Home Auto News MPV Murah Baru Suzuki Indonesia Sedang dalam Proses

MPV Murah Baru Suzuki Indonesia Sedang dalam Proses

0 805

MPV Murah Suzuki Indonesia, Hingga saat ini persaingan di segmen mobil murah tetap sengit. Ada beberapa merek ternama yang bersaing, salah satunya adalah Suzuki. Beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan akan meluncurkan mobil murah tujuh penumpangnya. Lantas bagaimana kabar mobil baru tersebut?

Rupanya MPV murah ini masih dalam proses pengembangan. Dalam pengerjaannya, SIS ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.

Dikutip dari Kompas, 4W Direktur Marketing PT SIS, Makmur mengatakan bawa mobil murah berkapasitas tujuh penumpang yang tengah dikembangkan diharapkan bisa seperti Ertiga. Maksudnya, mobil tersebut diharapkan memiliki kenyamanan, keiritan bahan bakar dan keamanan yang dapat menyerupai Suzuki Ertiga.

“Seperti itu yang ingin kami ulang di mobil murah tujuh penumpang kami nanti. Jadi, kami tidak ingin sembarangan membuatnya. Kalau sembarangan, barangnya sudah jadi dari dulu,” jelas Makmur di tengah acara media gathering di Jakarta, Jum’at (05/02/2016).

Makmur mengungkapkan, program kendaraan hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KB2H) atau yang lebih akrab dikenal low cost and green car (LCGC) memiliki banyak aturan. Pemerintah Indonesia mengharuskan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di atas 20 km/liter. Selain itu radius putar mobil juga diatur dalam program tersebut.

“Ini semua tidak mudah, bisa saja kami bikin radius putarnya dapat, iritnya dapat, tetapi konsumen di dalam mobil tidak merasakan kenyamanan. Kami benar-benar dicoba sampai dapat hasil yang terbaik. Dulu, Ertiga saja dicoba ratusan kali,” terangnya.

Makmur menambahkan, mobil murah baru Suzuki akan didesain langsung oleh Suzuki Jepang. Di samping itu Suzuki Indonesia juga dilibatkan untuk memberikan masukan apakah hasil pengembangannya sudah cocok dengan selera masyarakat Indonesia.

“Bukan hanya LCGC, melainkan hampir untuk semua produk yang masuk ke Indonesia. Suzuki Indonesia ini bagi Jepang sudah merupakan salah satu pasar utama, makanya mereka berusaha memberikan produknya sesuai dengan kebutuhan Indonesia,”  jelasnya.

Hanya saja, mobil murah tujuh penumpang ini tidak akan dijual pada tahun ini. Sebab Suzuki Indonesia sendiri hanya memasarkan empat model baru saja sepanjang tahun 2016. Di antaranya Ertiga Dreza, Mini SUV Suzuki Jimny, Medium SUV Vitara dan model hatchback.

Jika dijual di Indonesia, mobil baru 7-penumpang Suzuki ini akan bersaing dengan Datsun Go+. Menurut kabar yang berhembus dari India, Maruti Suzuki mengimpor Wagon R dengan konfigurasi tiga baris kursi dari Jepang untuk keperluan riset dan pengembangan. Salah satu prototipe yang dikirim menggunakan mesin berkapasitas 1.197 cc. Sedangkan varian lainnya dibekali dapur pacu diesel berkapasitas 1.248 cc.

Seperti yang diketahui, sepanjang tahun 2015 pasar mobil di Tanah Air terlihat lesu. Oleh karenanya sejumlah produen mencoba untuk merangsang pasar dengan menghadirkan produk baru di segmen SUV. Beberapa waktu lalu pasar otomotif nasional kedatangan Honda BR-V yang menempati segmen Low SUV. Setelah itu ada Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport yang sama-sama berada di segmen Medium SUV.

Segmen LCGC yang didominasi oleh model city car juga dinilai mulai lesu. Oleh karenanya kehadiran LCGC 7-penumpang diyakini dapat menggairahkan kembali pasar mobil murah ramah lingkungan.

Peluang LCGC 7 penumpang sudah diprediksi oleh Sudirman Maman Rusdi, selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Mobil yang berada di segmen tersebut tidak hanya menyegarkan pasar, namun juga dapat mempengaruhi perubahan volume penjualan.

“Kehadiran Datsun (GO+ Panca) bisa mempengaruhi perubahan segmentasi (model) atau perubahan volume (penjualan),“ kata dia.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply