Home Auto News Suzuki Vitara Brezza 2016 Tidak Dilengkapi Teknologi SHVS, Mengapa?

Suzuki Vitara Brezza 2016 Tidak Dilengkapi Teknologi SHVS, Mengapa?

0 732

Mobil Suzuki Vitara Brezza 2016 Terbaru, Suzuki resmi meluncurkan Vitara Brezza di India. Mobil tersebut hadir dengan dukungan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter DDiS, empat silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 88,7 hp dengan torsi 200 Nm. Berbekal mesin tersebut, konsumsi bahan bakar Vitara Brezza berada di angka 24,3 km/liter.

Namun SUV kompak baru Suzuki ini tidak dilengkapi dengan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS). Mengenai hal tersebut, C.V. Raman, Executive Director, Engineering Maruti-Suzuki memiliki alasan tersendiri mengapa SUV baru Suzuki itu tidak dilengkapi dengan teknologi hibrida murah.

”Sebenarnya Vitara Brezza itu tidak perlu dipasangkan SHVS (teknologi hibrida murah Suzuki). Sebab, sudah memiliki efisiensi BBM yang tertinggi di kelasnya. Tetapi jika diperlukan sangat mudah dipasangkan,” jelas Raman, dikutip dari laman KompasOtomotif, Minggu (13/03/2016).

 

Suzuki Vitara Brezza 2016 India 2

Raman melanjutkan, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) tidak hanya tertinggi dari kompetitor di kelasnya. Bila dibandingkan dengan model Suzuki yang lain, Vitara Brezza ini juga tak kalah irit. Semuanya berada di atas 20 km/liter.

Bila melihat dimensinya, Suzuki Vitara Brezza mempunyai dimensi panjang 3.995 mm, dengan lebar 1.790 mm dan tinggi 1.640 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 2.500, sementara ground clearance atau jarak bebas ke tanah 198 mm.

SUV kompak ini dijual dengan harga mulai dari 6,99 lakh hingga 9,68 lakh atau mencapai Rp 136 juta hingga Rp 188 jutaan. Vitara Brezza hadir dalam empat varian, antara lain LDI, VDI, ZDI dan ZDI dual tone. Suzuki melengkapinya dengan sejumlah fitur, seperti ABS, EBD, dual airbag dan SmartPlay.

Teknologi SHVS sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sederhana. Rangkaian sistem terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator) yang mampu menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Sementara energi yang terbuang dalam sistem tersebut dapat dimanfaatkan kembali oleh sistem hibrida.

Img source: http://indianautosblog.com

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply