Home Auto News MPV Murah Baru Daihatsu 2016 Gunakan Mesin 1.2 Liter?

MPV Murah Baru Daihatsu 2016 Gunakan Mesin 1.2 Liter?

0 1937

Mobil MPV Baru Daihatsu, Kabar mengenai rencana kelahiran mobil baru Daihatsu kembali berhembus. Dari informasi yang didapat laman Otomotifnet, kemungkinan besar mobil baru tersebut adalah MPV murah yang mengisi kelas Low Cost Green Car (LCGC).

Dugaan tersebut muncul bukan tanpa alasan. Bila melihat Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan (TPT Online) Kemenperin, Daihatsu diketahui mendaftarkan mobil dengan kode DAIHATSU B401RS-GMQFJ 1.2 (4X2) M/T dan DAIHATSU B401RS-GMZFJ 1.2 (4X2) M/T.

Kode tersebut merujuk pada Daihatsu Ayla. Akan tetapi ada hal menarik dari kode tersebut. Selaman ini Daihatsu Ayla tidak memiliki versi mesin berkapasitas 1.2 liter. Selain itu seluruh mobil Daihatsu yang dijual di Indonesia juga tidak ada yang menggunakan mesin 1.2 liter.

Tidak menutup kemungkinan mobil tersebut merupakan MPV murah Daihatsu yang dikembangkan bersama dengan Toyota. Salah seorang sumber mengungkapkan bahwa MPV murah Daihatsu sudah siap. Hal ini bisa menjadi kabar baik bagi konsumen MPV di Tanah Air.

Dengan begitu, kemungkinan mesin 1.2 liter digunakan untuk MPV murah Daihatsu. Sekedar informasi, Daihatsu Ayla sendiri mengandalkan mesin 1.0 liter. Sementara Daihatsu Sirion yang paling dekat mengandalkan mesin berkapasitas 1.3 liter.

Mesin 1.2 liter tersebut bisa jadi meminjam dari mesin Toyota Etios yang juga memiliki kapasitas 1.2 liter. Hanya saja belum diketahui apakah mesin tersebut sudah mengusung VVT-i atau belum.

“Dikabarkan dalam tahap persiapan menuju produksi dan kemungkinan meluncur juga di semester kedua tahun 2016 bisa di GIIAS 2016,” jelas seorang sumber.

Sayangnya untuk soal penamaan, hingga saat ini belum ada bocoran lebih jauh. Sebenarnya nama Ayla sudah cukup untuk penamaan MPV murah Daihatsu. Sebab nama tersebut sudah mengandung unsur Indonesia. Sehingga Daihatsu hanya tinggal menambahkan nama belakangnya saja.

“Sampai saat ini sedang dibicarakan serius. Pastinya kapan dipasarkan maaf, saya belum tau. Namun pasti tahun ini,” kata sumber.

Meski belum ada keterangan pasti mengenai peluncurannya, banyak yang memprediksi mobil tersebut akan hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung bulan Agustus mendatang.

Ia menambahkan bahwa nantinya mobil tersebut akan hadir sebagai mobil LCGC yang disebut ‘Ayla 7 seater’. “Semua sudah siap kok, pabrik juga sudah siap,” ungkapnya.

MPV murah Daihatsu nantinya diprediksi akan dijual dengan harga Rp 130 jutaan hingga Rp 170 jutaan. Rentang harganya berada di atas Ayla dan di bawah model MPV Daihatsu Xenia.

Sebelumnya tersiar kabar bahwa MPV murah Daihatsu akan mengadopsi model konsep UFC. Mobil ini sempat dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Daihatsu UFC-3 memiliki panjang 3.900 mm, lebar 1.690 dan tinggi mencapai 1.620 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.750 mm. Jika diperhatikan, dimensinya hampir sama dengan Daihatsu Xenia yang mempunyai panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi mencapai 1.685 mm.

Mobi ini memiliki tampilan eksterior yang cukup menarik. Terdapat lampu DRL (Datime Running Light). Sementara bagian belakang dilengkapi lampu LED yang memperkuat kesan modern. Daihatsu juga menyematkan spion berdesain sporty pada UFC-3.

Di sisi interior, model konsep ini memiliki kenyamanan yang baik untuk para penumpangnya. Daihatsu menyertakan kursi empuk dan nyaman sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman, meski menempuh jarak jauh.

Di bagian dashboard terdapat monitor mini yang berfungsi sebagai kontrol hiburan. Daihatsu juga menyertakan tuas persneling di bagian dashboard. Selain itu tersedia pula layar LCD pada kursi baris kedua untuk hiburan bagi penumpang.

Source: mpv daihatsu, mobil daihatsu murah, mobil mpv murah terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply