Home Auto News Mesin Suzuki Satria FU Injeksi 2016 Indonesia, Apa yang Berubah?

Mesin Suzuki Satria FU Injeksi 2016 Indonesia, Apa yang Berubah?

0 3286

Mesin Baru Suzuki Satria Injeksi 2016, Setelah cukup lama dinanti, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W akhirnya meluncurkan All New Satria F150 bermesin injeksi. Selain hadir dengan tampilan baru, mesin motor Suzuki ini diklaim jauh berbeda dari versi karburatornya. Suzuki melakukan revisi di beberapa bagian untuk memaksimalkan performa.

Berikut akan dibahas lebih jauh seputar perubahan pada All New Suzuki Satria F150:

Pengabutan Injeksi

Hal pertama yang terlihat jelas adalah sistem suplai bahan bakarnya. Bila Satria F150 lama memakai karburator, untuk model barunya sudah injeksi. Throttle body berukuran 32 mm buatan Mikuni diklaim terbesar di kelasnya.

Piston Lebih Pendek

Piston Suzuki Satria F150 terbaru memiliki diameter yang sama dengan model sebelumnya. Hanya saja piston ini dibuat lebih pendek, dari 45 mm menjadi 39. Di samping itu Suzuki merancang ring seher lebih kecil 1 mm menjadi 15 mm. Alhasil bobot piston lebih ringan 16% dari model pendahulunya.

Klep Lebih Besar

Diameter katup mesin Suzuki Satria F150 2016 lebih besar 2 mm dari model lama. Klep in kini berukuran 24 mm, sementara klep ex 21 mm. Tidak hanya itu, Suzuki juga memperbaiki derajat kemiringannya. Sudut klep in berubah menjadi 16° dan ex 17°.

Batang klep tetap berdiameter 4,5 mm, hanya saja ukurannya dibuat sedikit lebih panjang. Meski dome piston lebih kecil, revisi yang dilakukan Suzuki membuat kompresinya meningkat menjadi 11,5:11.

Mesin All New Suzuki Satria F150 2016 Indonesia 2

Perubahan Cam

Suzuki menyebutnya DOHC (Double Over Head Camshafts) Direct Acting Valve Drive Mechanism. Mekanisme bukaan camshaft in dan ex terpisah, tidak menggunakan rocker arm seperti New Honda Sonic 150R. Tinggi cam in 34,45 mm dan ex 35,20 mm. Sedikit lebih tinggi dari model lamanya di mana cam in mencapai 34,20 mm dan ex 35,00 mm.

Silinder Baru

Suzuki juga memperbaiki desain ruang bakar. Dinding silinder kini tidak disertai lapisan dalam. Suzuki menyebutnya SCEM (Suzuki Composite Electochemical Material).

Kruk As Lebih Kecil

Pabrikan motor asal Jepang itu juga memperkecil kruk as All New Satria F150 agar lebih ringan. Diameter web motor ini mencapai 103 mm. Lebar juga dikurangi menjadi 19 mm. Akan tetapi big end tetap sama seperti model pendahulunya, yakni 30 mm.

Keteng FXR 150

Suzuki Satria terbaru menggunakan rantai keteng tipe 4:3 yang lebih kuat dari 3:2. Strukturnya dibuat menyerupai motorsport Suzuki FXR150. Tensioner rantai turut diubah menjadi satu arah seperti model Shogun 110. Suzuki mengklaim keteng dan tensioner tersebut membuat mesin lebih senyap.

Kopling Nyaman

Kopling outer memiliki jumlah gigi stut yang lebih sedikit. Hal ini membuat kopling lebih responsif, namun menjadi lebih berat. Oleh karena itu Suzuki memperbesar as stut Satria, sehingga kopling tetap empuk.

Sensor

Motor baru Suzuki ini memiliki 8 sensor baru. Setiap sensor punya peran masing-masing dan memberi sinyal pada ECM (Engine Control Module). Lalu ECM mengatur tiap komponen dan memberi perintah suplai bahan bakar serta menentukan waktu pengapian. Delapan sensor tersebut adalah Throttle Position Sensor, Intake Air Pressure Sensor, Intake Air Temperature Sensor, Engine Coolant Temperature Sensor, Crankshaft Position Sensor, O2 Sensor, Tip-Over Sensor, dan Speed Sensor.

Rangka

Suzuki juga melakukan perubahan pada rangka All New Satria F150. Main tube menggunakan model kotak, menggantikan pipa (tubular) di model lama. Down tube B turut disematkan untuk tempat pegangan mesin. Sementara sudut rangka tempat jok atau tube C dirancang lebih landai supaya posisi duduk lebih nyaman.

Img source: http://dapurpacu.com

Source: satria fu 2017, mesin satria injeksi, mesin satria fu, mesin fu injeksi, mesin satria fu fi, mesin satria f injeksi, mesin satria f, detail fu injeksi, satria fu fi, honda blade 110, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply