Home Auto News Perbandingan Yamaha Fino 125 2016 Indonesia dan Fino Lama

Perbandingan Yamaha Fino 125 2016 Indonesia dan Fino Lama

Komparasi Yamaha Fino 125 Baru dan Lama, Yamaha resmi menghadirkan New Fino 125 Blue Core di Cikapundung Riverspot Bandung. Skuter matik bergaya retro ini dijual Rp 16,25 juta on the road (OTR) Jakarta.

Lalu apa perbedaan antara New Fino 125 dengan Fino lama bermesin 115 cc? Melihat tampilan luarnya, tidak ada perbedaan berarti di antara keduanya. Yamaha hanya melakukan perubahan seputar penambahan fitur dan pola pemasaran yang kini dikhususkan untuk kaum hawa.

Terdapat tiga perbedaan yang ada di dalam skutik ini, termasuk dua fitur baru. Pertama adalah kapasitas mesin yang berubah menjadi 125 cc dan dipadukan teknologi Blue Core. Lalu adanya fitur Advance Key System dan tambahan eco indicator di instrument cluster, seperti Mio M3. Berikut akan dibahas lebih dalam perbedaan skutik baru Fino 125 dengan Fino lama.

Mesin 125 cc

Fino terbaru menggunakan mesin berkapasitas 125 cc, SOHC dengan sistem pengabutan injeksi. Mesin ini memiliki bore 52,4 mm x stroke 57,9 mm. Yamaha mengklaim New Fino 125 dapat mengeluarkan tenaga 9,42 hp pada 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Jika diperhatikan, keluaran tenaga tersebut lebih besar 1,76 dan torsi lebih tinggi 1,1 Nm dari Fino lama yang hanya bertenaga 7,65 hp pada 8.500 rpm dengan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm. Meskipun tenaganya lebih besar, konsumsi bahan bakar skutik retro ini diklaim lebih hemat 50% dengan adanya teknologi Blue Core.

Yamaha New Fino 125 Blue Core Indonesia 2

Blue Core pertama kali diaplikasikan pada skutik Mio M3 125, All New Soul GT, NMAX dan Grand Filano. Teknologi tersebut dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar pada skutik bermesin 125 cc ke atas. Itulah mengapa Yamaha Fino akhirnya mengusung mesin yang lebih besar, sehingga dapat menggunakan Blue Core.

Fitur Advance Key System

Advance Key System atau kunci pintar ini memiliki dua elemen penting. Pertama adalah Answer Back yang merupakan alarm tunggal yang dapat berbunyi untuk memberi tahu posisi motor saat sedang diparkir di tempat yang ramai. Teknologi tersebut digunakan pertama kali pada Grand Filano.

Elemen kedua adalah Auto Open Key Shutter yang membuat kunci pengaman dapat terbuka secara otomatis. Answer Back dan Auto Open Key Shutter bekerja secara bersamaan saat tombol di kunci ditekan selama lebih dari 2 detik.

Kekurangan

Yamaha Fino 125 Blue Core terbaru dikembangkan dari motor konsep Livery Fino 125. Skutik ini pertama kali dirilis di Negeri Gajah Putih, Thailand pada akhir Agustus 2015 kemarin. Bila melihat spesifikasinya, Fino 125 Blue Core untuk pasar Thailand mengusung lampu berjenis LED, sementara Fino 125 untuk pasar Indonesia tidak. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempunyai alasan tersendiri mengenai hal tersebut

“Kenapa kita tidak pasang LED seperti di Thailand? Kalau kita pasang tentunya harganya akan bertambah dan sulit ditekan. Fino baru bukan melulu soal kecepatan, namun juga harus mengerti konsumen, yaitu wanita,” jelas Dyonisius Beti, yang menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) YIMM.

Di samping absennya lampu LED, Yamaha Indonesia juga tidak menyertakan pelek jari-jari untuk Fino 125 Blue Core. Dengan begitu skutik ini hanya memiliki pilihan pelek tipe palang. Padahal di Thailand Fino 125 tipe Sporty menggunakan pelek jari-jari warna hitam dan bangku yang dilapisi bahan two tone, hitam dan cokelat.

Kendati demikian Yamaha memberikan penawaran menarik untuk setiap pembelian New Fino 125 Blue Core.  Pembeli skutik ini akan mendapat pelayanan Extended Service di tahun kedua pemilikan New Fino 125 Blue Core. Namun penawaran ini hanyya berlaku untuk periode pembelian Januari sampai Maret 2016.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha Fino 125 Blue Core 2016 di Indonesia

Source: perbedaan fino lama dan baru, fino lama, new fino, yamaha fino lama, perbedaan fino sporty dan fino premium, perbedaan fino 2015 dan 2016, perbedaan fino fi dan fino blue core, stroke fino 125, perbedaan fino karbu classic sporty fashion, perbedaan motor fino thn2017 dan 2014, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply