Home Audi Detail Teknologi dan Kelebihan Audi A6 2016 Indonesia

Detail Teknologi dan Kelebihan Audi A6 2016 Indonesia

0 1957

Sedan Audi A6 Indonesia Terbaru, Meski tak selaris low MPV, keberadaan segmen sedan premium tidak bisa terlepas dari pasar otomotif Tanah Air. Ada banyak merek yang bersaing untuk mendapatkan hati konsumen sedan premium di Indonesia. Sebagai contoh ada BMW, Mercedes-Benz hingga Audi.

Di Kelas sedan premium ada beberapa pemain, yakni Audi A6, BMW 5-Series dan Mercedes-Benz E Class. Kali ini akan dibahas mengenai kelebihan yang ada pada Audi A6.

PT Garuda Mataram Motor selaku agen pemegang merek (APM) Audi di Indonesia menawarkan Audi A6 dalam tiga varian, di antaranya A6 1.8 TFSI Quattro yang dibanderol Rp 1,250 miliar, A6 3.0 TFSI Quattro Luxury Rp 1,825 miliar dan Audi A6 3.0 TFSI Quattro S-Line Sport yang dibanderol Rp 1,759 miliar. Semua harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Desain

Audi A6 memiliki desain eksterior yang tampak segar dan seragam dengan jajaran mobil Audi terbaru. Bagian depan dipermanis dengan grille besar berbentuk heksagonal dan dipadukan lampu depan yang dirancang lebih pipih. Audi juga menyertakan DRL (Daytime Running Light) yang lebih modern, dengan revisi bumper yang membuat tampilannya lebih sporty.

Sentuhan desain di bagian belakang juga dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Lampu belakang didesain lebih rata, sementara dua lubang knalpot dirancang menyatu dengan bumper belakang. Bentuk mulut knalpot tersebut disesuaikan dengan desain A6 sehingga memiliki kesan menarik.

Beralih ke bagian interior, Audi A6 mengusung dashboard dengan desain mirip dengan model sebelumnya. Kendati demikian Audi melakukan perubahan dengan mengganti emblem Quattro yang lebih mencolok dan tuas selektor transmisi yang lebih ergonomis dan kecil.

Audi A6 2016 Indonesia 2

Krisna Aditia, Product Spesialist dan Sales Trainer PT Garuda Mataram Motor mengungkapkan, struktur bodi Audi A6 turut mendapat perbaikan pada bahan materialnya.

“Jumlah material aluminium yang digunakan diperbanyak, mencapai 20%, dengan penambahan ini, bobot bisa dipangkas hingga 30 kg,” ungkapnya.

Hal tersebut berdampak pada bobot mobil yang lebih ringan. Selain itu faktor keselamatan pada Audi A6 menjadi lebih terjamin.

Fitur

Untuk segi fitur, sedan mewah ini dilengkapi dengan fitur konektivitas yang lebih mumpuni. Audi menyertakan MIB II (Modular Infotainment Platform). Mobil ini dilengkapi dengan sistem navigasi yang dapat menunjukkan berbagai lokasi, seperti restoran, pom bensin maupun bengkel resmi.

Menariknya kontrol perangkat dapat dilakukan via Audi MMI dengan touchpad yang dibuat lebih mewah dengan sentuhan aluminium. Agar kenyamanan selama perjalanan terjaga, Audi membenamkan peredam di kaca bernama Accoustic Glazing. Bila sebelumnya hanya diperuntukkan kaca depan saja, kini peredam kebisingan tersebut juga diaplikasikan di kaca depan samping. Alhasil tingkat kebisingan dapat diminimalisir hingga 8 db.

Transmisi dan sistem penggerak

Sedan ini mengandalkan sistem penggerak seluruh roda yang bernama Quattro. Krisna menuturkan, sistem Quattro milik Audi merupakan peranti penyalur tenaga paling canggih yang ada saat ini. Dalam kondisi standar, perangkat ini membagi torsi dalam kondisi standar 60:40. Akan tetapi, seiring kebutuhan traksi di masing-masing roda, torsi akan disesuaikan.

“Bisa 70:30, 40:60, bahkan hingga 100:0 atau 0:100, jadi tergantung kebutuhan dan gaya berkendara, mobil ini bisa menjadi penggerak empat roda, atau dua roda depan dan belakang saja,” jelas Krisna.

Selain itu sistem Quattro dengan Torque Vectoring juga menyesuaikan aliran tenaga ke setiap sisi roda. Dengan begitu saat melakukan manuver membelok, sistem akan membaca arah roda dan traksi yang diperoleh langsung menyesuaikannya agar kendaraan dapat terus melaju dengan aman.

Audi A6 mengandalkan transmisi gearbox tujuh percepatan S Tronic yang dapat menawarkan perpindahan gigi yang sangat instan. “Perpindahan gigi pada transmisi otomatis Audi A6 hanya membutuhkan waktu 0,01 detik saja, jauh lebih cepat dari tangan pebalap tercepat (0,5 detik),” kata Krisna.

Mesin

Untuk pasar Indonesia, Audi A6 ditawarkan dalam dua tipe mesin. Pertama adalah mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas 1,8 liter bensin. Mesin tersebut memiliki daya puncak sebesar 190 PS dengan torsi 320 Nm. Berikutnya adalah mesin 3,0 liter V6 yang memiliki tenaga sebesar 333 PS.

Selain tenaga yang lebih besar, mesin 3,0 liter tersebut juga diklaim lebih ramah lingkungan. Dengan friksi yang lebih rendah, mesin tersebut juga memiliki efisiensi yang lebih baik.

Di samping itu sistem injeksi Audi A6 diperbaiki sehingga kini sistem injektor berada di bagian intake. Sistem tersebut akan bekerja secara bergantian sesuai putaran mesin. Mesin Audi A6 ini sudah memenuhi standar Euro6.

Source: audi a6 indonesia, Audi A6 2016, Audi A6 2016 indonesia, audi A6 2017 indonesia, audi a6 spesifikasi, mobil sedan A6, mesin audi a6, keunggulan mobil audi, kecanggihan audi a6, intetior audi a6 2017 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply