Home Auto News Harga All New Fortuner Tidak Turun Meski Komponen Lokal Naik, Kenapa?

Harga All New Fortuner Tidak Turun Meski Komponen Lokal Naik, Kenapa?

0 981

Toyota All New Fortuner Indonesia, All New Fortuner akhirnya hadir di Indonesia, menyapa para pecinta SUV (Sport Utility Vehicle). Toyota mengklaim bahwa kandungan lokal mobil ini naik 15 persen. Dari sebelumnya 60 persen, kini menjadi 75 persen.

Walaupun kandungan lokal generasi terbaru Toyota Fortuner ini bertambah, harga jual yang ditawarkan tidak turun. Mobil baru Toyota ini justru dipasarkan lebih mahal Rp 17 juta sampai Rp 28 juta dibandingkan model pendahulunya.

Dari hal tersebut timbul sebuah pertanyaan, dengan semakin banyaknya komponen lokal, bukankah harga jual mobil bisa semakin ditekan?

Dilansir dari KompasOtomotif, Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN yang ditemui di pabrik TMMIN I Karawang Jawa Barat, Selasa (26/01/2016) menjelaskan mengapa harga All New Fortuner tidak turun.

Warih mengatakan, penentuan harga tidak hanya ditentukan oleh manufacturing cost saja, namun juga cost delivery secara total. Dengan kata lain, meski biaya saat merakit bisa turun karena banyaknya komponen lokal, tetap ada faktor lain yang turut mempengaruhi harga jual.

Toyota All New Fortuner Indonesia 2016 2

”Banyak faktornya, ada tax, service, import duty, dan sebagainya. Jadi yang ingin kami perbaiki bukan hanya cost secara individu, tapi juga kualitas. Jadi tidak hanya cost manufacturing saja yang bisa menentukan harga,” ujar Warih.

Ia melanjutkan, manufacturing cost yang lebih kecil dengan penambahan komponen lokal dapat mempengaruhi harga jual menjadi lebih murah. Akan tetapi tidak secara langsung.

”Menurunkan biaya produksi saat merakit bukan single issue, bahwa semua stake holder berusaha memperbaiki daya saing, dan tentu ini punya harga yang harus ditebus,” jelas Warih.

Walaupun harga jual lebih mahal dari model sebelumnya, All New Fortuner menawarkan kelebihan yang dinilai sepadan. Tampilan eksteriornya kental dengan nuansa mewah dan futuristik. Selain itu Toyota juga melakukan revisi di sisi interior dan mesin sehingga All New Fortuner dapat menyajikan pengalaman berkendara yang nyaman dan memuaskan.

Baca Juga : Harga Toyota Fortuner 2016 di Indonesia

Source: kenapa fortuner mahal, mengapa fortuner, penyebab harga fortuner mahal, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply