Home Auto News Yamaha YZF-R1 2016 Raih Penghargaan Desain Sepeda Motor Terbaik

Yamaha YZF-R1 2016 Raih Penghargaan Desain Sepeda Motor Terbaik

0 1493

Superbike Yamaha R1 Terbaru, Perusahaan otomotif asal Negeri Bunga Sakura, Yamaha patut berbangga hati. Pasalnya generasi terbaru YZF-R1 berhasil mengantongi penghargaan dalam ajang Red Dot Design Award 2016. Superbike andalan Yamaha itu meraih penghargaan dalam kategori “The Famous Red Dot Award for Product Design”.

Penghargaan ini bukan kali pertamanya untuk Yamaha R1. Sebelumnya motor baru Yamaha itu juga sukses meraih gelar pada ajang Good Design Award 2015 dan iF Design Award 2016. Beberapa penghargaan yang didapat Yamaha YZF-R1 patut menjadi momen berharga bagi Yamaha.

Hanya saja, yang paling diharapkan untuk menerima penghargaan tersebut adalah versi spesialnya, yakni Yamaha YZF-R1M. Motor ini tidak hanya mempunyai desain yang memukau, namun juga teknologi mesin yang mengesankan. Demikian berdasarkan laporan Autoevolution, yang dilansir KompasOtomotif.

Meski begitu, keberhasilan Yamaha R1 dalam meraih gelar tersebut menjadi bukti bahwa Yamaha mempunyai keahlian yang tak bisa dipandang sebelah mata dalam mengembangkan sepeda motor. Perlu diketahui, Red Dot Design Award merupakan penghargaan bergengsi tingkat dunia terkait dengan desain yang diselenggarakan oleh Design Zentrum Jerman.

Di Tanah Air, Yamaha YZF-R1 diperkenalkan pada Agustus 2015, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Superbike ini dipatok dengan harga Rp 495 juta untuk versi R1. Sementara R1M yang menjadi edisi spesial dilepas dengan harga Rp 645 juta. Motor ini hanya diproduksi 500 unit yang dipasarkan ke beberapa negara. Untuk Indonesia, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air hanya mendapat jatah 5 unit R1 dan 5 unit R1M. Saat ini unit superbike tersebut telah ludes terjual.

Superbike Yamaha ini dirancang dengan mempertimbangkan aspek race on track. Selain itu YZF-R1 juga dijuluki sebagai ‘High Tech Armet Pure Sport’. Motor ini mewarisi teknologi canggih yang terdapat pada motor balap YZR-M1.

Motor Yamaha YZF-R1 2016 2

Yamaha YZF-R1 model terbaru dilengkapi dengan mesin 998 cc. Dapur pacu tersebut mampu melontarkan tenaga sebesar 200 PS. Yamaha telah melakukan perbaikan di sektor pacu, terutama efisiensi intake dan exhaust, penyempurnaan pembakaran, pengurangan gaya gesek dan inersia mass. Itulah mengapa tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar 18 PS dari model pendahulunya.

Yamaha R1 maupun R1Mdilengkapi crossplane crankshaft, finger rocker arm, titanium fracture-split connection rod dan forged aluminium bridge-box piston. Crossplane crankshaft berperan untuk memudahkan kontrol traksi dan power, khususnya ketika cornering dan setelah cornering.

Sementara titanium fracture-split connecting rod membuat bobot motor menjadi ringan dan presisi. Menariknya fitur-fitur ini menjadi pertama di dunia diterapkan pada sepeda motor produksi massal.

Di samping itu Yamaha juga menyertakan finger rocker arm yang membuat performa mesin dan keluaran tenaga menjadi lebih maksimal pada putaran mesin tinggi. Forged aluminium bridge-box piston pada YZF-R1 turut membuat motor menjadi lebih ringan namun sangat kuat.

Agar performanya semakin memuaskan, Yamaha YZF-R1 dilengkapi dengan suspensi yang dibuat khusus oleh Ohlins. Suspensi tersebut mempunyai teknologi electronic racing suspension (ERS) yang dapat diatur-atur sehingga sangat membantu pengendalian saat bermanuver.

Superbike ini juga ibekali sistem kontrol yang terdiri dari inertial measurement unit (IMU), Yamaha Ride Control (YRC) system), speedometer dan communication control unit (CCU). Sensor IMU dapat mendeteksi pergerakan motor secara 3 dimensi. Tujuannya untuk mengetahui posisi dan kondisi motor secara aktual. Sedangkan YRC system merupakan sistem kontrol yang dapat disesuaikan untuk mengontrol pergerakan motor. YRC system mempunyai sejumlah fitur, antara lain Launch Control System (LCS), Lift Control System (LCS), Quick Shift System (QSS), Power Delivery Mode (PWR), Traction Control System (TCS) dan Slide Control System (SCS).

Source: foto motor yamaha yzf R1, foto R15, gambar motor yamaha r 15 keluaran terbaru, keluaran terbaru spd mptor, modifikasi r25 ala yamaha r1, modifikasi yzf r1, pilihan warna yzf r1 versi 2017, spesifikasi harga yamaha mt10 touring, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply