Home Auto News Bocoran Toyota Sienta 2016 Indonesia, Akan Pakai Mesin R-NR?

Bocoran Toyota Sienta 2016 Indonesia, Akan Pakai Mesin R-NR?

0 1774

MPV Terbaru Toyota Sienta 2016 Indonesia, Tampaknya Toyota sedang mempersiapkan kejutan baru bagi pecinta otomotif di Tanah Air. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dikabarkan memproduksi mesin R-NR di pabriknya yang berada di Karawang Plant III. Sayangnya TMMIN masih belum membocorkan akan digunakan untuk model apakah mesin tersebut.

Mesin R-NR ini terdiri dari dua pilihan kapasitas, yakni 1.3 liter dan 1.5 liter. Jika melihat spesifikasinya, mesin tersebut cocok untuk dipakai model MPV (Multi Purpose Vehicle) Toyota Sienta. Mobil baru ini kabarnya akan dirilis pada bulan April mendatang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Selain Sienta, dapur pacu tersebut juga cocok untuk Etios dan Yaris 2016 yang telah dirilis di negara asalnya, Jepang. Hanya saja, dimensi mesin yang tinggi tampaknya akan susah jika diaplikasikan pada model hatchback Toyota Yaris. Sementara untuk Etios sendiri kabarnya akan berhenti diproduksi.

Dilansir dari Dapurpacu, Masahiro Nonami yang menjabat sebagai President Director TMMIN masih menutup informasi rapat-rapat mengenai model apa yang akan menggunakan mesin R-NR. Ia hanya menjelaskan bahwa mesin baru tersebut akan diproduksi sebanyak 216.000 per tahun. Sebanyak 79 ribu unit mesin tersebut akan diekspor tahun ini.

“Pastinya untuk new model. Tunggu saja. Untuk ekspor ada lima negara di Asia. Namun, negara mana saja saya tidak bisa bilang. Kalau saya bilang akan ketahuan negara mana saja yang bakal mengalami change model,” jelasnya saat acara peresmian Karawang Plant III, Senin (07/03/2016).

Toyota Sienta 2016 Indonesia 2

Update : Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta di Indonesia

Perlu diketahui, mesin R-NR merupakan singkatan dari Renew-NR. Sesuai dengan namanya, mesin ini merupakan hasil pengembangan dari mesin NR-Series yang digunakan di Grand New Avanza. Yang membedakan, bila mesin Avanza diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk mesin R-NR ini dibuat langsung oleh Toyota.

Indonesia menjadi negara ketiga yang memproduksi mesin R-NR setelah Jepang dan China. Kandungan komponen lokal yang ada pada mesin tersebut mencapai 80%, sementara 20% sisanya diimpor dari Negeri Jiran, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Tak terkecuali untuk oil control valve dan rantai mesin penggerak ke transmisi. Lantas apa perbedaan antara mesin R-NR dan NR-Series?

Yui Hastoro, Direktur Teknikal TMMIN mengungkapkan, perbedaan utama antara mesin R-NR dengan NR-Series terdapat pada aplikasi penggerak rodanya. Mesin baru R-NR digunakan untuk penggerak roda depan. Sementara mesin NR-Series untuk penggerak roda belakang.

Mesin ini dirancang dengan menggunakan bahan aluminium. Alhasil bobot mesin R-NR hanya 87 kg, lebih ringan 76 kg dari mesin TR milik Kijang Innova dan Fortuner yang memiliki berat 163 kg. Kelebihan lain dari mesin R-NR ini adalah tenaganya yang diklaim lebih besar dari mesin NR-Series yang digunakan mobil sejuta umat Grand New Avanza dan Great New Xenia.

Sementara itu, menurut keterangan salah seorang sumber viva.co.id, mesin baru tersebut memang ditujukan untuk model MPV baru, Toyota Sienta. Kabar baiknya, mobil tersebut akan meluncur sebentar lagi.

“Sebentar lagi, tunggu saja. Sebelum GIIAS dan sebelum Lebaran, kan mau dipakai sebelum Lebaran. Nanti juga ada undangannya, tunggu saja,” jelasnya. Sayangnya, sang sumber tersebut enggan untuk memberitahukan secara detail mengenai penerapan mesin baru pada Sienta dan juga tempat peluncurannya.

Kabar mengenai produk baru Toyota ini juga tidak disanggah oleh Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN. Akan tetapi Warih juga tidak bersedia untuk berkomentar lebih jauh.

“Sebentar lagi kita akan announce. Untuk model apanya, kita belum bisa kasih tahu. Tapi, ini new model,” jawabnya.

Source: mpv toyota terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply