Home Auto News Isuzu MU-X dan D-Max 2016 Dijanjikan Meluncur di Indonesia

Isuzu MU-X dan D-Max 2016 Dijanjikan Meluncur di Indonesia

0 1107

Mobil Baru Isuzu Indonesia, Isuzu memberikan kejutan menarik pada ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2016 dengan menghadirkan varian baru dua mobil andalannya, yakni MU-X dan D-Max. Model Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah dan pikap andalan Isuzu itu mendapatkan mesin baru, yakni diesel 1.9 liter Ddi.

Hadirnya mobil baru ini ditujukan untuk menggantikan model lama yang mengandalkan mesin berkapasitas 2.5 liter diesel. Tidak sedikit pula yang bertanya kapan kedua model ini meluncur di Indonesia. Terkait hal tersebut, Yohei Kato, General Manager Isuzu Motors International Thailand memiliki kabar baik.

Ia mengatakan, kemungkinan kedua varian tersebut untuk dijual di Tanah Air cukup besar. Sebab MU-X dan Isuzu D-Max terbaru memiliki teknologi yang dianggap baik, bertenaga dan irit bahan bakar. Ketiga hal ini pastinya bisa menjadi nilai tambah bagi persaingan SUV menengah dan pikap kabin ganda di pasar otomotif nasional.

“Saat ini memang hanya untuk pasar domestik Thailand, tapi kami berjanji akan meluncurkannya di Indonesia, melalui dua produk kami, yaitu D-Max dan MU-X,” jelas Kato, sebagaimana dikutip KompasOtomotif.

Hingga saat ini kedua model terbaru itu belum hadir di Indonesia karena terkait regulasi yang berbeda di setiap negara. Kato mengungkapkan, di Indonesia masih menggunakan standar emisi Euro II. Di sisi lain mesin terbaru diesel 1.9 liter Ddi telah memenuhi standar emisi Euro IV. Namun Kato optimis bahwa mesin barunya dapat masuk ke pasar Indonesia.

Isuzu D-MAX 2016 Thailand

Mesin baru Isuzu ini memiliki beberapa kelebihan. Mesin tersebut meraih gelar Car of the Year 2016 di Thailand sebagai The Most Hi-Tech Diesel Engine. Selain itu mesin baru ini menjadi mesin SUV pertama di dunia yang hadir dengan kapasitas 1.900 cc diesel. Isuzu memadukannya dengan transmisi baru New Rev otomatis dan manual 6-percepatan yang turut menjadi daya tarik tersendiri.

Mesin 1.9 liter Blue Power berkode R74E-TC ini diklaim dapat menghembuskan tenaga sebesar 150 kW pada putaran mesin 3.600 rpm dengan torsi maksimum mencapai 350 Nm pada 1.800-2.500 rpm.

“Tetapi ini bukan masalah besar dan kami yakin mesin ini bisa masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang sumber dari Isuzu mengatakan bahwa kemungkinan MU-X dan D-Max terbaru untuk dipasarkan di Tanah Air terbuka lebar. Pasalnya, dilihat dari segi harga seharusnya lebih murah dari varian yang sudah ada karena tidak terkena pajak barang mewah. Di samping itu selain berkapasitas kecil mesin, mesin baru ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dan memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.

“Sekarang gini, mobil mewah seperti BMW, Mercedes-Benz, memang standar emsisinya sudah Euro berapa? Mereka saja bisa, masa kami tidak bisa, jadi tunggu saja,” kata sumber itu.

Di Tanah Air, Isuzu MU-X dipasarkan dengan dapur pacu diesel berkapasitas 2.5 liter VGS Turbo. Model pikap berkabin ganda D-Max juga menggunakan mesin diesel yang sama, yakni berkapasitas 2.5 liter. Mesin dengan sistem turbo variabel geometri dan intercooler tersebut ditemani transmisi otomatis 5-percepatan. Alhasil MU-X dapat menghasilkan daya sebesar 136 dk pada 3.600 rpm dengan torsi puncak 319 Nm pada putaran 1.800-2.800 rpm.

Melihat dimensinya, Isuzu MU-X mempunyai panjang 4.825 mm, dengan lebar 1.860 mm dan tinggi 1.825 mm. Wheelbase atau panjang sumbu rodanya mencapai 2.845 mm dan ground clearance 220 mm.

SUV ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur standar. Antara lain Anti-lock Brake System, Traction Control System, Electronic Brakeforce Distribution, Electronic Stability Control dan Brake Assist. Isuzu juga membenamkan fitur lain seperti jok elektrik, smart key, push button start/stop, rear AC dan rear camera.

Img source: http://motortrivia.com

Source: isuzu mux 2016, Isuzu euro berapa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply