Home Auto News Detail Perubahan Sedan Honda CR-Z 2016 Indonesia, Ada Fitur Baru

Detail Perubahan Sedan Honda CR-Z 2016 Indonesia, Ada Fitur Baru

0 750

Sedan Baru Honda CR-Z 2016 Indonesia, Honda CR-Z versi minor change resmi diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Walaupun tampilannya tidak jauh berbeda dengan model pendahulunya, Honda mengungkapkan bahwa ubahan yang diterapkan melebihi istilah ‘minor change’.

Dengan kata lain, banyak sentuhan revisi yang dilakukan Honda pada sedan sport ini sehingga membuat Honda CR-Z semakin menyenangkan untuk dikendarai. Perlu diketahui, sejak awal mobil ini diciptakan sebagai sport car yang hemat bahan bakar namun tetap menyenangkan untuk digunakan harian.

“Sulit untuk menjawab berapa banyak ubahan yang dilakukan untuk CR-Z, saya sampai susah menghitungnya. Tapi begini, semua ubahan yang dilakukan bahkan lebih banyak dari yang kebanyakan disebut “Minor Change”, lebih dari itu,” ujar Terukazu Torikai, Kepala Perancang Honda CR-Z.

Tampilan luar mobil baru Honda ini tampak sama saja seperti sebelumnya jika dilihat sepintas. Akan tetapi Honda menghadirkan efek lebih lebar pada bodinya. Hal tersebut dikarenakan CR-Z terbaru mengusung wajah baru. Aliran udara dirancang lebih besar dari model lama. Selain itu Honda juga menyertakan diffuser seperti sayap pada bagian bumper untuk mendongkrak aerodinamika mobil.

Beralih ke bagian interior, Honda CR-Z terbaru tetap menawarkan kabin dua penumpang. Honda melengkapinya dengan center consol yang diapit oleh kedua jok depan. Tidak hanya itu, tuas rem parkir ditiadakan dan digantikan dengan peranti Electric Parking Brake (EPB). Di samping itu sedan ini juga mengusung fitur baru, yakni Smart Entry and Push Button Start/Stop system.

New Honda CR-Z 2016 Indonesia 2

Posisi duduk Tidak terlalu berbeda dengan model sebelumnya. Tetap menawarkan posisi duduk rendah layaknya mobil sport. Jok juga cukup untuk mendekap punggung. Kokpit CR-Z terbaru dipenuhi dengan tombol-tombol yang dibalut dengan kesan futuristis. Alhasil kesan sempit di dalam kabin menjadi sedikit terabaikan.

Honda CR-Z ini menawarkan penglihatan ke arah depan yang sangat jelas. Begitu pula saat melirik ke samping, tidak terganggu oleh pilar A. Roda kemudi berbahan kulit juga menawarkan kenyamanan saat digenggang. Di samping itu tuas transmisi hadir memikat dengan aksen silver.

Honda juga menyertakan sistem hiburan, seperti audio layar sentuh 7 inci dengan fitur AV System with Mirroring yang dapat memutar musik dalam format CD, DVD, MP3/WMA, USB, iPod/iPhone, Bluetooth dan New HDMI Port & USB Ports (2 Ports).

Agar sensasi berkendara lebih menyenangkan, Honda CR-Z terbaru dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Normal, Sport dan ECON. Ketiganya menawarkan perbedaan karakter berkendara.

Sementara untuk sektor pacunya, Honda CR-Z ini tetap mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang dikombinasikan dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA). Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 130 daya kuda dengan torsi puncak sebesar 190 Nm. Honda menjanjikan sensasi berkendara yang berbeda dari model pendahulunya.

Lalu untuk ubahan yang disebut ‘Sport Ride’ dari Honda untuk CR-Z terbaru terdapat pada bagian kaki-kaki, di mana rear tread dibuat lebih panjang hingga 10 mm. Selain itu insinyur Honda juga menyempurnakan damper dan spring rate bagian depan dan belakang guna menambah kenyamanan saat berkendara.

Rem depan dan belakang mobil ini turut dibesarkan, tak terkecuali ukuran disk yang kini menjadi lebih besar 14-15 inci. Honda juga memperbesar ukuran kaliper rem. Dengan beberapa perubahan tersebut, Honda CR-Z diklaim memiliki keseimbangan yang sempurna antara handling sporty dan kenyamanan berkendara.

Fitur-fitur lain yang tersedia pada Honda CR-Z terbaru ini adalah ABS + EBD dan BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Active Headrest, Dual Front SRS Airbags dan Side Airbagsdan Side Curtain Airbags. Di Tanah Air, sedan sport ini dibanderol dengan harga Rp 353 jutaan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply