Home Auto News Cara Kerja Advance Key System pada Yamaha New Fino 125

Cara Kerja Advance Key System pada Yamaha New Fino 125

0 744

Teknologi Yamaha Fino 125 Terbaru, Beberapa waktu lalu Yamaha meluncurkan New Fino 125 Blue Core yang dilengkapi dengan sejumlah teknologi unggulan. Sebagai contoh, skuter matik ini mengusung mesin Mio M3 yang dikenal responsif, namun lebih hemat bahan bakar hingga 50% dibandingkan Fino karburator. Tidak hanya itu, skutik bergaya retro ini juga memiliki fitur Advance Key System.

Fitur ini memiliki Answer Back guna memudahkan pengguna mencari motor yang terparkir di lahan parkir yang luas. Saat tombol ditekan, motor akan mengeluarkan suara. Di samping itu Yamaha juga menyematkan Auto Open Key Shutter. Fitur ini memungkinkan pengendara membuka pengaman kontak secara otomatis dengan menekan tombol di kunci selama beberapa detik.

“Berdasarkan survei kami, ketika parkir di tempat gelap pengendara akan kesusakan dalam membuka shutter key, juga saat memasukkan kunci, nah dengan fitur ini akan sangat memudahkan,” ujar M. Abidin, GM After Sales & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dikutip dari Otomotifnet.

Lalu bagaimana cara kerja dari fitur ini? “Pada prinsipnya ada pengirim frekuensi dari anak kunci, ada receiver, solenoid dan buzzer,” jelas Ridwan Arifin, Staf Service Education PT YIMM. Menariknya lagi, fitur ini dapat digunakan dalam jarak sekitar 20 meter.

Ridwan melanjutkan, antara anak kunci dan receiver memiliki satu frekuensi. Ketika ada perintah saat pengendara memencet tombol, receiver yang terletak tepat di depan kontak akan menerima sinyal. Kemudian receiver memberi perintah buzzer untuk mengeluarkan bunyi. Buzzer tersebut disematkan di bawah atas pas di atas sepatbor depan. Itu merupakan fungsi answer back.

Yamaha New Fino 125 Blue Core Indonesia 2

Baca : Perbandingan Yamaha Fino 125 2016 Terbaru dan Fino Lama

Lantas bagaimana dengan fungsi auto open key? Bila tombol anak kunci dipencet lama, receiver memerintahkan solenoid yang menempel dengan kontak untuk menarik tuas pengunci shutter key. Dengan demikian shutter key akan terbuka.

Di saat yang bersamaan lampu LED di dalam kontak juga ikut menyala. Alhasil memudahkan pengendara memasukkan kunci ke lubang kontak. Lampu tersebut hanya menyala selama 30 detik jika tombol tidak dipencet lagi.

“Dan jika motor enggak dinyalakan selama 9 hari, maka fitur Advance Key ini juga enggak bisa langsung dipakai, membuka shutter key mesti secara manual. Baru setelah mesin hidup Advance Key System akan otomatis mereset dan bisa dipakai lagi,” sambung Ridwan.

Sekedar informasi tambahan, mesin yang digunakan New Fino 125 sama persis dengan Yamaha Mio M3, berikut konsep Blue Core khas Honda. Dengan demikian teknologi yang digunakan juga sama. Skutik ini mengusung fored piston yang dikombinasikan dengan DiASil cylinder. Yamaha merancang New Fino 125 sedemikian rupa agar minim getaran. Hal ini diwujudkan engan penggunaan roller rocker arm dan offset cylinder.

Mesin motor baru Yamaha ini sudah mengadopsi sistem injeksi. Mesin Blue Core itu mengadopsi throttle body 24 mm yang hanya diisi TPS (Throttle Position Sensor). Sehingga tidak ada lagi sensor suhu dan tekanan udara. Untuk memantau kondisi pembakaran, Yamaha New Fino 125 dilengkapi dengan sensor O2 di bagian lubang buang.

Agar motor lebih irit bahan bakar, Yamaha menyematkan Eco Indicator di spidometer. Fitur ini bekerja dengan membaca putaran mesin dan bukaan TPS.

Meski mesin yang digunakan sama persis dengan Mio M3, skutik ini tetap memiliki perbedaan yang terletak di bagian CVT. New Fino 125 mengusung roller yang lebih ringan. “Fino pakai 11 gram, sedang Mio M3 12 gram,” kata Ridwan. Sementara dimensi roller tetap sama, yakni diameter 20 mm dan lebar 12 mm.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: new scoopy 2016 putih, advance key sistem, advance key system dan, Advace key system hsrgs terbaru, lampu shutter key fino 125, kunci mio m3 anvace key, kunci fino jarang d pakai, funsi x advabce key system pda yamaha, fungsi eco cara kerjanya di mtor fino 125 blue core, modifikasi mio fino blue core trail, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply