Home Auto News MPV Baru Toyota Sienta Rilis di Indonesia Tahun Ini?

MPV Baru Toyota Sienta Rilis di Indonesia Tahun Ini?

0 1145

Mobil Baru Toyota Sienta Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadapi tahun 2016 dengan beberapa model baru yang siap diluncurkan. Seperti yang hangat dibicarakan, pada akhir pekan ini TAM akan merilis generasi terbaru Toyota Fortuner. Selain model SUV (Sport Utility Vehicle) itu, perusahaan otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini juga menyiapkan model baru lainnya, yakni Sienta.

Perlu diketahui, Toyota Sienta merupakan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang berada di segmen yang sama dengan Honda Freed. Menurut kabar yang berhembus, waktu peluncuran mobil baru Toyota ini dipercepat.

Berdasarkan bocoran yang didapat dari KompasOtomotif, awalnya Toyota Sienta akan diluncurkan pada awal semester kedua tahun 2016 ini. Akan tetapi, melihat kesempatan yang lebih besar dan waktu penjualan yang lebih lama, produksi mobil ini diubah menjadi lebih awal. Seorang sumber yang mengatahui rencana tersebut mengatakan, Toyota Sienta akan diproduksi pada April mendatang.

Indikasi tersebut terbilang kuat, sebab Toyota Indonesia akan mulai mengoperasikan pabrik barunya yang bertempat i Karawang, Jawa Barat untuk memproduksi mesin 1.3 liter dan 1.5 liter mulai Februari 2016. Mesin tersebut nantinya akan digunakan Sienta sebagai sumber tenaganya. Tidak hanya Toyota Sienta, mesin tersebut juga akan digunakan pada model lain yang mengusung kapasitas serupa.

Rencananya MPV terbaru Toyota itu akan diproduksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik Karawang II, Jawa Barat. Kapasitas produksi awal yang disiapkan untuk awal tahun mencapai 25.000 unit. Dari kapasitas sebesar itu, 80 persen di antaranya akan ditujukan untuk pasar domestik. Sedangkan 20 persen sisanya ditujukan untuk ekspor.

Toyota Sienta 2016 Indonesia 2

Update : Toyota Sienta Indonesia Rilis April 2016

Kabarnya Tanah Air akan menjadi basis produksi Toyota Sienta setelah Jepang, untuk kawasan Asia Tenggara. Salah satu mobil terlaris Toyota di Jepang ini akan mengisi celah pasar di antara Avanza dan Kijang Innova yang dinilai masih potensial.

Toyota Sienta bukanlah produk baru. Mobil ini pertama kali dihadirkan pada 2003 silam. MPV ini dihadirkan untuk bersaing di segmen mini MPV lima pintu. Di negara asalnya, Toyota Sienta mendapat penyegaran pada pertengahan tahun 2015.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.235 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi 1.470 mm. Sienta hadir dengan pintu model geser di kedua sisinya. Hal ini akan memberikan kemudahan kepada penumpang untuk masuk ke dalam kabin. Toyota Sienta ditawarkan dalam dua versi, yakni 6-penumpang dengan barisan tengah mendapat dua kursi individu dan 7-penumpang.

Melihat dapur pacunya, MPV Toyota ini mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang dikombinasikan dengan VVT (Variable Valve Timing). Berbekal mesin ini Sienta dapat menghasilkan tenaga sebesar 109 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum hingga 136,3 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT. Konsumsi bahan bakar Toyota Sienta diklaim dapat mencapai 20 km/liter untuk versi mesin bensin. Sementara varian hybrid mencapai 27,2 km/liter.

Tampilan eksterior Toyota Sienta terlihat lebih segar dibandingkan model sebelumnya. Selain ubahan di sisi luar, Toyota juga melakukan ubahan di bagian interior. Sentuhan penyegaran yang paling jelas terlihat adalah hadirnya kesan kasual dengan penyematan warna krem dan hitam. Di samping itu tuas transmisi tampak mirip dengan model Datsun Go+ yang dibuat menyatu dengan dashboard. Hal tersebut membuat kursi baris pertama menjadi lebih lega.

Hadirnya Toyota Sienta di Tanah Air bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen. Seperti yang diketahui bersama, hingga saat ini segmen MPV tetap merajai penjualan mobil di Tanah Air. Di sisi lain, Honda Freed yang menjadi pesaing mobil ini belum juga mendapat penyegaran sehingga menjadi peluang Toyota untuk meraih peluang tersebut.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply