Home Auto News Motor Baru TVS-BMW 300cc Mengaspal di Indonesia Tahun Ini!

Motor Baru TVS-BMW 300cc Mengaspal di Indonesia Tahun Ini!

0 1147

Motor Sport Baru TVS-BMW Indonesia, PT TVS Motor Company tetap akan memproduksi sepeda motornya sendiri meskipun saat ini sudah bekerja sama dengan salah satu produsen otomotif ternama asal Jerman, BMW. Kabar baiknya motor ini akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat. Motor baru TVS itu dirancang dengan mengandalkan mesin dan rangka yang sama dengan BMW G310R.

Dikutip dari Okezone, Rizal Tanjung, yang menjabat sebagai Head of Marketing PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, motor TVS terbaru ini nantinya akan melengkapi line-up yang dipasarkan untuk konsumen Tanah Air. Merek otomotif asal India ini akan meluncurkannya pada tahun ini.

“Kami akan hadirkan juga motor TVS dengan platform sama dengan milik BMW. Motor ini memiliki kapasitas mesin 310 cc, lebih besar dari yang sudah banyak dipasarkan di sini,” jelasnya.

Rizal mengatakan, nantinya sepeda motor tersebut akan bermain di segmen yang belum banyak diisi oleh Agen Pemegang Merek (APM) motor Jepang. Ia menjanjikan bahwa motor baru TVS akan dijual dengan harga kompetitif sehingga dapat bersaing dengan merek lain.

“Kami harapkan bisa kasih harga yang bagus untuk konsumen di sini. Kalau motor bermesin 200 cc saja bisa kami usahakan di harga motor 150 cc, nantinya motor 310 cc juga diharapkan bisa memiliki harga mirip-mirip dengan motor 250 cc merek Jepang,” kata Rizal.

Sebagai gambaran, di pasar motor sport bermesin 250 cc ada tiga merek Jepang yang bersaing, yakni Honda, Kawasaki dan Yamaha. Honda yang mengandalkan model CBR250 melepasnya dengan harga Rp 47 jutaan. Sementara Kawasaki Ninja 250 dibanderol Rp 54 jutaan dan Yamaha YZF-R25 dipatok dengan harga Rp 53 juta.

TVS-BMW 300cc 2016 2

Sebelumnya TVS Motor Company diketahui sedang menyiapkan motor baru berkode K03. Menurut kabar yang berhembus belum lama ini, motor berwujud naked street fighter itu sedang diuji di Jerman.

Rio Aditya Putra, Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company berharap pengujian dapat berjalan lancar sehingga motor dapat dirilis di Indonesia sesuai dengan rencana.

“Seperti yang santer diberitakan di berbagai media di India dan juga di Indonesia, sampai saat ini K03 masih dalam tahap pengujian di BMW Motorrad Jerman. Kami berharap pengujian ini akan berjalan lancar sehingga K03 dapat hadir sesuai dengan jadwal yang kami harapkan,” jelasnya, sebagaimana dilansir Otosia.

Tim pengembang dari BMW memberikan keyaknan bahwa walaupun motor tersebut memiliki tenaga yang sedikit lebih kecil dari motor BMW, namun karakternya tetap sama untuk memastikan bahwa ia akan menawarkan pengalaman berkendara yag tidak kalah hebat. Seperti yang diketahui, BMW memang dikenal luas sebagai produsen motor bermesin 600 cc ke atas.

Sekedar pembanding, BMW G310R dibekali dengan mesin silinder tunggal terbaru berpendingin cairan dengan kapasitas 313 cc. Mesin ini memiliki double overhead camshafts dan sistem injeksi bahan bakar. BMW mengklaim motor tersebut dapat menghasilkan tenaga 34 bhp pada 9.500 rpm dengan torsi 28 Nm pada putaran 7.500 rpm. Mesin tersebut ditemani dengan transmisi enam percepatan.

Keunikan GMW G310R terletak pada posisi throttle body sistem injeksi dan knalpot yang dibuat terbalik, berbeda dari motor sport yang ada di pasaran. Motor ini memiliki saluran masuk throttle body sistem injeksi yang diletakkan di bagian depan, tepatnya berada di belakang radiator. Sementara knalpotnya berada di belakang, berhadapan langsung dengan monoshock.

Selain itu blok silindernya tidak berdiri tegak, melainkan condong miring ke belakang. Karakter mesin BMW G310R ini adalah over bore, dengan piston berdiameter 80 mm dan stroke 62,1 mm.

Baca Juga : Harga BMW G310R 2016 Jika Masuk Indonesia

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply