Home Auto News Honda CRF1000L Africa Twin 2016, Akankah Masuk Indonesia?

Honda CRF1000L Africa Twin 2016, Akankah Masuk Indonesia?

0 1684

Motor Baru Honda CRF1000L Africa Twin, Beberapa waktu lalu Honda Motor meluncurkan New CRF1000L Africa Twin secara global. Model ini merupakan motor adventure yang menjadi andalan terbaru Honda di pasar roda dua. Lantas apakah motor baru tersebut juga akan dipasarkan di Indonesia oleh Astra Honda Motor (AHM)?

Menanggapi hal tersebut, A. Indraputra, selaku General Manager Marketing Planning and Analysis AHM mengungkapkan bahwa penggemar motor adventure di Tanah Air belum banyak. Oleh karena itu AHM selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia belum memiliki rencana untuk menghadirkan New CRF1000L Africa Twin.

“Belum lah. Tapi enggak tahu kalau IU (Importir umum apakah bakal menjual Africa Twin atau tidak). Kita sih belum sampai ke sana,” ujar Indra, sebagaimana dilansir DetikOto.

Menurutnya, hingga saat ini AHM belum mempelajari kemungkinan kehadiran Africa Twin untuk pasar otomotif nasional. Ia menilai, pasar motor sekelas Africa Twin di Indonesia masih kecil.

“Belum dipelajari. Pasarnya masih kecil. Itu dulu sih kita lihat,” jelasnya.

Indra menyadari bahwa ada peminat motor ini di Tanah Air. Akan tetapi AHM juga harus mempertimbangkan seberapa besar peminatnya. “Saya tahu ada komunitasnya. Saya juga baca-baca ada yang suka adventure ke mana gitu. Tapi seberapa besar belum tahu,” ungkapnya.

Honda New CRF1000L Africa Twin 2016 2

Kendati demikian Indra menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan AHM nantinya memasarkan New CRF1000L Africa Twin di Indonesia. Namun untuk waktu peluncuran belum bisa dipastikan.

“Kemungkinan pasti ada, tapi tidak dalam waktu dekat,” pungkas Indra.

New CRF1000L Africa Twin diperkenalkan pertama kali di EICMA 2015 yang berlangsung di Milan Italia. Motor ini hadir dengan perbaikan di sektor mesin dan fitur. Beberapa pembaruan yang dilakukan oleh Honda adalah transmisi kopling ganda (DCT) dan Antilock Brake System (ABS) sebagai pilihan.

Motor adventure ini mengandalkan mesin dengan kapasitas sebesar 998 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan dengan jantung pacu ini mencapai 94 hp dengan torsi maksimum 98 Nm. Melihat tampilannya, gaya desain CRF1000L Africa Twin mengadopsi CRF Unicam. Dengan begitu kesan motor kompak tetap terjaga.

Tidak hanya itu, Honda mengungkapkan bahwa motor ini menggunakan kerangka baja semi ganda, sama seperti yang dipakai oleh model Honda CRF45R Rally. Alhasil CRF1000L Africa Twin terbaru memiliki  kenyamanan, kelincahan dan kemampuan menerjang medan off-road yang tinggi.

New CRF1000L Africa Twin masih memiliki keunggulan lain. Motor ini mempunyai poros engkol 270 derajat yang didesain utnuk memberikan kenyamanan traksi di roda belakang. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Berbekal ground clearance 250 mm dan ketinggian jok 870 mm, maka CRF1000L Africa Twin juga membutuhkan pendistribusian traksi yang tepat.

Honda juga menyematkan pelindung tangan, rem depan besar dan knalpot besar yang menjulang pada CRF1000L Africa Twin terbaru ini. Selain itu motor ini juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 18,8 liter. Berbekal tangki ini New CRF1000L Africa Twin dapat menjelajah sejauh 400 kilometer dengan sekali isi tangki.

Lalu untuk transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) disediakan sebagai pilihan, dan akan teredia dengan fitur Antilock Brake System (ABS). Untuk Honda New CRF1000L Africa Twin versi tanpa ABS dan DCT memiliki bobot kering 208 kg.

Motor ini dilengkapi dengan tombol ‘G button’ yang sangat berguna saat pengendara melintasi medan off-road dan fungsi-fungsi untuk menaklukkan lintasan tersebut. Saat tombol ditekan, ia akan secara otomatis mengontrol clutch system guna memperoleh semburan tenaga kontan.

Source: honda africa twin indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply