Home Auto News Ford Indonesia Tutup, Bagaimana Nasib Konsumen?

Ford Indonesia Tutup, Bagaimana Nasib Konsumen?

0 1077

Berita Ford Indonesia, Beberapa waktu lalu pabrik General Motors (GM) Indonesia yang berlokasi di Bekasi diputuskan berhenti beroperasi. Satu-satunya pabrik GM Indonesia itu tutup pada akhir Juni 2015. Kini giliran Ford Motor Indonesia (FMI) yang secara resmi akan hengkang dari Tanah Air mulai semester kedua 2016 mendatang.

Pernyataan resmi yang disampaikan FMI pada Senin (25/01/2016) tersebut didasarkan strategi bisnis perusahaan induk Ford Motor Company (FMC). Menurut kabar yang dirilis oleh Reuters, berdasarkan surat elektronik Dace Schoch, President Ford Asia Pasific kepada seluruh karyawan di regional, Ford keluar dari semua area bisnis, tak terkecuali menutup dealer, menghentikan penjualan dan impor di Indonesia dan Jepang.

“Sayang, ini juga berarti anggota tim kami di Jepang dan Indonesia tidak lagi bekerja untuk Ford Jepang dan Ford Indonesia karena penutupan,” tulis Schoch.

Sekedar informasi, Ford sudah hadir di Indonesia sejak 1989, tetapi masih berada di bawah naungan Indonesia Republic Motor Company. FMI diresmikan sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pada Juli 2000.

Reuters menyebutkan, total pekerja Ford di Indonesia mencapai 35 orang. Jumlah rekanan dealer FMI mencapai puluhan unit yang tersebar di 20 provinsi. Dengan adanya keputusan tersebut, sudah pasti semua karyawan FMI akan terkena PHK.

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2015 FMI hanya berhasil menjual mobil baru sebanyak 4.986 unit. Total penjualan tersebut turun lebih dari 50 persen dibanding tahun sebelumnya yang bisa mencapai 12.008 unit.

“Di Indonesia, tanpa pabrik lokal … tidak ada sama sekali yang bisa membuat perusahaan otomotif dapat berkompetisi di pasar itu, dan kami tidak punya pabrik lokal,” jelas juru bicara Ford yang berbasis di Shanghai.

Dilansir dari DetikOto, kendati akan keluar dari pasar otomotif Tanah Air, Ford Indonesia tetap menjamin layanan purna jual kepada konsumen.

“Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru,” kata Bagus Susanto, Managing Director PT FMI.

Source: ford indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply