Home Auto News Datsun GO-Cross 2016 Indonesia Siap Hadir Tahun Ini?

Datsun GO-Cross 2016 Indonesia Siap Hadir Tahun Ini?

0 3241

Mobil Baru Datsun GO-Cross, Kabar mengenai kehadiran Datsun GO versi crossover kembali berhembus. Mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) berwujud crossover itu kabarnya akan segera hadir di Indonesia.

Informasi tersebut berhembus bukan tanpa alasan. Pasalnya Renault Kwid 1.0 yang merupakan saudara kembar Datsun Go-Cross direncanakan meluncur pada Juni 2016 mendatang. Peluncuran mobil baru Datsun itu diperkirakan akan dilakukan pada kuartal keempat 2016 dengan harga jual sekitar Rp 150 jutaan.

“Kalau Renault Kwid yang platformnya sama dengan GO-Cross  (dan Datsun Redi-GO) sudah meluncur, tentunya GO Cross tidak lama lagi. Ya kemungkinan di kuartal tiga (di GIIAS 2016) atau empat,” jelas seorang sumber di Nissan Datsun, sebagaimana diberitakan Dapurpacu, Selasa (15/03/2016).

Ia mengatakan, belum ada keputusan final mengenai harga jual crossover Datsun itu. Akan tetapi diperkirakan mobil tersebut akan bermain di kisaran harga Rp 150 jutaan. “Tren pasar di kita (Indonesia) saat ini mengarah ke crossover dan SUV. Selain itu segmen LCGC-nya juga terus bertumbuh,” jelas sumber yang tidak bersedia menyebutkan identitasnya itu.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada lima merek yang menerjunkan produk di segmen LCGC. Antara lain Daihatsu Ayla, Datsun GO dan GO+ Panca, Honda Brio, Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R. Penjualan mobil murah ini juga cukup tinggi. Sepanjang tahun 2015 kemarin, segmen LCGC menyumbang penjualan sebesar 57.646 unit.

Dari total penjualan tersebut, LCGC Datsun berkontribusi sebesar 29.358 unit. Angka tersebut terdiri dari model Datsun GO+ sebanyak 19.896 unit dan Datsun GO dengan penjualan 9.462 unit.

Datsun GO-Cross 2016 Indonesia 2

“Artinya, peminat LCGC itu banyak dan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya kelompok kelas menengah baru di Indonesia. Tapi mobil ini nantinya tak masuk ke area mobil LCGC lagi, kenapa? ya karena harganya sudah bukan kategori LCGC lagi (karena LCGC ambang batasnya Rp 120 jutaan),” papar sang sumber.

Sementara itu, Renault Kwid akan meluncur di Negeri Bollywood pada Juni mendatang. Namun mobil yang mengadopsi platform Datsun GO-Cross ini baru akan dipasarkan beberapa bulan sesudahnya. Media otomotif lokal mengatakan, mobil terbaru Renault itu akan dipersenjatai dengan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.0 liter tiga silinder.

Namun sampai detik ini belum ada rincian spesifikasi dari mobil tersebut. “Renault Kwid 1.0 transmisi manual pada Juni nanti, dan AMT (transmisi otomatis) setelahnya,” ungkap Sumit Sawhney, yang menjabat sebagai Chief Executive Officer Renault India.

Sekedar informasi, Datsun GO-Cross pertama kali hadir di hadapan publik pada Oktober 2015 lalu. Mobil ini dipamerkan di Kantor Pusat Nissan Global, di Yokohama, Jepang. Lalu pada Februari mobil tersebut dihadirkan di India untuk dipajang di ajang Auto Expo 2016.

Bila hadir di Indonesia, kemungkinan besar mobil tersebut akan mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc tiga silinder. Dengan begitu Datsun GO-Cross untuk pasar Indonesia mengusung spesifikasi yang berbeda dari Renault Kwid ataupun Datsun Redi-GO yang dipasarkan di India.

Datsun GO-Cross dirancang khusus sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Vincent Cobee, Global Head of Datsun pernah mengatakan bahwa pasar Indonesia lebih tertarik pada mobil keluarga dengan tiga baris kursi yang dapat memuat tujuh penumpang.

Crossover Datsun ini mengusung tampilan eksterior yang modern dan menarik. Terdapat grill D-Cut yang sudah menjadi ciri khas mobil Datsun. Grill tersebut dibalut dengan warna chrome hitam dan ditemani lampu depan LED.

Body Datsun GO-Cross juga dibuat lebih tinggi dari GO+ sehingga memunculkan kesan gagah seperti crossover pada umumnya. Terdapat pula fender lebar dan cladding di sekeliling mobil.

Source: datsun go cross indonesia, datsun go cross versi crossover si mobil murah, kapan datsun go cross masuk indonesia, harga datsun go cross 2016, datsun go cross 2016, spesifikasi datsun go cross, harga dan spesifikasi datsun go cross, datsun go cross 2016 indonesia, harga datsun crossover, harga mobil datsun go cross, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply