Home Auto News 3 SUV Baru yang Mengaspal di Indonesia Tahun 2016

3 SUV Baru yang Mengaspal di Indonesia Tahun 2016

SUV Indonesia Terbaru, Di Tanah Air, pasar SUV (Sport Utility Vehicle) mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Menurut data Gaikindo, sepanjang Januari-November 2015 kemarin, Wholesale SUV menembus angka 118.746 unit.

Penjualan SUV ini naik 2,58 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara pertumbuhan di segmen LSUV sangat menggembirakan. Penjualan di segmen ini naik hingga 32,7 persen dibanding periode yang sama di tahun 2014.

Tak mengherankan jika banyak produsen mobil yang menghadirkan SUV andalannya untuk memikat hati konsumen. Di tahun 2016 ini, setidaknya ada tiga SUV baru yang akan dirilis di Indonesia. Berikut adalah 3 SUV baru yang meluncur tahun 2016:

Mazda CX-3

Pendatang baru ini sukses menggoda pecinta SUV. Di Jepang, penjualan Mazda CX-3 pada bulan Maret 2015 mencapai di atas 10 ribu unit. Angka penjualan ini tiga kali lipat lebih besar dibandingkan target yang ditetapkan Mazda, yakni sebesar 3 ribu unit.

Kesuksesan tersebut meyakinkan Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk menghadirkan CX-3 di Indonesia. Pada bulan Oktober kemarin, Yuji Nakamine, Director and Senior Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan tanggung jawab ini ke MMI.

Sementara itu, Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing MMI pernah mengungkapkan bahwa Mazda CX-3 akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2016 ini. Apabila rencana tersebut terlaksana, maka Indonesia akan menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang memasarkan Mazda CX-3, setelah Malaysia dan Thailand.

Mazda mengklaim SUV andalannya ini hemat bahan bakar. Menurut kabar yang dikutip dari Bangkokpost, konsumsi BBM mesin bensin Mazda CX-3 mencapai 16,5 km/liter. Sementara untuk versi diesel efisiensinya 23,2 km/liter.

All-New Fortuner

All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia

Seperti yang hangat diberitakan sebelumnya, Toyota Astra Motor (TAM) rencananya akan meluncurkan generasi terbaru Fortuner. Pada pertengahan Desember kemarin Toyota merilis wajah baru All-New Fortuner di situs resminya.

Menurut bocoran brosur yang tersebar di dunia maya, Toyota Fortuner terbaru ini akan ditawarkan dalam lima tipe. Tipe VRZ dan SRZ menjadi yang tertinggi, menggantikan TRD. Sedangkan untuk tipe G LUX (bensin 4×2) dan V (bensin 4×4) tidak ditawarkan lagi oleh Toyota.

Serangkaian perubahan dilakukan Toyota untuk membuat All-New Fortuner lebih menggoda. Salah satunya adalah dengan meningkatkan performa mesinnya. Menurut data spesifikasi, mesin diesel Fortuner terbaru mengalami peningkatan dari 142 hp menjadi 147 hp. Begitu pula dengan versi mesin bensin yang dayanya naik 2,9 hp.

Meski belum meluncur, pemesanan All-New Fortuner sudah dibuka. Menurut penuturan salah seorang sales, booking fee mobil ini mencapai Rp 15 juta.

Rumor yang berkembang All New Fortuner akan dirilis pada 22 Januari mendatang. Akan tetapi hingga saat ini belum ada informasi mengenai harganya.

All New Pajero Sport

Seolah tidak ingin kalah dengan dua rivalnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengungumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan Pajero Sport Terbaru. Kabar ini disampaikan pada ajang GIIAS 2015 yang berlangsung Agustus kemarin.

“All new Pajero Sport kami asumsikan tahun depan,” jelas Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group PT KTB, dikutip dari Kompas. Akan tetapi KTB belum membuka inden untuk SUV andalannya ini.

All New Pajero Sport memiliki fitur infotainment berbasis layar LCD, multi-function steering wheel dan pendingin udara dual zone. Walaupun sudah mengumumkan tentang kehadiran All New Pajero Sport, KTB belum memberikan kepastian kapan mobil tersebut akan dirilis. Imam memberikan bocoran bahwa SUV berlambang tiga berlian itu akan diperkenalkan di awal tahun.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply