Home Mobil Dampak Mencampur Bahan Bakar pada Kinerja Mesin

Dampak Mencampur Bahan Bakar pada Kinerja Mesin

0 2414

Efek Samping Mencampur BBM, Hingga saat ini keberadaan kendaraan bermotor masih begitu melekat di kehidupan masyarakat Indonesia. Hal lain yang tidak bisa terlepas dari kendaraan bermotor adalah bahan bakar.

Di Tanah Air kita mengenal beberapa jenis bahan bakar dengan harga jual yang beragam. Terkadang hal tersebut disiasati oleh pengguna kendaraan dengan mencampur bahan bakar jenis satu dengan lainnya agar memperoleh hasil maksimal dengan biaya terjangkau. Sebagai contoh Biosolar dicampur dengan Pertamina Dexlite atau Dexlite dengan Pertamina Dex. Lalu apa sebenarnya efek samping pencampuran bahan bakar tersebut terhadap kinerja mesin?

Faktanya, kebiasaan mencampur bahan bakar akan memberikan dampak negatif pada kinerja mesin. Dikutip dari DetikOto, Tri Yuswijayanto, ahli otomotif dan bahan bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, bila dilihat dari rasio pencampuran angka cetane tidak terlalu berpengaruh. Akan tetapi pencampuran dua bahan bakar tersebut akan membuat aditif bekerja tidak optimal.

“Dilihat secara cetane number akan linier saja, misalnya kita campur Biosolar 50 persen dan Pertamina Dex 50 persen, ketemunya di tengah di angka 50. Sedangkan sulfur di solar biasa 3.000 ppm dan di Dex 300 ppm akan ketemu 1.650 ppm. Tapi aditif kerjanya tidak linier,” jelas Tri, Senin (18/04/2016).

Perlu diketahui, aditif merupakan zat tambahan pada bahan bakar diesel. Zat ini memiliki pengaruh terhadap kinerja mesin. Hanya saja zat aditif tersebut tidak terdapat pada Biodiesel. Tri mengungkapkan, bila Biosolar dicampur dengan Dex, maka tidak ada aditif dalam bahan bakar. Hal tersebut akan membuat injektor pada mesin cepat berkerak.

“Dengan kerja yang tidak linier tersebut, ada jumlah tertentu yang sedikit tidak berefek. Kalau tidak ada aditif, kerja injektor cepat terjadi kerak. Kalau terjadi bahan bakar yang disemburkan akan menjadi kecil,” pungkasnya.

Source: efek solar campur bensin, bio solar dicampur pertamina dex, efek solar dicampur bensin, solar campur pertamax, solar dicampur pertamax, pertamina dex dicampur solar, solar campur pertamax plus, pertamax campur solar, efek solar di campur bensin, solar dicampur dexlite, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply