Home Auto News Intip Tampilan dan Fitur Unggulan Motor Listrik Garasindo-ITS

Intip Tampilan dan Fitur Unggulan Motor Listrik Garasindo-ITS

0 1686

Motor listrik Garasindo Terbaru, Baru-baru ini video motor listrik Garasindo saat sedang menjalani uji ringan beredar di jagat maya. Seperti yang diketahui, sejak tahun lalu Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bekerja sama untuk menghadirkan motor listrik nasional.

Dilansir dari KompasOtomotif, Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS mengungkapkan bahwa motor tersebut belum memiliki nama. Dalam pengembangan desainnya, ITS terinspirasi dari model skuter matik Jepang. Dimensi motor listrik ini seukuran Honda Vario.

Bila melihat fotonya, kemiripan motor listrik tersebut dengan Vario tidak hanya terlihat pada dimensinya. Wajah depan motor ini juga terlihat mirip, meski ITS telah mengubah bentuk lampu depan dan lampu sein berdesain garis di tepi. Bagian belakang juga tak kalah menarik dengan lampu sein model garis.

Melihat sektor kaki-kakinya, motor listrik Garasindo-ITS tampak mengadopsi desain pelek yang serupa dengan Kawasaki Ninja. Pelek tersebut berukuran 17 inci dan dibalut dengan ban profil lebar. Baik roda depan maupun belakang dibekali sistem pengereman cakram. Sementara untuk penggerak rodanya menggunakan tipe belt seperti Zero Motorcycles.

Motor listrik nasional ini mengandalkan baterai berkapasitas 7 kWh sebagai sumber tenaga yang dibenamkan di bawah jok. Perlu diingat, motor ini tidak memerlukan bahan bakar sehingga tidak dijumpai knalpot untuk pembuangan gas. Alhasil motor listrik ini menjadi lebih ramah lingkungan.

Skutik Listrik Garasindo-ITS 2

Menurut Muhammad, bila baterai dalam keadaan penuh, motor diklaim dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 100 km. “Saya baru bisa bilang secara data, karena kita belum melakukan uji coba jarak jauh hanya baru sekitaran kampus. Baterai pada motor mampu menempuh jarak hingga 100 km sekali isi daya,” jelasnya, dilansir dari Viva.

Ia melanjutkan, motor listrik ini dapat dipacu hingga kecepatan 100-110 km/jam. “Kalau dari hasil simulasi kami, motor ini mampu menempuh kecepatan hingga 100 sampai 110 km per jam. Tapi untuk realnya kita masih belum melakukan uji coba,” imbuhnya.

Di samping itu, tambah Muhammad, untuk jangka waktu pengisian daya baterai, motor listrik Garasindo-ITS ini dapat diisi seperti peralatan elektronik lainnya yang ada di rumah. Pengisian daya baterai hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

“Garasindo menginginkan pengisian baterai itu sangat mudah. Baterai dicopot sehingga pemilik yang menggunakan nanti tidak perlu menghabiskan waktu mengisi daya. Jadi baterai berisi penuh akan dijual dan pemilik hanya perlu mendatangi tempat pengisian lalu mengganti baterai dengan yang telah berisi penuh. Kami buat semudah mungkin untuk pemilik kendaraan. Kalau mau diisi di rumah hanya 4 jam, caranya sama seperti penggunaan alat elektronik,” paparnya.

Sementara itu, CEO Garasindo, Muhammad Al Abdullah mengatakan bahwa motor listrik tersebut siap diuji dengan menempuh jarak sejauh 3.000 km.

“Sebentar lagi akan ada uji coba dengan jarak 3.000-5.000 km. Ini benar-benar buatan Indonesia, bukan comotan dari China,” jelas pria yang memiliki sapaan akrab Memet itu, dikutip dari Liputan6.

Ia mengatakan, sebagian besar komponen motor tersebut sudah dibuat sendiri oleh tim dari ITS Surabaya. “Hanya baterai dan bannya saja yang kami ambil dari luar,” ucapnya.

Motor listrik ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Salah satunya adalah instrumen berbasis smartphone. Selain itu rencananya Garasindo juga akan menyiapkan jaringan pengisian dan penggantian baterai.

“Untuk smartphone itu bisa berfungsi sebagai speedometer, tinggal plug and play. Jadi di situ pengendara bisa tahu informasi kapasitas baterai dan kecepatan,” beber Memet.

Img source: http://otomotif.kompas.com

Source: cara merawat skuter matik buatan ITS, motor listrik mirip vario, motor listrik Indonesia its, motor listrik dengan model mirip mobil, motor listrik buatan its, MOTOR LISTRIK BEKAS, motor listrik 2016, montor vario garansindo, matik listrik, its motor listrik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply