Home Auto News Mazda CX-9 2016 Indonesia Akan Meluncur? Ini Jawaban Mazda

Mazda CX-9 2016 Indonesia Akan Meluncur? Ini Jawaban Mazda

0 1245

Mobil Mazda CX-9 2016, Angin segar berhembus dari Negeri Matahari Terbit, Jepang. Mazda Jepang dikabarkan sudah memproduksi CX-9 terbaru. Mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi Skyactiv total. Selain itu Mazda CX-9 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas lebih kecil dari generasi sebelumnya. Lalu apakah PT Mazda Motor Indonesia (MMI) akan meluncurkan mobil baru ini di Tanah Air?

Sebagai informasi, sebelumnya MMI sudah pernah memasarkan SUV tersebut di Indonesia. Hanya saja MMI mengalami kesulitan untuk menjual mobil tersebut lantaran mesinnya berkapasitas di atas 3.000 cc. Alhasil harga jualnya melambung tinggi.

Mengenai CX-9 terbaru, MMI mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melakukan studi pasar dan menilai visibilitas pasar terhadap CX-9.

“Kalau kita sih cocok dengan CX-9, tapi kami masih studi. Prinsipnya kami dari MMI punya regulasi yang harus diikuti dan kami ingin kalau mobilnya masuk dari marketnya sendiri sudah siap,” kata Astrid Ariani Wijaya, yang menjabat sebagai Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia.

Visibilitas tersebut didasari atas pemakaian mesin baru yang dapat mempengaruhi harga jual. Sebab, mesin berkapasitas 2.500 cc terbaru tidak akan dibebani PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah). Dengan begitu produk dapat dijual dengan harga yang lebih kompetitif.

“Kita tunggu saja. Saya belum bisa komentar lebih jauh,” pungkas Astrid.

Mazda CX-9 2016 2

Mazda CX-9 terbaru juga dijual di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. SUV terbaru Mazda ini rencananya akan mulai dipasarkan pada musim semi (21 Maret – 20 Juni). Menurut kabar yang dilansir dari Indianautosblog, Mazda CX-9 akan diniagakan dengan harga mulai dari USD 31.520 atau mencapai Rp 412 jutaan.

Mazda CX-9 ini merupakan generasi kedua. Mazda menawarkannya dalam empat tipe, di antaranya Sport, Touring, Grand Touring dan Signature. Keempat tipe itu sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur standar. Di sisi interior CX-9 dibekali dengan lampu utama LED, lampu belakang LED dan pelek berdiameter 18 inci. Sedangkan di bagian interior mengusung rem parkir elektronik, sistem hiburan Mazda Connect yang dilengkapi layar berukuran 7 inci dan trailer stability assist.

Mazda CX-9 memiliki desain khas Mazda yakni Kodo-Soul of Motion. Mobil ini memiliki dimensi panjang yang lebih pendek 30 mm dibandingkan model lama. CX-9 terbaru mempunyai panjang 5.065 mm. Akan tetapi wheelbase atau jarak sumbu rodanya diperpanjang 55 mm. Ubahan pada bagian ini membuat kabin CX-9 menjadi lebih lapang, khususnya di baris belakang.

Mazda CX-9 terbaru mengandalkan jantung pacu berbahan bakar bensin baru yang mempunyai kapasitas sebesar 2,5 liter SKYACTIV-G turbocharged empat silinder. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga sebesar 227 hp dengan torsi maksimum 420 Nm. Mesin ini lebih kecil dari model lamanya yang memakai mesin 3.700 cc V6.

Mesin tersambung ke SKYACTIV-DRIVE transmisi otomatis enam percepatan sebagai standar. Sementara sistem penggerak rodanya ditawarkan dalam dua versi, dua atau semua roda.

Mazda juga melakukan pengurangan bobot pada SUV ini. Kini Mazda CX-9 terbaru lebih ringan 130 kg dari model pendahulunya. Dengan demikian performanya menjadi lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mazda mengklaim angka konsumsi bahan bakar (BBM) mobil ini sebagai yang terbaik di kelasnya. Menurut perhitungan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, CX-9 terbaru memperoleh konsumsi BBM sekitar 9,5 km/liter untuk perkotaan dan 11,9 km/liter untuk jalan luar kota atau highways. Sementara rute kombinasi dapat mencapai 10,6 km/liter.

“CX-9 model 2016 merupakan yang terbaik di kelasnya untuk sebuah mobil non hybrid, kelas menengah, SUV 3 baris, dengan konsumsi BBM terbaik,” jelas pihak Mazda Motors Amerika, dikutip dari DetikOto.

Source: mazda cx 9 2016 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply