Home Auto News Bocoran Desain Honda CBR1000RR 2017, Mirip Konsep CBR250RR

Bocoran Desain Honda CBR1000RR 2017, Mirip Konsep CBR250RR

0 1528

Honda CBR1000RR Fireblade Terbaru, Honda dikabarkan akan meluncurkan versi penyegaran superbike andalannya yakni CBR1000RR Fireblade tahun depan. Waktu peluncuran motor ini memang masih setahun lagi, akan tetapi foto rendering dari superbike terbaru ini sudah beredar di dunia maya.

Gambar rendering penyegaran Honda CBR1000RR Fireblade itu disebarkan oleh majalah otomotif kenamaan asal Jepang, Young Machine. Media cetak asal Negeri Samurai itu memperlihatkan desain baru Fireblade yang disebut sebagai ‘dugaan evolusi’.

Dikutip dari Visordown, desain fairing dan fascia Fireblade tampak mirip dengan motor konsep CBR250RR. Sedangkan bagian ekornya memiliki desain yang berbeda, dengan bentuk yang berisi dan melengkung.

Di samping itu Young Machine juga mencoba menerka desain muffler CBR1000RR terbaru. Dari gambar tersebut tampak desain muffler yang memiliki dudukan serupa versi terkini. Di samping itu untuk sistem pengeremannya ditunjang dengan peranti berlabel Brembo.

Hingga saat ini Honda belum membocorkan informasi terkait peluncuran motor sport fairing bermesin 1.000 cc. Padahal para kompetitor yang bersaing di kelas yang sama sudah menghadirkan model terbarunya. Sebut saja Yamaha yang sudah merilis Yamaha YZF-R1 pada tahun lalu. Begitu pula dengan Kawasaki yang menghadirkan ZX-10R dan Suzuki yang merilis GSX-R1000.

Dengan begitu Honda menjadi satu-satunya perusahaan otomotif Jepang yang belum meluncurkan varian baru di segmen tersebut. Bukan hal yang tidak mungkin jika saat ini Honda tengah mempersiapkan motor 1.000 cc yang akan menjadi kejutan bagi pecinta otomotif.

2014 Honda CBR1000RR SP.

Sekedar informasi, tahun lalu PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CBR1000RR SP di Tanah Air. Motor ini menjadi flagship Honda di kelas super sport. Motor yang meluncur pertama kali pada tahun 2012 ini dipersenjatai dengan mesin yang ringan dan kompak. Mesin tersebut memiliki kapasitas sebesar 999,8 cc, 4 silinder inline, 16 katup, berpendingin cairan.

Mesin CBR1000RR SP ditemani dengan teknologi PGM-DSFI (Programmed-Dual Sequential Fuel Injection). Teknologi ini merupakan sistem suplai bahan bakar dengan 2 injektor di setiap saluran ruang bahan bakar yang dikendalikan secara akurat oleh ECM.

Berkat mesin tersebut, Honda CBR1000RR SP sanggup memuntahkan daya hingga 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm dengan torsi maksimum 14 Nm pada 10.500 rpm.

Perlu diketahui, Honda CBR1000RR kerap digunakan dalam ajang balap kelas dunia. Tidak hanya itu, motor ini juga menjadi motor sport yang mudah dikendarai. Hal ini dimungkinkan dengan dipakainya rangka Diamond Aluminium Composite Twin Spar yang ringan dan kompak. Rangka CBR1000 SP ini dikembangkan dari model CBR1000RR yang dirancang khusus untuk dikendarai di trek dan sesuai untuk sirkuit.

Honda CBR1000RR SP dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti suspensi OHLINS tipe teleskopik inverted NIX30 di bagian depan dan TTX36 di bagian belakang. Suspensi ini dipadukan dengan sistem Unit Pro-Link guna membantu mengendalikan traksi saat melalui tikungan dalam kecepatan tinggi.

Selain itu superbike ini menggunakan ban Pirelli Diablo Supercorsa S Premium yang mempunyai daya cengkeram tinggi sehingga mendukung handling CBR1000RR SP. Honda juga menyematkan teknologi Assist Slipper Clutch yang terinspirasi dari motor balap Honda RC212V.

Tidak berhenti sampai di situ, Honda CBR1000RR SP juga dilengkapi dengan teknologi Honda Electronic Steering Damper (HESD). Teknologi ini merupakan generasi kedua dari teknologi pintar peredam setang kemudi elektronik. HESD dapat memberikan stabilitas yang prima pada kecepatan tinggi. Di samping itu teknologi ini bekerja meminimalisir perubahan sudut kemudi tetapi tetap memberikan kemudahan untuk dikendalikan saat putaran rendah.

Source: cbr 250 2017, motor 1000cc 2017, cbr 1000rr modifikasi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply