Home Balap Mobil Balap Manor dan Mercedes AMG F1 2016, Apa yang Beda?

Mobil Balap Manor dan Mercedes AMG F1 2016, Apa yang Beda?

0 3723

Perbedaan Mobil Balap Mercedes dan Manor, Pada bulan Oktober tahun lalu, Manor Racing memberikan konfirmasi bahwa pihaknya akan memakai mesin milik Mercedes AMG PU106C Hybrid. Hal ini merupakan kemajuan besar bagi tim balap F1 yang dinaungi oleh Rio Haryanto. Pasalnya mesin tersebut telah terbukti mampu mengantarkan Lewis Hamilton menjadi juara dunia Formula 1 dua tahun berturut-turut.

Perlu diketahui, jet darat milik tim Mercedes AMG diberi nama Mercedes F1 W05 Hybrid. Sementara mobil balap Manor Racing bernama Manor MRT05. Meski mengusung mesin yang sama, terdapat perbedaan di antara keduanya. Berikut akan dibahas lebih jauh seputar kedua mobil balap tersebut.

Pertama-tama mari kita lihat dapur pacunya. Mercedes F1 W05 Hybrid dan Manor MRT05 memiliki spesifikasi mesin yang sama persis. Mesin Mercedes PU106C Hybrid memiliki kapasitas sebesar 1,6 liter, dipadukan dengan turbocharger dan motor listrik.

Bila mesin V6 dan motor listrik disatukan, tenaga yang dikeluarkan bisa menembus 850 hp pada putaran mesin 15.000 rpm. Lalu untuk torsi maksimumnya mencapai 495 N pada 11.500 rpm. Mesin yang sama juga digunakan tim Williams.

Penggunaan mesin Mercy AMG oleh Manor juga disertai dengan bahan bakar dan pelumasnya. Tim Manor juga mengandalkan bahan bakar Petronas Primax dan Petronas Syntium & Tutela.

Selanjutnya adalah perbedaan dari kedua mobil balap ini. Perbedaan keduanya terdapat pada sasis. Manor telah membuat sendiri komponen ini yang diberi nama Manor Racing moulded composite with aluminium honeycomb core. Sedangkan tim Mercedes mengandalkan sasis Moulded carbon fibre & Honeycomb composite structure.

Lalu untuk suspensinya, Mercy AMG sudah memakai suspensi buatannya sendiri yang terbuat dari bahan karbon fiber. Sedangkan tim Manor masih mengandalkan suspensi dari tim Williams, terutama untuk suspensi bagian belakang. Manor Racing juga menggunakan gearbox delapan percepatan dari tim Williams.

Perbedaan lain dari jet darat Mercy AMG dan Manor Racing terdapat pada bagian rem. Manor memakai produk AP Racing, sementara tim Mercy AMG mengandalkan rem lansiran Brembo. Kokpit dan pelek keduanya juga memiliki perbedaan. Sementara untuk rodanya menggunakan Pirelli yang menjadi ban standar F1 musim 2016.

Bagian-bagian tertentu dari mobil balap F1 diperbolehkan untuk terus diubah sepanjang musim balap. Hal ini ditujukan untuk menghasilkan kinerja yang lebih maksimal. Rio Haryanto beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan bahwa mobil yang ia gunakan semakin baik. Semoga pembalap berusia 23 tahun itu bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang balap bergengsi tersebut.

Source: mesin mercedes f1 2016, spesifikasi mesin f1 2016, spesifikasi mobil f1 2016, Mobil mercedes f1 2016, perbandingan gambar mobil f1 2017, perbedaan f1 2016 dan 2017, tim mercedes petronas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply