Home Auto News Honda Siapkan Motor Bebek Baru 150cc, Rival Yamaha MX King?

Honda Siapkan Motor Bebek Baru 150cc, Rival Yamaha MX King?

0 2652

Motor Bebek Honda Indonesia Terbaru, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menjadi sorotan media otomotif. Pasalnya AHM dikabarkan tengah menyiapkan motor bebek baru bermesin 150 cc. Hal ini terungkap setelah beredarnya foto-foto motor Honda itu di situs jejaring sosial.

Dari foto tersebut tampak jelas logo Honda yang tersemat di setang bagian belakang, persisnya di dekat spidometer. Motor ini dibalut dengan warna serba hitam. Perlu diketahui, Honda biasanya menyebut motor yang berwarna hitam polos dengan istilah model PP adau pra produksi.

Bila memperhatikan bagian mesin hingga ke belakang, tampilannya terlihat mirip dengan Honda Sonic 150R yang rilis tahun lalu. Bagian ekornya memiliki desain meruncing khas Sonic, begitu pula dengan jok dan desain footstep boncenger yang terlihat mirip. Bak mesin sebelah kanan juga terlihat persis dengan Sonic. Motor baru Honda ini mengusung mesin dengan posisi silinder berdiri dan cover bak kopling yang dilengkapi dengan tuas penarik kopling manual dan selang radiator.

Hanya saja tampilan depannya terlihat jauh berbeda dengan Sonic 150R. Motor ini mengusung sokbreker depan pendek layaknya motor bebek, dengan lampu sein yang menempel pada bodi depan. Lampu utamanya tetap diletakkan di setang. Sementara sepatbor depan dengan desain ala motor sport disematkan di roda.

Motor bebek ini mengusung spidometer kombinasi digital dan analog untuk takometer. Sementara indikator lain ditampilkan dalam layar digiatl berukuran kecil. Bagian ini tentu berbeda dengan Sonic 150R yang mengusung model full digital.

Motor Bebek 150cc Honda 2016 Indonesia 2

Jika melihat desainnya, motor bebek Honda ini akan diposisikan sebagai pesaing Yamaha MX King yang mengandalkan jantung pacu berkapasitas 150 cc. Tampaknya Honda memiliki keinginan kuat untuk memperkuat posisinya di pasar roda dua Tanah Air. Seperti yang diketahui bersama, Honda Sonic 150R dihadirkan untuk menyaingi Suzuki Satria F150. Sementara motor baru ini akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen pecinta motor bebek berperforma lebih.

Di sisi lain, Menurut laporan Otomotifnet, seorang sumber dari PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menyanggah keberadaan bebek 150 cc tersebut. “Tunggu saja, jadi kejutan,” jelas sang sumber yang tidak bersedia menyebutkan namanya. Akan tetapi ia tidak bersedia membocorkan apakah motor bebek 150 cc terbaru Honda itu akan menggunakan nama Supra X 150R atau Blade 150R.

Menariknya lagi, ia menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2016 ini setidaknya ada 1 motor baru yang dirilis setiap bulannya.

Sekedar informasi, Yamaha MX King 150 yang akan menjadi rival motor baru Honda ini memiliki dimensi panjang 1.970 mm, dengan lebar 670 mm dan tinggi 1.080 mm. Ground clearance motor ini mencapai 135 mm.

Motor ini dirancang dengan memakai rangka backbone. Suspensi depannya menggunakan model teleskopik, sedang di bagian belakang Swingarm. Untuk ban depan mengusung ukuran 70/90-17 M/C (38P) dan ban belakang berukuran 120/70-17 M/C (58P).

Di sektor mesin, MX King menggunakan mesin SOHC empat klep yang mirip dengan milik New V-Ixion. Stroke-nya berdiameter 58,7 mm, sementara diameter piston 57 mm. Hal ini membuat motor berlambang tiga garputala ini memiliki torsi yang melimpah di putaran bawah.

Yamaha MX King menggunakan pendingin mesin radiator. Blok silindernya menggunakan DiASil cylinder yang terbuat dari material logam campuran dari aluminium dan silicon. Mesin ini juga mengadopsi forged piston yang dibuat dengan sistem forging atau ditempa.

Dengan mesin tersebut, Yamaha M King diklaim dapat menghasilkan daya sebesar 15,5 hp pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.

Source: motor bebek honda 150cc terbaru, Yamaha Terbaru 2017 Indonesia, motor bebek honda keluaran terbaru, motor bebek kopling terbaru 2017, motor bebek kopling 2017, motor bebek kompling 2017, motor bebek 150 cc, motor bebek manual 150 cc honda, motor bebek terbaru yang akan rilis, motor honda keluaran baru 2016 motor bebek yg ada kupling ny, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply