Home Auto News Honda BR-V 2016 Indonesia Jadi LSUV Terlaris, Taklukkan Terios dan Rush

Honda BR-V 2016 Indonesia Jadi LSUV Terlaris, Taklukkan Terios dan Rush

0 839

Mobil LSUV Indonesia Terbaru, Kehadiran Honda BR-V di Tanah Air rupanya memberikan dampak yang cukup terasa di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Selama ini segmen tersebut dirajai oleh Toyota Rush karena penjualannya yang lebih tinggi dibandingkan model LSUV lainnya. Akan tetapi posisi Toyota Rush sebagai LSUV terlaris di Indonesia terancam oleh kedatangan Honda BR-V.

Honda Prospect Motor (HPM) telah mempersiapkan BR-V sejak jauh hari. Mobil baru ini menampakkan wajah saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang berlangsung Agustus 2015. Kehadiran Honda BR-V langsung disambut hangat oleh masyarakat. Hal tersebut terlihat dari jumlah pemesanan unit BR-V.

Lalu pada Januari 2016 kemarin LSUV andalan Honda ini mulai menunjukkan hasil positif. Dari data wholesalse Gaikindo, Honda BR-V sukses terjual sebanyak 6.627 unit. Fenomena ini mengingatkan kita pada kejadian Mobilio. Saat pertama kali diperkenalkan di awal 2014 lalu, MPV (Multi Purpose Vehicle) Honda ini juga mendapat respon positif dari masyarakat.

Memasuki bulan Februari 2016, penjualan BR-V menjadi 5.575 unit. Dengan demikian, selama dua bulan mobil ini sudah terjual di Tanah Air sebanyak 12.202 unit.

Hal tersebut rupanya sudah diantisipasi oleh rivalnya, Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Kedua pabrikan mobil itu telah menyiapkan penyegaran untuk Terios dan Rush. Kedua model crossover tersebut memiliki tambahan varian baru.

Toyota Rush kini memiliki dua pilihan TRD yang telah dilengkapi jok baris ketiga dengan sabuk pengaman. Sedangkan untuk tipe tertingginya memakai suspensi TRD. Sementara Daihatsu menghadirkan Terios Custom yang mengisi posisi tengah dengan satu pilihan warna.

Honda BR-V 2016 Indonesia

Untuk saat ini kehadiran Terios Custom dan Rush TRD memang belum memberikan dampak berarti. Wajar saja, sebab kedua varian baru tersebut baru hair pada pertengahan Februari kemarin. Hadirnya penyegaran untuk Toyota Rush dan Daihatsu Terios tidak menutup kemungkinan dapat mendongkrak penjualan.

Perlu diketahui, selama bulan Januari hingga Februari 2016, Rush hanya berhasil mengumpulkan angka penjualan sebesar 2.875 unit. Sementara Daihatsu Terios mencapai 2.236 unit. Meski digabungkan, penjualan Terios dan Rush belum dapat melampaui hasil yang diperoleh Honda BR-V.

Setiap merilis produk baru, produsen mobil pasti akan mematok target penjualan pada produk tersebut. Lalu bagaimana dengan Toyota Rush? Saat dirilis di Jakarta, Toyota menargetkan penjualan Rush sebesar 1.800 unit per bulan atau menjadi 21.600 per tahun berikut varian baru.

Target penjualan Rush lebih rendah dibandingkan dengan target penjualan BR-V. PT HPM mengungkapkan, crossover barunya ditargetkan dapat terjual hingga 39.000 unit atau 3.250 unit per bulan.

Honda BR-V memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya yang menarik perhatian adalah kabin lega yang dapat menampung tujuh penumpang. Mobil ini memang merupakan hasil perpaduan antara HR-V dan Mobilio.

Crossover ini juga dilengkapi dengan teknologi mumpuni untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penggunanya. Honda menyematkan Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist. Hadirnya teknologi ini membuat Honda BR-V mudah untuk dikendalikan. Selain itu disertakan pula fitur ECO Indikator, Electric Power Steering, Drive by Wire, lampu Projector plus LED Guide, hingga teknologi pembersih kabin Nanoe.

Honda BR-V juga dilengkapi dengan sejumlah fitur hiburan. Di antaranya Audio 6,1 inci dengan beragam fitur khusus. Fitur hiburan ini terhubung dengan smartphone melalui konektivitas HDMI screen mirroring, Bluetooth dan Android Mode. Honda juga membekalinya dengan kamera belakang guna memudahkan pengemudi saat hendak memarkir kendaraan.

Source: honda BR pegeruan barunya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply