Home Auto News Harga Pertamina Dexlite Rp 6.750/liter, Ini Spesifikasinya

Harga Pertamina Dexlite Rp 6.750/liter, Ini Spesifikasinya

0 995

Harga BBM Pertamina Terbaru, PT Pertamina (persero) resmi merilis bahan bakar minyak (BBM) baru, yakni Dexlite. BBM baru ini ditujukan untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia. Pihak Pertamina menjual Dexlite dengan harga Rp 6.750 per liter dan siap dijual di SPBU Pertamina mulai 15 April 2016.

Harga BBM Dexlite lebih murah bila dibandingkan dengan Pertamina Dex yang dibanderol Rp 8.600 namun sedikit lebih mahal dari solar biasa yang dijual Rp 5.150. Dengan demikian, bila dilihat dari segi penempatan, Pertamina Dex berada di urutan tertinggi, sementara Dexlite di tengah dan solar subsidi paling bawah.

Dikutip dari KompasOtomotif, Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina menerangkan, untuk tahap awal akan dilakukan market test di 33 SPBU wilayah Jabodetabek. Rencananya Pertamina Dexlite mulai dijual 15 April 2016, dilanjut ke tahap I pada Mei di Jawa, tahap II Juni di Sumatera Utara dan Kalimantan, dan ketiga Agustus di Sumatera Selatan dan Sulawesi.

“Apabila animo konsumen cukup besar, akan dilakukan roll out Dexlite di seluruh SPBU di Indonesia,” kata Wianda, dalam keterangan resmi, Selasa (12/04/2016).

Wianda menambahkan, target pemasaran sekitar 100.000 kiloliter (KL) dan ditujukan untuk konsumen yang selama ini masih menggunakan solar 48. Kendaraan diesel yang memiliki teknologi common rail dinilai cocok dengan BBM tersebut.

Spesifikasi

Pertamina Dexlite mempunyai Cetane number minimal 51 dan mengandung sulfur 1200 part per million (PPM). Angka tersebut lebih rendah dari Pertamina Dex yang memiliki Cetane number minimal 53 dan kandungan sulfurnya di bawah 300 part per million (PPM). Akan tetapi Dexlite lebih baik dari solar 48.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil apa saja yang dapat menggunakan Pertamina Dexlite?

Afandi, Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) mengatakan, targetnya adalah mobil-mobil seperti Toyota Fortuner lama, Mitsubishi Pajero Sport, serta Toyota Kijang lama.

“Sulfurnya masih tinggi 1.200 ppm, jadi kendaraan seperti Mercedes-Benz, BMW, Mitsubishi Pajero Sport baru, Toyota Fortuner baru, Hyundai Santa Fe, dan Isuzu MU-X yang diisi solar subsidi langsung nyala indikator filternya sebaiknya jangan pindah ke Pertamina DEXlite,” jelas Afandi, yang dijumpai di The Hermitage, Menteng, Jakarta.

Afandi melanjutkan, sama seperti kehadiran Pertalite untuk bahan bakar bensin yang akan menggeser konsumen Premium Dexlite diharapkan sanggup menggerus penggunaan solar bersubsidi.

“Jika konsumen solar bersubsidi sudah merasakan bunyi dan performa yang lebih halus ketika menggunakan DEXlite, diharapkan konsumen akan terus bergeser dari solar bersubsidi,” ungkapnya.

Perlu diingat, dengan kandungan sulfur 1200 ppm, Pertamina Dexlite masih berstandar Euro 1. BBM ini tidak cocok untuk mobil baru, seperti Toyota All New Kijang Innova dan All New Fortuner. Sebab kedua mobil tersebut sudah berstandar Euro 2. Bila dipaksakan, mobil dapat mengalami masalah.

Menurut informasi yang didapat dari Viva, salah satu gejala yang muncul pada mobil berstanar Euro 2 bila dipaksakan menggunakan BBM berstandar Euro 1 adalah muncul lampu indikator menyala di dasbor. Lampu tersebut berfungsi untuk memberi tahu pengemudi bahwa sistem penyaring partikel berbahaya yang terpasang pada knalpot tidak dapat bekerja maksimal.

Hal teresbut terjadi lantaran kandungan sulfur yang disaring jauh lebih tinggi dari spesifikasi penyaring. Jika dibiarkan, penyaring bisa mengalami kerusakan dan mobil dapat mengeluarkan gas buang berbahaya.

Di bawah ini adalah daftar kendaraan yang direkomendasikan menggunakan Pertamina Dexlite:

  • Chevrolet Captiva dan Colorado
  • Hyundai H-1 CRDI
  • Isuzu D-Max dan Elf
  • Kia Pregio & Carnival
  • Mitsubishi Triton dan Pajero Sport non-VGT
  • Nissan Frontier
  • Peugeot XUD-9
  • Renault Duster
  • Tata Aria
  • Toyota Hiace, Commuter, Innova dan Fortuner non-VNT
  • Semua merek dan tipe truk

Source: pemakaian dexlite di pajero dakar, minyak dexlit cocok untk kendaraan, mana yg lebih baik pakai dexlite atau dex utk all new fortuner, innova 2016 sebaiknya pakai solar atau pertamina dex, harha bbm pertamina ppm, harga pertadex sumsel 2017, fortuner 2016 berbahan bakar dexlite, fortuner 2012 lebih baik dexlite atau dex, dexlite untuk new fortuner 2016, dexlite digunakan jenis kendaran apa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply