Home Auto News Toyota All New Fortuner 2.8L Tidak Dijual di Indonesia, Mengapa?

Toyota All New Fortuner 2.8L Tidak Dijual di Indonesia, Mengapa?

0 1263

SUV Terbaru Toyota Fortuner 2016 Indonesia, All New Fortuner resmi hadir meramaikan persaingan SUV menengah di Indonesia. Toyota Astra Motor meluncurkan mobil baru ini dalam dua pilihan dapur pacu, yakni mesin bensin berkapasitas 2.700 cc dan 4×2 diesel 2.400 cc yang ditujukan untuk VRZ A/T dan G bertransmisi manual ataupun otomatis.

Jika kita melihat di negara-negara lain yang mendapat jatah All New Fortuner, Toyota menawarkannya juga dalam varian mesin 2.800 cc. Lantas apa yang menyebabkan tipe mesin tersebut tidak dijual di Tanah Air?

Dikutip dari laman DetikOto, Henry Tanoto, selaku Wakil Presiden Direktur TAM mengungkapkan, menurut hasil riset TAM disimpulkan bahwa mesin 2.800 belum dibutuhkan oleh orang Indonesia. Saat ini kehadiran mesin 2.4L dan 2.7L sudah cukup untuk masyarakat.

“2.800 cc ada di Thailand, tapi tidak kita masukan ke Indonesia karena kebutuhan di Indonesia masih bisa dipenuhi oleh mesin 2.400 cc,” jawab Henry di acara peluncuran All New Fortuner di Jakarta.

Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation juga memiliki jawaban yang senada. Ia menjelaskan, mesin 2.400 cc dan 2.700 cc sudah lebih dari cukup dan mempunyai performa yang sesuai dengan keinginan konsumen Tanah Air.

“Mesin-mesin ini sudah memiliki torsi bagus dan performa saat berakselerasi sangat responsif,” ujar Nakajima.

Toyota Fortuner 2016 Indonesia 2

Sekedar informasi, mesin bensin dengan kapasitas 2.700 cc yang ditawarkan pada All New Fortuner dibekali dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 163 ps pada putaran mesin 3.400 rpm dengan torsi maksimum 24,7 kgm pada 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel 2.400 cc dipadukan dengan Variable Noozle. Berbekal mesin ini generasi terbaru Toyota Fortuner dapat menghembuskan daya hingga 149 ps pada 3.400 rpm dengan torsi 40,8 kgm pada putaran 1.600-2.000 rpm.

Meskipun berkapasitas lebih kecil 100 cc, performa mesin tersebut diklaim lebih baik dibandingkan dengan model pendahulunya. Tidak hanya itu saja, bagi konsumen yang tertarik dapat memilih All New Fortuner dengan sistem penggerak 4×4. Semua varian Fortuner terbaru dirancang untuk pelanggan yang menginginkan aura sporty yang kuat pada mobil mereka.

Mesin tipe GD yang digadang-gadang sebagai new super diesel engine dari Toyota tidak hanya memiliki performa yang lebih tinggi, tetapi juga hemat bahan bakar. Sementara untuk mesin bensin memiliki keunggulan pada akselerasi yang responsif dengan peningkatan tenaga, didukung dengan efisiensi bahan bakar hingga titik optimal. Berbekal kedua mesin terbaru itu, All New Fortuner mempunyai karakter mesin yang lebih halus, dengan performa memuaskan dan irit bahan bakar.

Selain performa mesin yang lebih baik, All New Fortuner menawarkan interior bernuansa baru, lengkap dengan fitur yang siap memanjakan pengemudi dan penumpang. Sebagai contoh mobil ini mengusung steering wheel berdesain baru dengan steering switch. Di samping itu ada pula fitur Eco/Power Mode, rear Diff Lock, paddle shift + sequential (A/T) dan lain-lain. Agar perjalan lebih menyenangkan, Toyota menyertakan sistem audio 8 inci, Toyota Move, navigation, miracast, auto AC dan sophiscated.

All New Fortuner juga memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap. SUV ini dibekali fitur SRS airbag, Isofix, ABS dan EBD, Vehicle Stability Control (4×4 VRZ), Trailer Sway Control (4×4 VRZ), Emergency Brake Signal, A-TRC, serta Hill Start Assist.

Di Indonesia, All New Fortuner dibanderol berkisar Rp 442 juta hingga Rp 557 juta on the road Jakarta. Khusus untuk tipe VRZ 2.4 M/T 4×4, TAM menjualnya berdasarkan pesanan. Sebab pasar di kelas tersebut tidak terlalu besar sehingga dibuat khusus untuk konsumen tertentu.

Baca Juga : Perubahan Spesifikasi Toyota Fortuner 2016

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply