Home Auto News Motor Baru Honda Akan Dilengkapi Fitur Blind Spot Monitoring

Motor Baru Honda Akan Dilengkapi Fitur Blind Spot Monitoring

0 1022

Fitur Keselamatan Motor Honda, Diam-diam produsen motor asal Jepang, Honda telah mengajukan hak paten sistem blind spot monitoring untuk sepeda motor. Blind spot monitoring merupakan sebuah fitur keselamatan yang akan memberitahu pengendara saat kendaraan yang digunakan mendekati kendaraan lainnya di area blind spot (titik buta). Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan lebih baik kepada pengendara motor saat berdekatan dengan mobil, bus, truk atau kendaraan lainnya.

Sejumlah gambar paten terbaru dari Honda VFR1200F terungkap. Motor baru tersebut dilengkapi dengan teknologi blind spot monitor. Sistem tersebut menggunakan kamera dan radar gelombang milimeter untuk mengetahui benda-benda yang ada di sekelilingnya. Di samping itu fitur keselamatan itu juga akan memberikan peringatan secara visual ataupun taktil bila biker akan belok ke arah yang sama seperti kendaraan di sekitarnya.

Menurut laporan Motorcycle.com, yang dilansir MesinBalap, sensor blind spot akan melakukan pemantauan 360 derajat secara konstan di sekeliling sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kendaraan, pejalan kaki maupun hambatan lain mendekat. Saat biker mengaktifkan lampu sein, sistem akan merespon secara taktil dengan menambah resistan terhadap saklar lampu sein.

Fitur Honda Blind Spot Monitoring 2

Selain itu Honda juga merancang indikator visual untuk menunjukkan letak hambatan yang bersifat relatif terhadap sepeda motor. Indikator tersebut akan disematkan ke dalam panel instrumen atau menjadi perangkat terpisah yang bisa dipasang di sekitar area stang. Dengan begitu  peranti tersebut dapat dijual sebagai aksesoris opsional.

Pada gambar paten tersebut juga dapat diketahui adanya sejumlah motor haptic kecil yang diletakkan di handgrip, footstep, jok dan di sekitar tangki bahan bakar. Motor haptic tersebut dapat membuat getaran kecil ke arah objek yang terdeteksi, kemudian memberikan peringatan secara taktil. Kabarnya sistem blind spot monitoring itu tidak hanya diperuntukkan VFR1200F saja, namun juga beberapa produk Honda lainnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply