Home Auto News Suzuki New Ertiga Diesel, Kapan Rilis di Indonesia?

Suzuki New Ertiga Diesel, Kapan Rilis di Indonesia?

0 1082

Suzuki Ertiga Diesel Indonesia, Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan New Ertiga Dreza di Tanah Air. Varian tertinggi Suzuki Ertiga ini dijual mulai Rp 216,9 juta hingga Rp 236,5 juta.

Sejumlah ubahan diterapkan Suzuki pada Multi Purpose Vehicle (MPV) ini. Hanya saja sektor eksterior dan interiornya saja yang berubah. Suzuki tidak melakukan ubahan apapun pada bagian mesinnya. Dengan kata lain mobil baru ini tetap mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.400 cc, sama seperti Ertiga standar. Jika melihat di India, Suzuki Ertiga tersedia dalam pilihan mesin diesel. Lantas apa yang membuat Suzuki Indonesia belum menghadirkan varian diesel?

Davy J Tuilan, Deputy 4 Wheel Managing Director SIS mempunyai jawaban atas pertanyaan tersebut. Davy mengungkapkan, ada beberapa alasan yang membuat Suzuki belum ingin merilis Ertiga diesel di Indonesia.

Salah satunya adalah aturan pemerintah yang belum jelas menerapkan kualitas bahan bakar solar yang dipakai pada mesin diesel. Di samping itu, implementasi pemanfaatan bahan bakar biosolar 20 persen (B20) belum diputuskan secara gamblang.

Suzuki New Ertiga Dreza GS 2016 Indonesia

“Tapi, sampai sekarang, aturan itu belum keluar. Inilah yang membuat perusahaan industri yang mau buat strategi jadi repot,” kata Davy, dikutip dari laman Viva.co.id.

Davy mengatakan beberapa SPBU di Tanah Air masih menggunakan biosolar lima persen atau B5. Pemerintah memang memiliki rencana untuk memakai biosolar untuk menggantikan solar biasa.

Sebagai informasi, biosolar merupakan campuran antara solar murni dengan bahan bakar nabati. Namun, pencampuran bahan bakar solar dan bahan bakar nabati masih dilakukan secaa manual, tanpa bantuan alat khusus.

“Bukan mau menyalahkan kebijakan pemerintah. Tapi, kita sedikit harus tahu arahnya ke mana. Secara produk, kita siap. Di India kita sudah jual. Jadi, kepada pembuat kebijakan, harus ditanyakan, mana pompa bensin yang menjual B20? Lalu, teknologi pencampurannya seperti apa?” tambah Davy.

Source: new ertiga 2016 black, new ertiga solar, suzuki solar ertiga, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply