Menariknya, mobil ini berstatus global dan akan didistribusikan untuk pasar Amerika Latin mulai 2016.

Dalam kunjungan ke Brazil, Ghosn memberikan konfirmasi bahwa mobil baru Nissan ini nantinya akan sama dengan model konsep yang pertama kali dipamerkan pada perhelatan Sao Paulo Motor Show 2014. Dengan kata lain crossover tersebut nantinya juga akan mengusung nama Nissan Kicks.

Untuk mewujudkan hal tersebut, investasi sudah ditanamkan untuk pabrik Nissan di Resende, Brazil pada tahun 2014 lalu. Nilai investasi ini mencapai 192 juta dollar atau sekitar Rp 2,6 triliun. Ketika mulai diproduksi, pabrik ini akan mempekerjakan 600 karyawan baru untuk dua shift.

”Nissan memulai perjalanan crossover pada 2003 dengan Murano. Sejak itu, kami perkuat kepemimpinan segmen ini dengan Juke, Qashqai, dan X-Trail. Kicks akan menjadi crossover unik yang menjangkau banyak kawasan,” jelas Ghosn, dikutip dari KompasOtomotif.

Mengingat statusnya sebagai model global, bukan tidak mungkin Nissan Kicks 2016 juga akan dipasarkan di kawasan Asia, khususnya di Indonesia. Terlebih lagi Steve Ardianto yang menjabat sebagai Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pernah mengungkapkan bahwa mulai tahun ini pihaknya lebih berfokus untuk memperkuat segmen SUV.

Nissan Kicks 2016 2

Jika benar dipasarkan, maka persaingan di segmen crossover akan semakin sengit. Pasalnya, Nissan Juke yang menjadi andalan NMI di segmen tersebut penjualannya mulai melemah. Dengan hadirnya Nissan Kicks maka NMI bisa saja memperkuat posisinya di pasar SUV.

Nissan Kicks 2016 kabarnya akan mengusung mesin diesel berkapasitas 1,5 liter dCi K9K yang juga dipakai model Renault dan Nissan lainnya. Jantung mekanis tersebut sanggup meledakkan tenaga dalam dua versi, yakni 83 bhp dan 108 bhp.

Melihat tampilan eksteriornya, Nissan Kicks menggunakan grille khas Nissan dengan desain menyerupai huruf V. Sementara untuk kaki-kakinya menggunakan pelek 19 inci. Kicks memiliki panjang 4.300 mm, dengan lebar 1.800 mm dan tinggi mencapai 1.600 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.650 mm.

Untuk pembanding, Nissan Juke yang dipasarkan di Indonesia hadir dengan tampilan eksterior yang unik dan beda. Mobil ini dipermanis dengan grille radiator berukuran kecil dan memanjang di bagian tengah, lengkap dengan aksen chrome dan desain huruf V.

Melihat dimensinya, Nissan Juke mempunyai panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.565 mm. Sementara beratnya berkisar 1.163 kg sampai 1.477 kg. Mobil ini mempunyai ground clearance yang cukup tinggi sehingga dapat melalui medan off road dan jalanan terjal.

Di bagian interior, penumpang akan dimanjakan dengan beragam fitur hiburan, seperti layar sentuh 6.5 inci 2 DIN yang mendukung VCD/DVD, mp3, Aux in iPod/iPhone dan USB port. Di samping itu Nissan juga menyertakan voice command, WiFi dan sistem navigasi. Tak lupa Nissan Juke dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni ECO, Sport dan Normal. Sementara untuk menjamin kesejukan di dalam kabin, crossover ini mengusung fitur AC Autoclimate yang dapat menyesuaikan suhu secara otomatis.

Fitur keamanan mobil ini juga cukup mumpuni. Sebut saja SRS Airbags System, Immobilizer & Alarm with Shock Sensor, ABS, EBD dan BA yang akan memberikan perlindungan lebih baik kepada pengguna.

Di balik kap mesin Nissan Juke terdapat dapur pacu HR15DE berkapasitas 1.5 liter 4 silinder DOHC. Tenaga mesin ini mencapai 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm.

Source: honda hrv 2016, berapa tinggi Ground clearance nissan kicks, harga nissan crossover, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply