Home Auto News MINI Clubman 2016 Indonesia Resmi Meluncur, Fitur Lebih Lengkap!

MINI Clubman 2016 Indonesia Resmi Meluncur, Fitur Lebih Lengkap!

0 882

Hatchback MINI Clubman Terbaru, Pasar mobil mewah kembali kedatangan model baru dari BMW Indonesia. Produsen mobil asal Jerman itu resmi meluncurkan Mini Clubman generasi terbaru. Mobil ini hadir dengan konsep yang fungsional dan lebih dewasa sebagai mobil kompak dan menyenangkan.

Tampilan Mini Clubman terbaru terlihat lebih aerodinamis. Mobil ini didesain dengan menerapkan Air Curtains yang berupa celah tipis vertikal di sisi-sisi luar inlet udara bawah dan secara selektif menyalurkan udara ke sekitar roda. Sedangkan Air Breathers yang berada di bagian panel samping belakang berfungsi meneruskan aliran udara, sebelum berakhir di roof spoiler.

Mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yakni New Clubman dan New Cooper S Clubman. Tampilan stylish dari mobil baru ini tampak melalui pelek alloy Star Spoke berukuran 18 inci untuk varian Cooper S Clubman. Sementara varian Clubman mengusung pelek Vent Spoke 17 inci.

Mini New Clubman hadir dengan dimensi yang lebih lega dari model sebelumnya. Dimensi hatchback premium ini lebih panjang 27 cm, lebih lebar 9 cm dan wheelbase lebih panjang 10 cm. Clubman terbaru memiliki konfigurasi kursi 40:2:40 yang memberikan kapasitas bagasi 360 liter hingga 1.250 liter.

Sementara segi fungsionalitas dari mobil ini ditunjang dengan pintu split di bagian belakang yang dapat diakses tanpa di sentuh. Mini Clubman terbaru jugamenawarkan kombinasi Comfort Access yang memungkinkan pintu dibuka otomatis dengan gerakan kaki pada sensor yang terletak di bawah apron belakang. Fitur tersebut menjadi kelengkapan standar pada mobil ini.

MINI Clubman 2016 Indonesia 2

Tidak berhenti sampai di situ saja, untuk pertama kalinya New Clubman dilengkapi fitur electric seat di bagian kemudi. Di samping itu sistem infotainment yang lebih cerdas dengan tambahan fungsi Mini Connected XL Journey Mate. Sistem ini memungkinkan pengguna merencanakan perjralanan dengan rute yang diperlukan, termasuk jaringan sosial terintegrasi dengan ponsel pintar yang berjalan di sistem operasi iOS dan Android.

Beralih ke balik kap mesin, terdapat jantung pacu tiga silinder berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga hingga mencapai 136 hp dengan torsi maksimum 220 Nm. Mesin tersebut ditemani dengan sistem transmisi Steptronic 6-percepatan.

Khusus untuk Cooper S Clubman, mesin yang digunakan adalah empat silinder 2.0 liter TwinPower Turbo. Tenaga yang dapat disalurkan mesin ini mencapai 192 hp dengan torsi 280 Nm. Tenaga dari mesin tersebut didistribusikan ke roda melalui transmisi Steptronic 8-percepatan.

“New Mini Clubman adalah simbol dari filosofi brand Mini yang telah disempurnakan. Kami akan membuka diri terhadap ide-ide baru, area bisnis baru, dan mengembangkan identitas visual brand Mini,” kata Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, dikutip dari Dapurpacu.

Sebelum hadir di Indonesia, Mini Clubman terbaru dirilis lebih dulu di Singapura. Menariknya, kelengkapan fitur antara model yang dipasarkan di Indonesia dengan di Singapura ternyata berbeda. Varian Cooper S Clubman yang diposisikan sebagai varian tertinggi menawarkan fitur yang lebih lengkap.

Dikutip dari KompasOtomotif, Ariefin Makaminan, Training Manager PT BMW Indonesia menyampaikan bahwa secara spesifikasi, baik deain dan mesin tidak ada yang berbeda. Namun untuk Cooper S Clubman mengusung fitur yang lebih melimpah dibanding versi Singapura.

“Kalau spesifikasi sama, tapi untuk Indonesia Cooper S punya fitur lebih lengkap. Sudah dilengkapi dengan head up display, panoramic roof, dan electric seat, sedangkan Singapura belum,” jelas Ariefin.

Di Indonesia, Mini New Clubman dijual dengan harga Rp 669 juta. Sementara New Cooper S Clubman dibanderol seharga Rp 869 juta. Kedua harga tersebut berstatus off the road.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply