Home Auto News Perbandingan Spesifikasi Lengkap Toyota Sienta dan Honda Freed 2016

Perbandingan Spesifikasi Lengkap Toyota Sienta dan Honda Freed 2016

0 3186

MPV Honda Freed vs Toyota Sienta, Honda Freed yang dijual di Indonesia mendapat rivl baru, yakni Toyota Sienta. Mobil baru andalan Toyota ini resmi meluncur pada 7 April 216 di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Berstatus sebagai pendatang baru, Toyota Sienta harus memiliki sejumlah keunggulan untuk melawan sang kompetitor, Freed yang sudah hadir sejak 2009 silam. Di samping itu, segmen MPV yang dihuni Sienta dan Freed masih kalah peminat bila dibandingkan dengan model low MPV.

Untuk itu Toyota Sienta menawarkan sejumlah fitur unggulan yang membuatnya layak untuk dilirik. Bila Anda berkeinginan untuk membeli mobil baru, Honda Freed dan Toyota Sienta bisa menjadi pilihan menarik untuk kelas MPV dengan harga Rp 230-290 juta. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan Toyota Sienta dan Honda Freed.

1. Eksterior

Toyota Sienta

Toyota Sienta hadir di Indonesia dalam empat pilihan tipe, yakni E, G, V dan Q. Seluruh tipenya sudah dibekali dengan pintu geser, rem cakram depan dan belakang, serta sensor parkir. Sementara untuk tipe Q, V dan G Toyota melengkapinya dengan fitur power sliding door yang memudahkan penumpang untuk masuk atau keluar dari mobil.

MPV ini juga mengusung fitur retractable outer mirror dan pelek alloy 16 inci dengan perpaduan warna. Fitur tersebut hanya Anda jumpai pada tipe Q dan V.

Melihat dimensinya, Sienta mempunyai panjang 4.235 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm.

Toyota Sienta memiliki tujuh varian warna bodi, antara lain dark brown mica metallic, quartz brown metallic, orange metallic, super white, silver metallic, gray metallic, dan attitude black mica.

Honda Freed

Honda Freed 2016 Indonesia

Mobil ini terakhir kali mendapat penyegaran pada tahun 2014. Honda Freed dijual dalam dua tipe, yaitu S dan E. Melihat eksteriornya, mobil ini dipermanis dengan grille krom yang dikombinasikan dengan headlight reflector. Honda juga membekali MPV ini dengan fitur power sliding door, berikut remote control. Lantai kabinnya dibuat rata sehingga memudahkan pengguna untuk keluar maupun masuk kabin.

Pintu mobil keluarga ini memiliki fitur fuel lid auto lock safety system yang mencegah power sliding door terbuka penuh ketika tangki bensin sedang terbuka. Sementara hadirnya fitur power retractable door mirror dengan lampu sein memungkinkan kaca spion terlipat otomatis dengan satu sentuhan.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi mencapi 1.740 mm. Melihat sektor kaki-kaki, Honda Freed mengandalkan pelek 15 inci.

Khusus tipe E, Honda melengkapinya dengan fitur kamera parkir belakang. Sementara tipe S memiliki tambahan lampu kabut. Honda Freed ditawarkan dalam lima pilihan warna, yaitu premium cosmic violet pearl, taffeta white, alabaster silver metallic, crystal black pearl, dan polished metal metallic.

2. Interior

Toyota Sienta

Kabin mobil ini memiliki corak batik di list dasbor yang menjadi daya tarik tersendiri dari Sienta. Seluruh tipe memiliki bangku baris ketiga. Hanya saja Toyota tidak menawarkan bangku model captain seat. Akan tetapi setidaknya hal tersebut membuat baris kedua dapat diisi oleh tiga penumpang. Toyota Sienta juga memiliki ruang penyimpanan barang bawaan yang terdapat di bawah jok, belakang jok, dasbor dan dinding pintu.

Untuk tipe Q dan V, Toyota membekalinya dengan setir berbalut kain yang memiliki tombol pengaturan audio di bagian tengahnya. Toyota juga menyertakan tombol start dan stop untuk menghidupkan mesin mobil.

Khusus untuk tipe Q, terdapat layar MID pada panel instrumen cluster dan new dual-layer dashboard dengan three dimensional panel design. Di samping itu ada pula fitur AC double blower, sistem audio head unit layar sentuh dan pilihan warna kabin. Fitur tersebut terdapat di hampir semua tipe Toyota Senta, kecuali tipe E.

Honda Freed

Di sisi kabin, MPV Honda ini menawarkan dasbor dengan desain bertingkat. Pada jok baris kedua terdapat kursi model captain seat. Kursi ini akan memberikan kemudahan kepada penumpang untuk berpindah posisi ke jok baris ketiga.

Selain itu Honda menyertakan sistem audio yang mengadopsi head unit layar sentuh. Lalu untuk setirnya juga sudah dilengkapi tombol pengatur audio mobil. Honda Freed juga dilengkapi dengan jok Isofix.

3. Mesin

Toyota Sienta

Toyota mempersenjatai mobil ini dengan mesin baru berkode NR. Mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin NR berkapasitas 1,5 liter tersebut dapat melontarkan daya hingga 107 ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 14,3 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Mesin baru tersebut diklaim bertenaga dan ramah lingkungan.

Honda Freed

MPV ini diperkuat dengan mesin i-VTEC 1,5 liter. Tenaga yang dapat dihembuskan mesin tersebut mencapai 118 ps dengan torsi 14,9 kgm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi lima percepatan. Honda mengklaim mesin Freed hemat bahan bakar.

4. Fitur Keamanan

Toyota Sienta

Seluruh tipe sudah memiliki fitur dual-SRS airbag, jok Isofix untuk tempat duduk anak-anak, antilock brake system (ABS) dan vehicle stability control (VSC). Sementara khusus untuk tipe Q dilengkapi fitur hill start assist control (HSA).

Honda Freed

Mobil ini dikembangkan dengan struktur bodi G-CON + ACETM yang melindungi kabin dengan cara menyerap sebagian besar energi yang dihasilkan ketika terjadi benturan dari berbagai sisi. Struktur ini dapat meminimalkan kerusakan pada kabin penumpang bila terjadi tabrakan.

Honda juga menyertakan fitur Dual SRS front airbags, ABS dan EBD. Ada pula fitur Immobilizer Anti-Theft System dan Security Alarm untuk mencegah pencurian kendaraan.

Harga

Toyota Sienta

Untuk harga Toyota Sienta, pihak Toyota Astra Motor (TAM) hanya mengungkapkan kisaran harganya saja. Mobil ini dijual Rp 230-295 juta.

Varian Manual

  • E : s/d Rp 230 juta
  • G : Rp 240-245 juta
  • V : Rp 255-260 juta

Varian Otomatis

  • E : Rp 240-245 juta (belum tersedia di awal periode launching)
  • G : Rp 255-260 juta
  • V : Rp 270-275 juta
  • Q : s/d Rp 295 juta

Honda Freed

Berikut adalah harga Honda Freed on the road (OTR) Jakarta:

  • Tipe S : Rp 273,3 juta
  • Tipe E : Rp 294,3 juta

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply