Home Auto News Harga Honda BR-V 2016 Lebih Mahal dari Mobilio, Ini Alasannya

Harga Honda BR-V 2016 Lebih Mahal dari Mobilio, Ini Alasannya

Harga SUV Honda BR-V 2016 di Indonesia, Honda BR-V dikembangkan dengan menggunakan platform yang dengan Mobilio. Meski sama, BR-V dipasarkan lebih mahal dari Honda Mobilio.

Seperti yang disebutkan Honda Propect Motor (HPM), Honda BR-V memang dikembangkan dari MPV tujuh penumpang itu. Oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa BR-V merupakan ‘Honda Mobilio yang ditinggikan’.

Jika melihat harganya, mobil baru Honda ini dijual mulai Rp 226,5 juta hingga Rp 261,5 jutaan untuk varian tertinggi. Harga tersebut lebih tinggi dari Honda Mobilio RS yang menjadi tipe termahal. Sebagai pembanding, Mobilio RS dipasarkan di Tanah Air dengan harga Rp 230,5 jutaan. Lalu apa yang membuat harga Honda BR-V lebih mahal?

“Apakah SUV selalu lebih mahal dari MPV? Iya. Karena SUV merupakan pengembangan dari MPV. Spesifikasi SUV selalu lebih tinggi. BR-V kan wheelbase lebih panjang, pelek dan bannya lebih besar. Memang gak keliatan di mata, tapi itu membuat komposisi mobil berubah, nah itu yang membuat SUV lebih mahal,” kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor.

Seluruh perubahan dilakukan agar membangkitkan karakter SUV pada Honda BR-V, walaupun pada dasarnya dikembangkan dari mobil MPV Honda Mobilio. “Ada penguatan-penguatan tertentu yang dilakukan, engine juga ada penyetelan supaya berbeda (dengan Mobilio). Jadi tidak sekedar ditinggikan,” tambah Jonfis.

Jonfis mengungkapkan, justru langkah tersebut dinilai sebagai cara yang cerdas dari Honda untuk menawarkan mobil-mobil berkualitas, namun dengan harga yang ramah di kantong. “Karena kita punya satu platform yang bisa dijadikan berbagai model, ini sudah menjadi tren dunia, tak hanya Honda saja,” jelasnya.

Honda BR-V Indonesia 2016 2

Jonfis berpendapat, tidak masalah jika ada anggapan Honda BR-V merupakan Honda Mobilio yang ditinggikan atau Brio SUV. Hal tersebut justru menunjukkan bagaimana Honda bisa jauh lebih fleksibel dalam menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari spesifikasi hingga harga jualnya.

Ada hal yang cukup menarik perhatian di balik Honda BR-V. Meskipun Mobilio memiliki tipe RS yang menjadi tipe tertinggi dan termahal, HPM tidak memiliki rencana untuk menawarkan tipe RS pada Honda BR-V. Dengan kata lain mobil ini hanya memiliki tiga tipe saja, yakni S, E dan Prestige.

“Berbicara kemungkinan itu tidak ada, memang kebijakan principal Honda Jepangnya seperti itu. Tak semua model mempunyai tipe RS, hanya beberapa segmen saja,” kata Jonfis.

Honda BR-V merupakan crossover tujuh penumpang yang bersaing di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Seperti yang diketahui, di Indonesia sudah banyak beredar mobil berjenis crossover. Mulai dari Nissan Juke, hingga Honda HR-V. Akan tetapi seluruhnya tidak ada yang menawarkan kabin seluas mobil MPV, karena umumnya crossover hanya dibuat untuk memuat lima orang penumpang.

Untuk dapur pacunya, Honda BR-V mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 118 hp pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Sementara suspensinya menggunakan MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam.

Ketiga tipe Honda BR-V memiliki kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Contohnya, untuk tipe S M/T Honda membekalinya dengan lampu proyektor, lampu kabut, pelek alloy berdiameter 16 inci, antena mikro, roof rail dan power reactable door mirror. Untuk bagian interiornya dilengkapi dengan LCD display, indikator ECO, tilt steering, audio double din dan lain-lain.

Sementara tipe Prestige CVT yang menjadi tipe tertinggi Honda BR-V memiliki fitur terlengkap. Honda menyematkan seluruh fitur dari tipe E MT dan CVT, ditambah dengan garnish krom pada tailgate, spoiler belakang, antena sirip hiu, aero kit dan aksen krom pada knalpot. Di samping itu Honda juga menyertakan fitur Vehicle Start Assist, audio dengan nanoeTM dan pengingat untuk memakai sabuk pengaman.

Baca Juga : Kelebihan Honda BR-V Terbaru 2016 Indonesia

Source: gambar mobil honda br-v 2017 terlengkap, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply