Home Auto News Mobil Toyota Sienta 2016 Indonesia Resmi Melantai di IIMS

Mobil Toyota Sienta 2016 Indonesia Resmi Melantai di IIMS

0 1102

Mobil Terbaru Toyota Sienta Indonesia, Setelah cukup lama menanti, akhirnya masyarakat Indonesia dapat melihat wujud Toyota Sienta di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memenuhi janjinya dengan menghadirkan mobil baru tersebut di ajang tahunan itu. Menariknya TAM langsung memamerkan tiga tipe berbeda Sienta kepada para pengunjung pameran.

“Hari ini kami memberikan kejutan untuk masyarakat Indonesia yaitu Sienta,” kata Hiroyuki Fukui, President Director PT TAM, dalam kata sambutannya saat memperkenalkan Toyota Sienta di booth Toyota hall A2 A3 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Toyota Sienta sejatinya merupakan sebuah multi activity vehicle (MAV) yang didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya. Tidak hanya fungsional, rival Honda Freed ini juga mengusung desain yang dinamis dan modern.

“Sienta ini akan diproduksi di Karawang, Jawa Barat dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi. Yang lebih membanggakan, Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang, yang memproduksi Toyota Sienta,” ungkap Henry Tanoto, yang menjabat sebagai Vice President Director PT TAM, sebagaimana dilansir dari laman Bisnis.

Toyota membekali mobil ini dengan sejumlah fitur dan teknologi. Di antaranya power sliding door, dive-in seat dan transmisi CVT. Henry mengatakan, walaupun berdaya muat tujuh penumpang, Toyota Sienta mempunyai style yang berbeda dari multi purpose vehicle (MPV) pada umumnya. Mobil yang sebelumnya hanya dijual di Jepang ini menyajikan life style yang unik dan teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan pasar otomotif di Indonesia.

“Sienta adalah yang terbaik di kelasnya dalam hal noise, vibration, ride comfort, handling stability dan brake performance untuk di kelasnya. Mobil ini dilengkapi CVT 7 speed transmission, juga pertama di kelasnya,” jelasnya.

Henry menambahkan, Toyota Sienta dijual dalam empat pilihan tipe, antara lain E, G, V dan Q. Mobil keluarga ini mengandalkan dapur pacu berteknologi baru, yakni NR Engine. Menariknya, mesin generasi terbaru ini diproduksi secara lokal.

“Engine Sienta diproduksi secara global di Indonesia di TMMIN Karawang Plant 3. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik engine paling canggih milik Toyota di dunia,” ungkap Henry.

Agar sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia, Toyota menyesuaikan spesifikasi Sienta. Salah satunya adalah ground clearance yang dibuat lebih tinggi menjadi 170 mm. Itu artinya, Toyota Sienta untuk Indonesia mempunyai ground clearance yang lebih tinggi 25 mm dari yang dijual di Jepang.

“Kehadiran Sienta diharapkan mampu menorehkan kinerja yang bak bagi Toyota, sekaligus memberikan angin segar bagi pengembangan pasar industri otomotif nasional,” kata dia.

Di Indonesia, Toyota Sienta akan dijual mulai Rp 230 juta sampai Rp 295 juta. “Harganya mulai Rp 230 juta hingga Rp 295 juta,” beber Henry.

I Made Dana Tangkas, Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, mobil baru Toyota ini memiliki kandungan komponen lokal hingga 80 persen. “Ini unit baru, jadi local content baru 80 persen, kedepannya akan terus ditambah,” ungkapnya.

Toyota Sienta memiliki tampilan eksterior yang memikat, dengan grille cukup besar yang ditemani headlamp menyamping dan terhubung dengan foglamp. Sementara di bagian interior, mobil ini memiliki konfigurasi kursi 5+2, yang mana kursi baris kedua dan tiga dapat dilipat.

Mesin 1,5 liter dual VVT-i yang dibenamkan pada mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 107 hp dengan torsi 14,6 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis 7-percepatan dan manual 6-percepatan.

Toyota Sienta memiliki fitur yang mirip dengan unit yang ada di Jepang. Hanya saja, di Negeri Samurai itu Sienta tidak memiliki transmisi manual.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Resmi Toyota Sienta 2016

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply