Home Auto News Honda Civic Turbo dan Toyota Sienta Jadi Mobil Terbaik di IIMS 2016

Honda Civic Turbo dan Toyota Sienta Jadi Mobil Terbaik di IIMS 2016

0 1464

Mobil Terbaik Indonesia 2016, Ada banyak mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mulai dari merek asal Jepang, Eropa, hingga Amerika memeriahkan jalannya pameran otomotif tahunan itu. Dari sekian banyak mobil yang ada, mana yang dinobatkan sebagai mobil terbaik?

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2016 memiliki dua penghargaan untuk kendaraan roda empat, yakni “Best Buy Car” dan “Best Car of the Show”. Model MPV baru Toyota Sienta berhasil meraih penghargaan sebagai “Best Buy Car”. Sementara kategori “Best Car of the Show” disabet All New Honda Civic Turbo. Penghargaan tersebut diumumkan saat malam penutupan IIMS 2016 di Gedung Niaga JIExpo Kemayoran, Sabtu (16/04/2016).

“Sebenarnya, kami enggak pasang target penghargaan buat Sienta. Kami hanya mengamati animo masyarakat terhadap Sienta dari keseluruhan cukup puas,” kata Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), sebagaimana dikutip KompasOtomotif.

Toyota Sienta merupakan model terlaris kedua TAM di IIMS 2016 setelah Avanza. Anton mengungkapkan, awalnya pembeli Sienta diprediksi datang dari konsumen MPV. Namun rupanya kebanyakan justru berasal dari pencari hatchback dan sedan.

Yulian Karfili, Assistant Manager Public Relations Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pihaknya bersyukur atas penghargaan yang diberikan untuk Civic Turbo. Sedan tersebut menjadi mobil pertama HPM yang dilengkapi dengan sistem turbo. All New Civic Turbo memang dihadirkan untuk membawa gairah baru. Karfili berterima kasih bahwa IIMS mengakui hal tersebut.

“Kami bersyukur karena ini kan berdasarkan penjurian oleh orang-orang yang mempunyai kapasitas untuk pemilihan yang obyektif,” ujar Karfili.

Sekedar informasi, Toyota Sienta hadir dengan beragam pilihan warna, di antaranya black mica, super white, silver metallic, gray metallic, orange metallic, dark brown mica, dan quartz brown metallic.

Toyota Sienta 2016 Indonesia

Di sisi eksterior, pesaing Honda Freed ini memiliki Retractable outer mirror. Toyota juga menyertakan lampu hi-beam LED di bagian depan yang membuat tampilannya menarik. Ada pula pilihan headlamp dengan LED clearance lamp dan auto leveling. Tampilan sektor kaki-kaki juga terlihat memikat dengan pelek berdesain Two One machining berdiameter 16 inci yang dilengkapi disc brake.

Toyota Sienta memiliki interior dengan tiga baris bangku berkonsep dive in-seat. Ada tiga pilihan kombinasi warna di sisi kabin yang ditawarkan oleh Toyota. Lalu untuk kokpitnya dibuat bergaya dual layer dasboard dan panel tiga dimensi. Sienta juga dibekali steering switch dan combination meter with 4,2 TFT screen.

Di sektor dapur pacu, Toyota Sienta menggunakan mesin NR FE 1.5 liter. Mesin tersebut sudah berteknologi Dual VVT-i. Dengan mesin tersebut Sienta dapat mengeluarkan tenaga sebesar 107 hp dengan torsi 140 Nm. Sementara transmisinya ada dua, yaitu manual 6-percepatan CVT 7-percepatan.

Sementara itu, Honda Civic terbaru menyapa masyarakat dengan konsep Revolutionary Silhouette Advanced Neo Sedan. Lampu depannya sudah menggunakan LED dengan LED Daytime Running. Grille sedan ini terintegrasi dengan lampu depan sehingga membuatnya terlihat sporty.

Interior All New Civic menerapkan Daring ACE Design. Konsep tersebut menggabungkan kualitas material, konsol tengah yang fun-to-use dan posisi berkendara yang nyaman. Honda juga menyematkan sistem Tilt & Telescopic di bagian setir dan sistem 8-wah driver power set adjuster.

Untuk mesinnya, Honda Civic terbaru dipersenjatai mesin 1.5 liter VTEC Turbo. Dapur pacu tersebut dapat menghasilkan daya hingga 173 PS pada 5.500 rpm dengan torsi puncak 22,4 kg.m pada 1.700-5.500 rpm.

Honda juga membenamkan fitur ECON untuk efisiensi bahan bakar. Ada pula fitur ECO Assist yang membuat pengguna All New Honda Civic dapat menghemat pengeluaran bahan bakar.

Source: warna toyota calya, sienta brown metalic, sienta warna, toyota calya sienta, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply