Home Auto News Hasil Balap Lengkap F1 2016 Australia, Kemenangan Dramatis Rosberg

Hasil Balap Lengkap F1 2016 Australia, Kemenangan Dramatis Rosberg

0 1465

Hasil Balap F1 2016 Australia, Nico Rosberg berhasil keluar sebagai juara pada F1 Australia 2016, Minggu (20/03/2016). Kesalahan dua rival beratnya, Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel rupanya dimanfaatkan Rosberg untuk memuluskan jalan menuju kemenangannya.

Pada balap yang berlangsung 57 lap di sirkuit Albert Park, Melbourne itu, Rosberg menorehkan waktu 8,606 detik lebih cepat dari rekan satu timnya, Hamilton. Sementara Vettel mengakhiri balap di urutan ketiga setelah melakukan kesalaan di dua lap terakhir saat menekan Hamilton.

Padahal sebelumnya Vettel sempat memimpin jalannya pertandingan hingga lebih dari separuh balapan. Saat balap dimulai, Vettel sudah menempati urutan ketiga dan berhasil mengambil alih pimpinan di tikungan pertama, diikuti Kimi Raikkonen di posisi kedua.

Insiden kecil terjadi di antara Hamilton dan Rosberg. Kedua pebalap Mercedes ini sedikit bersentuhan di tikungan 1. Alhasil Hamilton langsung turun ke posisi 6. Sementara Rosberg berada di posisi ketiga.

Rosberg terus membayangi dua pebalap Ferrari yang memimpin jalannya balap. Akhirnya pebalap berusia 30 tahun ini mampu mendahului Raikkonen setelah pitstop pertama di lap 14. Satu lap kemudian, Rosberg hampir berhasil mendahului Vettel yang baru keluar dari pitlane di tikungan 1.

Vettel mendapat serangan dari Rosberg saat menuju pitstop kedua. Kesalahan kru Ferrari dan kecepatan Mercedes yang baik membuat Vettel kehilangan posisi terdepannya.

F1 2016 Australia 2

Berbekal set ban baru, Vettel yang menduduki urutan ketiga secara perlahan mendekatkan diri dengan Hamilton di lap 46. Kesalahan kecil Hamilton di lap 51 membuat jarak Vettel semakin dekat hingga kurang dari 1 detik.

Akan tetapi Vettel kembali melakukan kesalahan di tikungan 16 saat dua lap menjelang finish. Hal tersebut membuat Hamilton lolos dari jeratan Vettel. Di sisi lain, Rosberg masih nyaman di posisi terdepannya hingga tak terkejar sejak pitstop terakhir Vettel.

Balap F1 2016 Australia dipenuhi dengan aksi menegangkan. Balapan diawali dengan mobil Daniil Kvyat yang mogok di grid setelap lap formasi. Hal ini membuat steward mengulang lap formasi dan Kvyat langsung keluar dari balap Di lap 17 Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez terlibat tabrakan hebat di tikungan 3. Alhasil mobil McLaren Alonso terbalik dan hancur. Untung Alonso tidak mengalami cedera. Akibat dari insiden ini bendera merah pun dikibarkan dan balapan dihentikan sementara di lap 19.

Di saat yang sama Rio Haryanto tidak dapat melanjutkan balapan lantaran Manor melaporkan adanya masalah driveline pada mobil MRT05. Tidak hanya itu, tiga lap kemudian Raikkonen harus mundur karena mobil SF16-H miliknya terlihat mengeluarkan api di bagian mesin. Sementara itu, Romain Grosjean memberikan kejutan untuk Haas F1 dengan finish keenam. Dengan begitu, Grosjean mendapatkan delapan poin.

Vettel mengatakan, kekalahannya dikarenakan strateg agresif yang dipertahankan Ferrari dengan tetap menggunakan ban supersoft setelah balapan dihentikan. Hal tersebut membuatnya kehilangan kesempatan memimpin balapan.

“Kami memilih langkah agresif. Mungkin dengan melihat ke belakang kami bisa melakukan yang lain, tapi saya tidak mau salahkan siapapun,” jelas Vettel, dikutip dari Dapurpacu.

Hasil Balap F1 Australia 2016:

  1. Nico Rosberg – Mercedes : 1:48:15.565
  2. Lewis Hamilton – Mercedes : +8.606
  3. Sebastian Vettel – Ferrari : +9.643
  4. Daniel Ricciardo – Red Bull : +34.330
  5. Felipe Massa – Williams : +58.979
  6. Romain Grosjean – Haas : +1:12.081
  7. Nico Hulkenberg – Force India : +1:14.199
  8. Valtteri Bottas – Williams : +1:15.153
  9. Carlos Sainz – Toro Rosso : +1:15.680
  10. Max Verstappen – Toro Rosso : +1:16.833
  11. Jolyon Palmer – Renault : +1:23.399
  12. Kevin Magnussen – Renault : +1:25.606
  13. Sergio Perez – Force India : +1:31.699
  14. Jenson Button – McLaren : +1 Lap
  15. Felipe Nasr – Sauber : +1 Lap
  16. Pascal Wehrlein – Manor : +1 Lap
  • Marcus Ericsson – Sauber – Retirement
  • Kimi Raikkonen – Ferrari – Retirement
  • Rio Haryanto – Manor – Retirement
  • Fernando Alonso – McLaren – Collision
  • Esteban Gutierrez – Haas – Collision
  • Daniil Kvyat – Red Bull – Not started

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply