Home Mazda Memahami Kelebihan Teknologi Mesin SkyActiv pada Mobil Mazda

Memahami Kelebihan Teknologi Mesin SkyActiv pada Mobil Mazda

0 1907

Teknologi SkyActiv Mobil Mazda Terbaru, Mobil keluaran terbaru umumnya dilengkapi dengan teknologi-teknologi terkini. Begitu juga dengan Mazda yang memiliki teknologi mesin SkyActiv. Sebenarnya setiap pemilik mobil perlu mengenal karakter mobil yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seluk beluk teknologi dan dapat mengoptimalkan keunggulannya.

Di Indonesia, Mazda Motor Indonesia (MMI) menawarkan mesin SkyActiv-G. Mesin tersebut digunakan pertama kali pada model SUV Mazda CX-5. Sesudah itu disusul oleh sedan Mazda6, MPV Biante dan hatchback Mazda2.

SKyActiv-G memiliki kelebihan utama yang terletak pada limpahan torsi yang besar. Hal ini dapat dicapai berkat kompresi mesin yang tinggi. Menurut data spesifikasi resmi, mesin dengan kapasitas 2.5L pada Mazda CX-5 sanggup meraih torsi maksimum 250 rpm saat putaran mesin hanya mencapai 3.250 rpm. Kondisi ini dapat diperoleh dengan memakai bahan bakar yang memiliki RON 95.

“Istimewanya lagi pada 1.500 rpm torsi sudah mencapai 200 Nm. Itu tidak bisa terjadi di mesin bensin lain yang non-turbo,” ujar Ari Tristanto, selaku Sales Trainer MMI, dikutip dari laman KompasOtomotif.

Putaran mesin 1.000 rpm hingga 3.000 rpm merupakan rentang penggunaan harian dalam kondisi perkotaan. Dengan demikian, jika pengemudi dapat memanfaatkan torsi tersebut, maka efisiensi bahan bakar (BBM) akan menjadi lebih maksimal.

Rasio kompresi

Mesin SkyActiv Mazda 2

Bagaimana bisa SkyActiv-G sanggup menghasilkan torsi yang besar? Ari mengungkapkan, pada dasarnya para insinyur Mazda sudah berhasil membuat rasio kompresi tinggi pada SkyActiv-G stabil digunakan hingga menguntungkan. Perlu diketahui, rasio kompresi pada SkyActiv-G mencapai 1:14. Rasio mesin ini lebih tinggi dibandingkan mesin yang digunakan pada supercar.

“Torsi akan meningkat saat rasio kompresi makin tinggi karena efisiensi bahan bakar makin tinggi dengan jumlah bensin yang sama. Jadi makin tinggi kompresi, torsi akan makin besar,” ujar Ari.

Tentu ada konsekuensi dibalik kompresi mesin yang tinggi. Pemahamannya, jika kompresi mesin semakin tinggi, maka kemungkinan mesin ngelitik atau knocking semakin besar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memundurkan pengapian. Namun, bila ini dilakukan maka torsi yang diraih akan menjadi turun drastis. Sementara cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan bahan bakar yang punya RON lebih tinggi.

Akan tetapi Mazda memutuskan untuk tidak memilih keduanya. Sebab, Mazda menyampaikan selain untuk keiritan bahan bakar, SkyActiv-G dihadirkan agar biaya pengoperasiannya masuk akal.

Stabil

Mazda juga memiliki teknik tersendiri agar rasio kompresi 1:14 bisa stabil. Caranya adalah dengan melakukan perbaikan ruang bakar atas temuan reaksi oksidasi suhu rendah, kepala piston dengan cekungan, memanfaatkan sistem pembuangan 4-2-1 dan meningkatkan karakter injeksi bahan bakar.

Tidak berhenti sampai di situ, semua pengembangan yang dilakukan Mazda untuk sektor mesin juga ditunjang dengan paket lain, antara lain SkyActiv-Drive (transmisi), SkyActiv-Chassis, dan SkyActiv-Body.

Rasio kompresi

Perlu diketahui, di Tanah Air mesin SkyActiv-G yang ditawarkan MMI memiliki rasio kompresi yang lebih rendah, yakni 1:13. Khusus untuk Mazda Biante rasio kompresinya lebih rendah lagi, yakni 1:12 dan belum memakai knalpot dengan sistem pembuangan 4-2-1. Hal ini dilakukan Mazda bukan tanpa alasan. Hingga saat ini Indonesia masih menerapkan regulasi emisi Euro II.

Teknologi SkyActiv-G dengan rasio kompresi 1:14 dinilai belum cocok di Indonesia. Sebab, kompresi 1:14 memerlukan bahan bakar minimal Research Octane Number (RON) 92. Jika ditawarkan di Tanah Air, tidak hanya harga mobil saja yang semakin mahal namun juga mengurangi potensi pembelian di daerah. Pasalnya bahan bakar setara Pertamax Plus masih jarang ditemui di luar kota besar, terlebih di luar pulau Jawa.

Source: apa fungsi skyactiv technology pada mazda cx5, mobil mazda mesin apa, mesin mobil mazda, maksud dari sky aktiv tecnology, keunggulan mesin skyactiv-d, kelebihan teknologi skyactiv, fungsi skyactiv di mazda 2, cara kerja skyaktif, cara kerja mesin skyactive mazda, teknologi skyactive mazda, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply