Home Auto News Honda Brio RS 2016 Indonesia Dapat Dipesan, Siapkan Rp 5 Juta

Honda Brio RS 2016 Indonesia Dapat Dipesan, Siapkan Rp 5 Juta

0 2693

Honda Brio RS Indonesia Terbaru, PT Honda Prospect Motor (HPM) diketahui tengah menyiapkan Brio facelift. Informasi ini terungkap sejak Februari 2016 kemarin, tepatnya saat HPM mendaftarkan di database Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT). City car tersebut kabarnya akan hadir dalam pilihan tipe dan transmisi yang baru, yakni RS dengan transmisi continuously variable transmission (CVT).

Menurut laporan KompasOtomotif, mobil baru Honda ini sudah dapat dipesan oleh konsumen. Bagi yang berminat, Honda Brio RS dapat dipesan dengan menyetor uang tanda jadi senilai Rp 5 juta.

“Pemesanan Brio RS sudah dimulai, konsumen hanya diminta membayar uang tanda jadi sebesar Rp 5 juta,” ujar seorang pramuniaga Honda di Jakarta yang enggan menyebutkan identitasnya itu, Minggu (03/04/2016).

Sayangnya tenaga penjual tersebut belum bisa memberikan kepastian mengenai harga Honda Brio RS. Tetapi diprediksi harganya akan lebih tinggi Rp 3 juta sampai Rp 5 juta dibanding versi pendahulunya.

“Uang tanda jadi itu hanya untuk mengambil nomor antre. Sebab, barangnya akan dikirim ke tangan kosumen Juni 2016,” terang pramuniaga tersebut.

Ia mengatakan, Honda Brio facelift sudah dapat dilihat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang akan diselenggarakan 7-17 April mendatang. Selain Brio facelift, masyarakat juga sudah dapat melihat tipe RS.

Sebagai informasi, Honda Brio saat ini berada di dua segmen, yaitu Brio Satya yang berada di segmen low cost green car (LCGC) dan Brio 1.2L yang bersaing di segmen city car atau mobil perkotaan. HPM menawarkan lima pilihan, tiga untuk model LCGC (A, S dan E) dan dua untuk model city car (S A/T dan E A/T).

Harga Honda Brio Satya di Tanah Air dipatok mulai Rp 118,9 juta sampai Rp 129,9 juta. Sementara Brio versi city car dibanderol mulai Rp 150,6 juta hingga Rp 158,6 juta.

Sementara itu, tipe yang didaftarkan HPM di database TPT adalah Brio RS 1.2 CVT CKD. Huruf ‘RS’ pada tipe tersebut diperkirakan menjadi identitas varian tertinggi Brio 1.2L. Hal ini mengacu pada Honda Jazz dan Mobilio yang sama-sama memiliki varian RS sebagai tipe tertinggi. Di samping itu, Honda juga diketahui mendaftarkan Brio RS 1.2 MT CKD yang baru saja selesai diuji. Statusnya ‘selesai’ pada 22 Februari 2016 kemarin.

Beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa Honda Brio RS akan mengadopsi dasbor yang sama persis dengan milik Honda BR-V. Menurut bocoran yang disampaikan seorang sumber, selain mengusung transmisi CVT dan wajah model MPV Honda Mobilio, Brio RS juga dibekali dengan dasbor berdesain mirip dengan BR-V. Dikatakan mirip karena Honda melakukan beberapa penyesuaian.

“Interiornya persis dengan BR-V dan Mobilio, hanya beda di warna interiornya,” kata sang sumber.

Ia melanjutkan, grille Honda Brio untuk varian selain RS tetap sama dengan model sebelumnya. Hanya saja, khusus untuk tipe RS Honda akan mempercantiknya dengan aksen hitam yang akan menciptakan kesan sporty. Sementara model LCGC Brio Satya akan tampil dengan aksen krom pada grille.

Baik Honda Brio maupun Brio Satya dilengkapi dengan mesin 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin berkapasitas 1.198 cc itu dapat menghasilkan tenaga hingga 88 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 109 Nm pada 4.500 rpm.

Untuk Honda Brio Satya mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Sementara city car Brio 5 percepatan A/T.

Melihat dimensinya, mobil bertubuh mungil ini mempunyai panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Sementara untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.345 mm.

Img source: http://autonetmagz.com

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply