Home Auto News Yamaha Fino 125 dan Honda Scoopy eSP 2016, Mana yang Unggul?

Yamaha Fino 125 dan Honda Scoopy eSP 2016, Mana yang Unggul?

Perbandingan Yamaha Fino 125 dan Honda Scoopy Indonesia, Guna memperkuat posisinya di pasar skutik Tanah Air, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis New Yamaha Fino 125 Blue Core. Skuter matik atau skutik bergaya retro ini mendapat sejumlah revisi, baik di sisi teknis maupun fitur.

Di Indonesia New Fino 125 Blue Core memiliki rival kuat, yakni New Honda Scoopy eSP yang dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Kedua skutik ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. Berikut akan dibahas lebih jauh mengenai keunggulan New Fino 125 Blue Core dan New Honda Scoopy eSP.

Harga

New Fino 125 Blue Core dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 16,25 juta on the road Jakarta. Yamaha memberikan dua pilihan tipe yang dapat dibeli konsumen, yakni Elegant dan Sporty.

Harga tersebut sama persis dengan New Honda Scoopy eSP. Skutik andalan Honda ini disediakan dalam dua tipe, yakni Sporty dan Stylish.

Mesin

Di sektor dapur pacu, New Fino 125 Blue Core dipersenjatai dengan mesin baru yang memiliki kapasitas 125 cc. Volume silinder itu berasal dari perbandingan diameter x langkah 52,4 x 57,9 mm.

New Yamaha Fino 125 Blue Core

New Yamaha Fino 125 Blue Core

Perbandingan kompresi pada ruang bakar mesin ini mencapai 9,5:1. Berbekal mesin berteknologi Blue Core ini, skutik baru Yamaha ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,52 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Sementara itu, New Scoopy eSP diperkuat dengan mesin berkapasitas 110 cc. Perbandingan kompresi mesin ini sama dengan New Fino 125, yakni 9,5:1. Dengan mesin berkapasitas lebih kecil, New Scoopy eSP hanya dapat menghasilkan tenaga 8,7 PS pada 7.500 rpm dengan torai 9,1 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Fitur dan teknologi

New Yamaha Fino 125 Blue Core dilengkapi dengan sejumlah fitur dan teknologi unggulan. Salah satunya adalah mesin yang sudah menggunakan teknologi Blue Core. Hal ini membuat kapasitas mesin diperbesar dari 115 cc menjadi 125 cc. Kendati berkapasitas besar, namun konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit 50 persen dibandingkan dengan Fino karburator.

Yamaha juga membekali skutiknya ini dengan Eco Indicator yang akan menyala saat skutik dikendarai pada kecepatan 20-60 km/jam. Indikator tersebut bertugas sebagai penanda saat kecepatan mesin mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Tidak hanya itu, Fino 125 Blue Core terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan canggih yang didukung answer back dan auto open key shutter. Fitur answer back berfungsi untuk memudahkan pemilik saat mencari posisi kendaraan di tempat parkir. Fitur baru berupa auto open key shutter ini akan memudahkan pengendara membuka panel keamanan pada kunci menggunakan sistem remote yang terdapat pada anak kunci secara wireless.

Sedangkan New Honda Scoop eSP juga dibekali dengan beberapa fitur dan teknologi khas Honda. Skutik ini mengusung teknologi Enhance Smart Power yang dapat memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimalisir gesekan. Hal ini bertujuan untuk mencegah resiko bhan bakar terbuang percuma dan mengoptimalkan energi yang keluar.

Teknologi eSP ini dipadukan dengan ACG Starter untuk menyalakan mesin lebih halus tanpa suara. Di samping itu disertakan pula fitur Idling Stop System (ISS) yang dapat mematikan mesin ketika berhenti lebih dari 3 detik. Pengguna hanya perlu menarik tuas saja untuk menghidupkannya kembali.

Sama halnya dengan New Fino 125 Blue Core, skutik Honda ini juga memiliki fitur Answer Back System yang terintegrasi dengan kunci kontak. Fitur tersebut akan memudahkan pengendara untuk mengetahui letak motor. Hanya dengan menekan tombol remote, motor akan memberi respon suara disertai semua lampu sein menyala.

Baca Juga : Perbedaan Yamaha Fino 125 Blue Core Terbaru dan Model Lama

Source: yamaha fino vs honda scoopy, scoopy 2016, honda scoopy vs yamaha fino, honda scoopy 2016, scoopy vs fino bagus mana, scoopy vs fino, yamaha fino vs honda scoopy 2016, fino vs scoopy, Harga honda scoopy 2016, harga motor scoopy 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply