Home Auto News Perbedaan Mesin Toyota Sienta 2016 dan Grand New Avanza

Perbedaan Mesin Toyota Sienta 2016 dan Grand New Avanza

0 1628

Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan MPV barunya, yakni Sienta. Mobil keluarga terebut dapat memuat hingga tujuh penumpang dengan konfigurasi 5 + 2.

Toyota Sienta untuk pasar Indonesia diposisikan di atas mobil sejuta umat, Avanza. Tidak sedikit orang yang membandingkan kedua mobil keluarga ini. Khususnya pada sektor dapur pacunya yang terlihat sama.

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division TAM mengungkapkan, Toyota Sienta diproduksi di pabrik Toyota yang berlokasi di Karawang. MPV baru ini mengandalkan mesin empat-silinder 1.497 cc, DOHC Dual VVT-i dengan kode 2NR-FE.

Toyota Sienta versi Indonesia mengusung mesin 2NR-FE. Huruf “F” pada kode tersebut mempunyai arti penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft). Sementara huruf “E” bermakna Electronic Fuel Injection (EFI). Mesin Toyota Sienta sanggup menghasilkan tenaga sebesar 105 daya kuda dengan torsi 140 Newton meter. Sementara untuk sistem perpindahan giginya ada dua versi, yakni manual enam percepatan dan CVT.

Sementara itu, Grand New Avanza mengusung mesin empat silinder dengan kapasitas 1.496 cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE. Perlu diketahui, mesin Toyota Avanza masih menggunakan bahan material besi baja biasa. Sementara mesin Sienta memakai aluminium.

Mesin Toyota Grand New Avanza 2016 Indonesia

“Nah spesial yang Avanza (2NR-VE) itu kan pengganti yang dulu 1.5L 3SZ-VE. Daihatsu yang menamainya begitu,” ujar Iwan Abdurrahman, sebagaimana dilansir laman Viva.

Iwan mengatakan bahwa sudah meneliti kondisi mesin Toyota Sienta untuk pasar Indonesia dan Grand New Avanza. Ia menyimpulkan, blok mesin sama namun bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda. Contohnya posisi saringan oli, koil dan alternator.

“Yang berbeda di sini adalah desainnya, namun prinsip kerjanya serupa. Selain itu mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sebaliknya Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakkan mesin adalah roda belakang,” jelasnya.

Source: mobil terbaru toyota pengganti avanza, mesin avanza 2016, sienta vs grand livina, mesin avanza, gambar grand new avanza 2016, mobil baru peganti avanza, penganti avanza, rasio kompresi mesin 2nr-fe, service mobil toyota avanza 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply