Home Balap Perbandingan Spesifikasi Mesin 3 Tim Calon Juara MotoGP 2016

Perbandingan Spesifikasi Mesin 3 Tim Calon Juara MotoGP 2016

0 6092

Spesifikasi Motor MotoGP 2016, MotoGP Argentina 2016 telah usai dilakukan. Mar Marquez dari tim Repsol Honda memimpin klasemen sementara dengan perolehan 41 point. Sementara di peringkat kedua ditempati Valentino Rossi, disusul Dani Pedrosa di urutan keempat. Sementara Jorge Lorenzo berada di peringkat keempat dan Andrea Dovizioso menjadi penutup lima besar.

Ada tiga tim yang menduduki posisi lima besar, yakni Honda, Yamaha dan Ducati. Ketiga tim tersebut digadang-gadang menjadi calon kuat juara MotoGP musim 2016. Alasannya, semua tim memiliki pembalap yang berpengalaman dan sudah teruji dari sekian tahun terjun di dunia balap MotoGP.

Tidak hanya itu, spesifikasi motor balap yang mereka gunakan juga mumpuni. Wajar saja, ketiga tim di atas merupakan pabrikan sepeda motor ternama yang sudah memiliki sejarah panjang di ranah otomotif. Lalu bagaimana komparasi spesifikasi mesin ketiga tim tersebut? Berikut akan diulas lebih jauh perbandingan ketiganya.

Dari informasi yang didapat di situs resmi Yamaha Racing, YZR-M1 dipersenjatai dengan mesin 1.000 cc liquid cooled inline four-cylinder with crossplane crankshaft yang dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan. Berbekal mesin tersebut, motor balap ini diklaim dapat menghasilkan tenaga lebih dari 240 hp.

Sementara Ducati Desmosedici GP mengusung dapur pacu berkapasitas 1.000 cc liquid-cooled, V4, four-stroke, DOHC, four valves per cylinder. Mesin tersebut mempunyai tenaga lebih dari 245 hp. Sementara kecepatan maksimumnya diklaim lebih dari 340 km/jam.

Honda RC213V MotoGP 2016

Baca Juga : 5 Motor MotoGP 2016 Dengan Desain Terbaik

Lalu untuk Honda RC213V mengandalkan mesin 1.000 cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 4 vale V-4. Berbekal mesin itu motor balap tim Repsol Honda ini dapat mengeluarkan tenaga hingga lebih dari 241 hp.

Bila dicermati, spesifikasi ketiga mesin tim MotoGP itu nyaris sama. Satu hal yang perlu diingat, spesifikasi mesin motor bukanlah satu-satunya faktor penentu apakah pembalap bisa menjadi yang pertama menyentuh garis finish atau tidak.

Ada beberapa faktor lain, seperti aspek kendaraan lainnya. Contohnya adalah berat kendaraan, electronic control, winglet, skill mengemudi dari pembalap, pole position dan faktor keberuntungan yang tidak dapat diperhitungkan dengan angka.

Raon Forcada, kepala tim mekanik Jorge Lorenzo mengklaim bahwa Yamaha lebih baik dari Honda, terutama di musim balap tahun lalu. Ia menuturkan, YZR-M1 mempunyai pijakan motor yang lebih baik dan tenaga yang jauh lebih efisien dari Honda RC213V yang digunakan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Dari ketiga tim tersebut, siapakah yang nanti akan menjadi jawaranya? Mari kita nantikan bersama di MotoGP 2016.

Baca Juga : Daftar Gaji Pembalap MotoGP 2016

Source: spesifikasi mesin moto gp, spesifikasi moto gp, spesifikasi motor gp, spesifikasi motor motogp, spesifikasi motor moto gp, Mesin moto gp, spesifikasi motogp, spesifikasi mesin motogp, mesin motogp 2016, mesin motogp, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply