Home Auto News Komparasi Toyota Sienta dan Honda Freed 2016, Mana yang Unggul?

Komparasi Toyota Sienta dan Honda Freed 2016, Mana yang Unggul?

MPV Baru Honda Freed vs Toyota Sienta Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) memang masih terkesan menutupi rencana kehadiran Sienta di Indonesia. Namun di dunia maya banyak berhembus kabar bahwa MPV tersebut akan meluncur dalam waktu dekat. Jika kabar tersebut terbukti benar adanya, kehadiran Toyota Sienta akan mengganggu Honda Freed yang selama ini melenggang bebas di pasar MPV lima penumpang.

Kedua MPV beda pabrikan itu tentu memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing. Berikut akan diuraikan secara detail fitur serta kelebihan Toyota Sienta dan Honda Freed:

Toyota Sienta

Toyota Sienta yang akan meluncur di Indonesia merupakan generasi kedua. Mobil tersebut pertama kali dirilis pada 9 Juli 2015. MPV ini dihadirkan untuk menantang keberadaan Honda Freed. Kesamaan di antara keduanya terlihat pada pintu tengah model geser.

Melihat tampilan eksteriornya, Toyota Sienta mengusung bodi yang boxy dan dinamis. Desain mobil ini terinspirasi dari bentuk sepatu trekking. Wajah depan minivan Toyota ini dipermanis dengan grille besar yang mencolok. Toyota memadukan grille tersebut dengan garnish yang mengalir dari headlamp.

Di sisi interior mobil ini menawarkan layar LCD 4,2 inci pada konsol tengah untuk perangkat hiburan. Panel instrumen didesain sederhana dan tetap mudah untuk dilihat pengemudi. Di Jepang, Toyota Sienta hadir dalam tiga layout interior, di antaranya tujuh kursi, enam kursi dan lima kursi penumpang (untuk pengguna kursi roda).

Untuk dimensinya, Toyota Sienta mempunyai panjang 4.100 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tnggi mencapai 1.670 mm.

Di bagian dapur pacu, Toyota menawarkan beberapa pilihan. Pertama adalah mesin seri 2NR-FKE 1.5 liter yang memiliki tenaga sebesar 107,5 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 136 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Selain itu mobil ini juga memiliki varian all wheel drive yang mengusung mesin 1NZ-FE 1.5 liter DOHC yang mempunyai tenaga sebesar 109 hp pada putaran 6.000 rp dan torsi puncak 141 Nm pada 4.200 rpm.

Toyota Sienta juga ditawarkan dalam mesin 1NZ-FXE 1.5 liter. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga 76 hp pada 5.000 rpm dan torsi 115 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut juga dipadukan dengan motor listrik bertenaga 60,35 hp.

Di pasar Jepang, harga MPV Toyota Sienta ini dibuka mulai 1.689.709 yen atau mencapai Rp 194,51 jutaan.

Honda Freed

Honda Freed 2016 Indonesia

MPV Honda ini mempunyai panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Sama seperti Sienta, Honda Freed memiliki bodi berbentuk kotak dengan desain yang dinamis. MPV kompak ini dibekali pintu sliding otomatis yang dapat dioperasikan melalui remote control atau tombol di panel pengemudi.

Beralih ke bagian kabin, Honda Freed yang dipasarkan di Indonesia memiliki varian tiga baris kursi yang dapat memuat enam penumpang. Mobil ini menawarkan kesan mewah yang tampak melalui kursi tengah bermodel captain seat.

Honda Freed ini mengandalkan jantung pacu 1.5 liter SOHC silinder segaris, 16 katup, i-VTEC dengan kompresi 10,4 : 1. Mesin ini sanggup memproduksi tenaga sebesar 116 hp pada putaran mesin 6.600 rpm dengan torsi maksimum 146 Nm pada 4.800 rpm.

MPV ini juga dilengkapi dengan beragam fitur penunjang kenyamanan, khususnya untuk pengemudi. Beberapa di antaranya in-dash knob lever yaitu tuas transmisi yang menyatu pada dashboard, bentuk pilar A yang meminimalisir blind spot, serta tombol sliding door dan electric mirror yang mudah dijangkau. Sementara untuk penumpang, Honda menyematkan hand rest, Auto AC dan layar LCD yang berfungsi sebagai fitur hiburan.

Source: toyota sienta interior, toyota sienta vs honda freed, freed vs sienta, beda sienta freed, HARGA TOYOTA SIENTA DAN HONDA BRIO RS, interior honda freed 2016 indonesia, lebih unggul mana honda freed vs toyota sienta, pebandingan sienta dan freed, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply