Home Auto News Toyota Sienta 2016 Indonesia Diimpor Utuh dari Thailand?

Toyota Sienta 2016 Indonesia Diimpor Utuh dari Thailand?

0 1036

Toyota Sienta Terbaru di Indonesia, Seperti yang hangat dibicarakan sebelumnya, Toyota Astra Motor dikabarkan akan menghadirkan MPV (Multi Purpose Vehicle) baru di Tanah Air. Mobil tersebut adalah Toyota Sienta yang nantinya akan mengawali debutnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Pameran otomotif internasional itu rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 7-17 April mendatang.

Ada kabar terbaru seputar MPV baru ini. Menurut laman Dapurpacu, seorang sumber yang berada di dealer Toyota di Jakarta mengatakan bahwa Sienta yang akan dijual di Indonesia merupakan buatan Thailand. Mobil ini nantinya didatangkan secara utuh dari Negeri Gajah Putih itu.

“Benar pak, ternyata Toyota Sienta yang akan dijual di Indonesia pada ajang Indonesia Internasional Motor Show produksinya dari pabrik Toyota yang ada di Thailand,” jelas seorang sumber itu.

Tidak cukup sampai di situ, ia juga menuturkan bahwa 90% tampilan luar dan dalamnya sama dengan model yang dijual di Jepang. Hanya saja, untuk pasar Indonesia Toyota Sienta dilengkapi dengan sedikit penambahan aksesori.

“Untuk Indonesia nanti panduannya akan dirubah bahasanya, menjadi bahasa Inggris seperti mobil sebelumnya seperti Toyota Yaris dan Camry,” kata dia. Sumber menambahkan, bila ingin mengetahui lebih pasti seputar detail produk keunggulannya, dapat berkunjung ke IIMS 2016.

Seagai informasi tambahan, meski belum resmi dirilis, Toyota Sienta sudah dapat dipesan di beberapa dealer Toyota di Jakarta-Tangerang. Konsumen yang tertarik membeli dapat menyetorkan uang tanda jadi pemesanan yang dibuka mulai Rp 5 juta.

Toyota Sienta 2016 Indonesia 2

Baca Juga : Toyota Sienta Indonesia Rilis di IIMS 2016

“Saat ini bagi konsumen yang memang berminat memiliki Toyota Sienta bisa langsung mendatangi kami dengan hanya menyerahkan uang tanda jadi sebesar Rp 5 juta,” ujar salah seorang pramuniaga di dealer Toyota di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Pemesan yang sudah tercatat akan mendapat antrian kepemilikan mobil lebih cepat.

Toyota Sienta hadir sebagai pilihan baru di segmen MPV Tanah Air. Seperti yang diberitakan, Sienta dihadirkan untuk bersaing dengan Honda Freed. MPV ini ditujukan untuk konsumen yang ingin beralih ke mobil keluarga praktis namun tetap elegan.

Toyota Sienta diposisikan untuk mengisi celah yang ditinggalkan Toyota Kijang Innova tipe E. Tidak banyak lineup yang ditawarkan Toyota untuk MPV barunya ini. Untuk diketahui, varian tertinggi Toyota Avanza tipe 1.5L Veloz AT dibanderol dengan harga Rp 230,5 juta. Sedangkan Kijang Innova termurah dipatok Rp 285,4 juta. Itu artinya terdapat celah harga sebesar Rp 50 juta.

Toyota Sienta terbaru pertama kali hadir di Jepang pada buan Juli 2015. Sejak kemunculan mobil ini di hadapan publik, mulai banyak beredar kabar bahwa TAM akan menjadikan mobil keluarga tersebut sebagai salah satu model andalan barunya untuk menggebrak pasar otomotif Tanah Air.

Di negara asalnya, Toyota Sienta terbaru ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin konvensional berbahan bakar bensin dan mesin berteknologi hybrid. Untuk mesin konvensional mempunyai kapasitas 1.5 liter. Sedangkan versi hybrid menggabungkan mesin bensin 1.5 liter dan sebuah motor listrik.

Varian tersebut diklaim dapat menyemburkan daya hingga 74 hp. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya 27,2 km/liter. Hal ini membuat Toyota Sienta mendapat keringanan pajak mobil ramah lingkungan dari pemerintah Jepang.

Tampaknya TAM tertarik untuk menerjunkan pesaing dari Honda Freed. Memang hingga saat ini MPV Honda itu masih belum memiliki pesaing di kelasnya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikino), sepanjang tahun 2015 kemarin penjualan Honda Freed secara retail dapat mencapai 4.318 unit. Angka tersebut cukup besar untuk produsen mobil.

Source: toyota sienta 2016 indonesia, rasanya ber, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply