Home Auto News MPV Toyota Sienta 2016 Indonesia Masih Perlu Diuji?

MPV Toyota Sienta 2016 Indonesia Masih Perlu Diuji?

0 1282

Mobil Baru Toyota Sienta Indonesia, Toyota Sienta resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Kehadiran MPV baru Toyota ini sukses menarik perhatian banyak orang. Mobil ini juga berhasil meraih penghargaan “Best Buy Car” pada pameran otomotif tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, menurut laporan Kompas otomotif, beberapa waktu lalu Toyota Sienta terpergok di jalanan sekitar Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Mobil tersebut tampak menggunakan selubung kamuflase.

MPV tersebut sama dengan yang melintas di Kebumen, Jawa Tengah pada pertengahan Januari kemarin. Hal tersebut dapat diketahui dari pelat nomor kendaraan yang sama, yaitu B 2220 XRW. Dengan demikian, bisa dikatakan pengujian terhadap Toyota Sienta belum selesai atau memenuhi standar Toyota.

Sebagai informasi, mobil keluarga ini sebelumnya direncanakan akan meluncur pada semester kedua tahun 2016 ini. Namun karena adanya kesempatan dan memanfaatkan waktu, peluncuran Toyota Sienta dimajukan menjadi April 2016. Yang menjadi pertanyaan, apakah peluncuran Toyota Sienta di Indonesia terlalu dini?

“Bisa di cek langsung ke Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), sebab jika masih ada tes, mungkin ada standar khusus yang harus dilalui Sienta. Kebetulan memang unitnya belum diproduksi, mungkin masih ada standar yang harus dicapai,” kata Anton Jimmy, yang menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), yang dijumpai di acara penutupan IIMS 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (16/04/2016).

Toyota Sienta 2016 Indonesia 2

Sementara itu, Yui Hastoro, selaku Direktur Teknik TMMIN mengungkapkan, peluncuran Sienta dengan All New Innova maupun All New Fortuner berbeda. Mobil yang diposisikan di antara Avanza dan Innova itu baru akan diproduksi akhir Juni dan dikirim kepada konsumen sekitar bulan Juli mendatang.

“Jadi, unitnya akan dikirim ke konsumen setelah semua pengujian dilakukan dan lolos dari standar Toyota,” ujar Yui.

Yui menambahkan, TMMIN sendiri saat menguji suatu produk harus melewati berbagai tahap. Mulai dari prototype hingga production stage. Sayangnya Yui enggan berkomentar ketika ditanya tentang sejauh mana pengujian terhadap Sienta dan kapan mobil tersebut selesai diuji.

“Dan yang pasti sebelum dikirim ke tangan konsumen, semua pengujiannya harus sudah selesai,” kata Yui.

Model MPV Toyota Avanza yang beredar di Indonesia diproduksi di pabrik milik Daihatsu. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Toyota Sienta. Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, Toyota Sienta tidak menggunakan fasilitas produksi milik Daihatsu lantaran konsep desainnya berbeda.

“Sienta rakitan TMMIN. Kenapa bukan bareng Daihatsu, karena itu (Sienta) bukan mobil compact. Untuk semua model yang diproduksi Daihatsu selalu compact. Kalau enggak, ya berarti bukan diproduksi di Daihatsu,” ujarnya, dilansir dari laman Okezone.

Sekedar informasi, beberapa mobil Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu adalah Avanz, Agya dan Rush.

Toyota Sienta sendiri akan diproduksi di pabrik TMMIN yang berada di Karawang. MPV baru ini mengandung komponen lokal hingga 70 persen. Indonesia menjadi negara kedua yang memproduksi mobil tersebut setelah Jepang.

Untuk pasar Indonesia, Toyota Sienta akan mengusung dapur pacu berkapasitas 1.497 cc. Mesin tersebut dapat mengeluarkan daya hingga 107 ps dengan torsi maksimum 14,3 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi manual enam percepatan atau otomatis CVT tujuh percepatan.

Toyota membenamkan beberapa fitur penunjang kenyamanan dan keamanan pada mobil ini. Di antaranya adalah dual SRS airbag dan knee, vehicle stability control, anti lock brake system, ISOFIX, kunci immobilizer dan hill start assist.

Img source: http://otomotif.kompas.com

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply