Home Auto News Komparasi Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios Indonesia

Komparasi Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios Indonesia

Perbandingan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V Indonesia, Sepanjang tahun 2015 low-MPV (Multi Purpose Vehicle) tetap menjadi primadona di Tanah Air. Meski begitu masyarakat juga mulai melirik mobil low-SUV. Penjualan di segmen tersebut naik signifikan yang membuat produsen berlomba-lomba untuk menghadirkan low-SUV andalan untuk menarik hati masyarakat.

Statusnya yang sama-sama berada di kelas low membuat selisih harga jual antara kendaraan low-MPV dan low-SUV tidak terlalu jauh. Di segmen low-SUV ada beberapa pemain, yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V yang merupakan pendatang baru. Seluruh mobil di segmen low SUV umumnya memiliki kapasitas kabin yang dapat memuat 7 penumpang. Lantas mana yang lebih unggul di antara ketiganya?

Menurut keterangan, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan bahwa Honda BR-V memiliki kelebihan pada power dan pelek yang lebih besar. Selain itu selisih harga jualnya tidak jauh dari rivalnya.

“Honda BR-V masuk di segmen LSUV kami menerobos yang tadinya hanya ada 2-3 produk, lalu kami tambah, jadi ada satu produk lagi sehingga konsumen menjadi punya banyak pilihan. Kita masuk ke sana dengan berbagai keunggulan fitur, dan juga harga yang sangat kompetitif. Beda cuma Rp 1 juta-Rp 2 juta, tetapi bisa dapat mobil yang lebih besar, pelek yang lebih besar, power lebih tinggi. Jadi itu lebih pada value for money,” jelas Jonfis, dikutip dari Otosia.

Pelek besar

Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2016

Apabila Anda merupakan orang yang mengutamakan mobil berpenampilan menarik dengan pelek besar, perlu Anda ingat bahwa Rush, Terios dan BR-V memiliki karakter yang berbeda-beda. Dengan demikian perlu dipertimbangkan apakah pelek besar proporsional dengan tampilannya atau tidak.

Honda BR-V yang memiliki bodi setara dengan Mobilio memang terlihat punya ban berpelek besar karena ukuran. Sebagai informasi, mobil ini mempunyai panjang 4.450 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.650 mm. Akan tetapi sesungguhnya ukuran ban BR-V lebih kecil dari Terios dan Rush, yakni 195/60 R16.

Low-SUV Honda ini memiliki ring yang sama dengan Terios dan Rush, hanya saja kedua mobil serupa beda emblem itu mengusung ban yang lebih besar. Toyota Rush mengusung ban berukuran 235/60 R16, sementara Daihatsu Terios 215/65 R16.

Power

Berbicara masalah power mesin, Honda BR-V lebih unggul dari kedua kompetitornya. Mobil baru andalan Honda ini mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc i-VTEC. Berbekal mesin ini BR-V dapat memproduksi daya hingga 118,35 hp dengan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Sementara Rush dan Terios mengandalkan mesin berkapasitas sama, yakni 1.500 cc DOHC VVT-i. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 109 hp pada putaran 6.000 rpm.

Harga

Jika Anda mengutamakan harga yang terjangkau, Daihatsu Terios bisa menjadi pilihannya. Low-SUV andalan Daihatsu ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan BR-V dan Rush. Harga terendahnya dibuka Rp 190,9 juta untuk tipe X transmisi manual.

Sementara Honda BR-V transmisi manual tipe S dijual Rp 226,5 juta dan Rp 236,5 juta untuk tipe E. Lalu untuk versi transisi matik CVT dipatok mulai Rp 246,5 juta untuk tipe E dan tipe Prestige dilepas Rp 261,5 juta.

Ada beberapa pilihan warna yang disediakan, antara lain Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Misty Green Pearl, Modern Steel Metallic dan Taffeta White. Khusus untuk warna Taffeta White, konsumen Honda BR-V dikenakan biaya tambahan Rp 1.500.000.

Toyota New Rush dipasarkan Toyota Astra Motor dengan harga mulai Rp 238,95 juta.

Baca Juga : Ford Everest Vs Toyota Fortuner Vs Pajero Sport, Mana Yang Terbaik?

Source: terios vs rush, rush vs terios, Perbedaan rush dan terios, perbedaan rush dengan terios, perbedaan terios dan rush, toyota rush vs daihatsu terios, terios vs rush 2016, perbandingan rush dan terios, perbandingan terios dan rush, toyota rush vs terios, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply