Home Auto News Pertamina Hadirkan Dexlite Bulan Depan, Harga Sekitar Rp 7.000

Pertamina Hadirkan Dexlite Bulan Depan, Harga Sekitar Rp 7.000

0 1163

Harga BBM Dexlite 2016, PT Pertamina (Persero) akan merilis produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru bulan depan. BBM baru dari jenis solar itu diberi nama dexlite. Pertamina dexlite merupakan BBM non subsidi, sama seperti pertalite yang sudah dipasarkan lebih dulu.

“Saya harapkan April sudah keluar,” jelas Ahmad Bambang, yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran Pertamina, dikutip dari DetikOto, Minggu (27/03/2016).

BBM baru ini tentu memiliki harga yang lebih mahal dari solar subsidi. Dexlite nantinya diprediksi akan dijual seharga Rp 7.000 per liter.

“Harganya sekitar Rp 7.000 per liter,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, kehadiran dexlite tentunya bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan solar dengan kualitas lebih baik, namun memiliki harga jual yang ramah di kantong.

Bambang memaparkan, kualitas dexlite akan lebih baik dari solar bersubsidi. Dexlite akan mempunyai angka cetane 51, sedikit di bawah Pertamina Dex yang memiliki angka cetane 53, namun lebih tinggi dari angka cetane solar subsidi yang hanya mencapai 48. Kandungan sulfur dalam dexlite juga lebih rendah, yakni berkisar 1.000-1.200 BPM. Angka tersebut tentu jauh lebih rendah dari solar subsidi yang mencapai 3.000 BPM.

Peluncuran dexlite merupakan bentuk layanan perseroan kepada masyarakat. Sebab, solar subsidi Pertamina yang memiliki kandungan unsur nabati mencapai 20% mendapat keluhan dari konsumen. Solar subsidi dinilai membuat mobil kurang bertenaga. Di sisi lain konsumen juga sulit beralih ke Pertamina Dex karena harganya yang terlalu tinggi.

Kehadiran dexlite tidak akan menghilangkan solar bersubsidi. Dengan demikian angkutan umum tetap dapat menggunakan solar bersubsidi bila dirasa kualitasnya masih mencukupi untuk kendaraan.

Ia menjelaskan, Jawa dijadikan area penjualan tahap pertama. Setelah itu, bila kehadiran dexlite berhasil menarik masyarakat, maka akan dilanjutkan pada tugas-tugas berikutnya.

“Penjualannya Jawa dulu. Kalau ini terobosan itu mengubah pola industri otomotif dan akan banyak kendaraan menggunakan solar,” ujarnya.

 

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply