Home Auto News Mobil LCGC Terlaris di Indonesia Februari 2016, Daihatsu Ayla Jawara

Mobil LCGC Terlaris di Indonesia Februari 2016, Daihatsu Ayla Jawara

0 1105

Daftar Mobil Murah Terlaris 2016, Mobil Murah dan ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) mulai menorehkan hasil penjualan yang positif. Pada dua bulan pertama 2016 ini, penjualan LCGC mulai menunjukkan peningkatan. Bahkan, sejak tahun lalu segmen mobi murah sudah berhasil menjadi pasar terbesar kedua setelah LMPV (Low Multi Purpose Vehicle).

Menurut data yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2015 segmen LCGC meraih penjualan sebesar 165.434 unit. Sementara itu, periode Januari-Februari di tahun 2016 penjualan LCGC mencapai 28.160 unit. Angka tersebut naik sebesar 7,5 persen dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya yang hanya mencapai 26.048 unit.

Walaupun penjualan segmen tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun 2015, namun tidak semua model LCGC mengalami kenaikan penjualan. Dari enam model LCGC yang dipasarkan di Indonesia, hanya Daihatsu Ayla, Datsun GO+ dan GO Panca saja yang mengalami kenaikan penjualan. Sementara Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R dan Toyota Agya justru menurun.

Contohnya, Toyota Agya dalam dua bulan pertama di tahun ini membukukan penjualan sebanyak 8.102 unit. Angka tersebut turun 11 persen dibandingkan periode Januari-Februari 2015 yang bisa mencapai 9.174 unit. Sementara itu, penjualan Daihatsu Ayla meningkat 29,6 persen. Dari yang sebelumnya 5.561 unit naik menjadi 7.909 unit.

Divisi mobil murah Nissan, Datsun juga mendapatkan berkah. Melalui model LCGC andalannya, GO dan GO+ Panca Datsun memperoleh penjualan sebesar 6.396 unit. Angka penjualan ini naik 24 persen dibanding periode yang sama di tahun 2015, dimana penjualannya hanya mencapai 4.854 unit.

Toyota Agya 2016 Indonesia

Penjualan Honda Brio Satya juga menurun sebesar 8,3 persen. Bila pada Januari-Februari 2015 penjualannya dapat mencapai 4.336 unit, kini turun menjadi 3.973 unit. Dan model LCGC terakhir, Suzuki Wagon R turun 16,1 persen, dari 2.123 unit menjadi 1.780 unit.

Daihatsu Ayla yang menjadi mobil murah terlaris di bulan Februari 2016 hair dengan beragam pilihan warna, di antaranya merah, putih, hitam, abu-abu, silver dan biru muda. Pada tahun 2015, Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Ayla terbaru yang dilengkapi dengan fitur airbag atau kantong udara.

Varian Ayla Airbag dikembangkan dari Ayla Tipe X (transmisi manual dan otomatis). Berbekal fitur dual SRS airbag ini, Daihatsu Ayla dapat memberikan keamanan yang lebih mumpuni untuk pengemudi dan penumpang depan.

Tidak hanya itu, di baris pertama Daihatsu Ayla Airbag juga dilengkapi fitur pretensioner dan force limiter seat belt. Fitur tersebut berfungsi untuk mendukung kinerja airbag untuk mengurangi resiko cedera. Mekanisme dari kedua fitur tersebut adalah dengan mengencangkan dan mengurangi tekanan berlebih pada dada pengemudi dan penumpang depan saat mobil mengalami benturan keras.

LCGC andalan Daihatsu ini juga dilengkapi dengan fitur body reinforcement. Fitur tersebut berupa penambahan material pada beberapa bagian bodi mobil untuk meningkatkan daya tahan bodi saat terjadi benturan dari berbagai sisi. Daihatsu juga melengkapi mobil ini dengan fitur brake pedal assist. Fitur tersebut memungkinkan pedal rem langsung patah ke dalam saat terjadi tabrakan. Alhasil pengemudi terhindar dari kemungkinan terhimpit pedal rem.

Di samping itu Ayla Airbag juga mengusung fitur side impact beam untuk memberikan perlindungan lebih baik bila penumpang mengalami benturan dari arah samping. Seatbelt tersedia untuk semua baris jok sehingga membuat keaanan penumpang lebih terjaga.

Untuk menunjang kenyamanan, mobil ini memiliki fitur rear wiper, ECO indicator, MID, meter cluster lengkap dengan tachometer, air intake resonator dan rear speaker.

Daftar mobil LCGC Terlaris Februari 2016:

  1. Daihatsu Ayla : 4.401 unit
  2. Toyota Agya : 4.078 unit
  3. Datsun (Go dan Go+) : 3.101 unit
  4. Honda Brio Satya : 2.055 unit
  5. Suzuki Karimun Wagon R : 990 unit

Source: agya 7 seater, warna ayla terlaris, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply