Home Auto News Harga BBM 1 April 2016, Premium dan Solar Turun Rp 500 per...

Harga BBM 1 April 2016, Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

0 1155

Harga BBM Terbaru Bulan April 2016, Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali turun. Pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga BBM jenis premium Rp 500/liter. Kini harga premium menjadi Rp 6.450/liter, dari yang sebelumnya Rp 6.950/liter. Penurunan juga berlaku untuk bahan bakar jenis solar.

“Hari ini memutuskan harga premium semula Rp 6.950 menjadi Rp 6.450, jadi turun Rp 500,” jelas Sudirman Said, selaku Menteri ESDM, sebagaimana dikutip dari DetikOto.

Sudirman mengatakan, harga baru BBM ini berlaku mulai 1 April 2016. “Telah diputuskan harga baru yang akan berlaku 1 April 2016,” ujarnya.

Harga solar juga mengalami penurunan sebesar Rp 500 per liter, dari yang sebelumnya Rp 5.650 menjadi Rp 5.150 per liter. Sedangkan harga minyak tanah tidak berubah, tetap Rp 2.500 per liter.

“Regulasi kita meminta pemerintah untuk tidak melepas harga BBM untuk sepenuhnya ke mekanisme pasar sehingga jaga agar ada stabilitas dan smooth harga yang tidak terlalu tinggi,” kata Sudirman.

Setelah menetapkan harga premium baru ini, pemerintah akan kembali melakukan kajian harga BBM dalam tiga bulan mendatang. Sudirman berharap, harga BBM tidak mengalami kenaikan selama 6 bulan ke depan. “Kita sudah pertimbangkan Juni-Juli  memasuki puasa dan Lebaran. Mudah-mudahan dalam 6 bulan ke depan harga bisa dipertahankan sehingga masyarakat tak terganggu dengan harga yang berfluktuasi,” paparnya.

Lebih lanjut Sudirman menerangkan, dalam penentuan BBM jenis premium dan solar, pemerintah tak melepaskan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Alasannya, tugas pemerintah menjaga agar BBM tetap stabil. Walaupun terjadi kenaikan tidak akan terlalu tinggi.

Sementara itu, Dwi Soetjipto yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina mengatakan, Pertamina siap menjaga agar harga baru premium dan solar dapat bertahan hingga 6 bulan.

“Pertamina sudah siap mempertahankan angka ini sampai September, agar tak ada gejolak dalam kurun waktu 6 bulan ini,” ucap Dwi.

Baca Juga : BBM Baru Dexlite Siap Rilis, Ini Harganya

Source: harga bbm solar 2016, harga bensin mobil premium, harga dexlite bulan juli sampai nopembee, harga mobil solar, mekanisme harga bbm 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply