Home Auto News Nissan Kicks 2016 Versi Produksi Diperkenalkan, Ini Desainnya!

Nissan Kicks 2016 Versi Produksi Diperkenalkan, Ini Desainnya!

0 954

SUV Terbaru Nissan Kicks 2016, Setelah ditunggu cukup lama, akhirnya Nissan merilis SUV kompak terbarunya yang diberi nama Kicks. Mobil bergaya perkotaan ini diklaim menggambarkan sebuah kendaraan ‘Fun to Drive’.

Sebelumnya Nissan Kicks diperkenalkan dalam wujud konsep di ajang Sao Paulo Auto Show 2014 yang berlangsung di Brazil. Menurut kabar Carscoops, sebagaimana dikutip Otomotifnet, Kicks merupakan hasil kerjasama antara Nissan Amerika Serikat dan Brazil di bawah pengawasan pemimpin desain global Nissan, Shiro Nakamura.

Bila dibandingkan dengan Nissan Sway Concept yang merupakan model pengganti hatchback March, Nissan Kicks dipermanis dengan grille besar V-shapped. Grille tersebut ditemani headlights LED horizontal yang menunjukkan desain terkini Nissan.

Spion, pilar A dan Pilar C dilabur dengan warna hitam. Alhasil tampilannya menunjukkan kesan atap mengambang atau disebut juga dengan istilah floating roof. Bagian atap diberi warna merah yang kontras dengan bodi, sehingga memunculkan kesan fun.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa Nissan Kicks memiliki tampilan yang kurang kontroversial, tidak seperti saudaranya Juke saat di awal kemunculannya. Untuk hal ini Nakamura menyatakan bahwa keputusan tersebut sengaja diambil agar kesan fun to drive dipadukan kesan kendaraan yang serius.

“Desain sedemikan rupa sengaja menggambarkannya sebagai “fun to drive, tetapi pada saat yang sama, kendaraan ini tetap serius,” jelas Nakamura.

Nissan Kicks 2016 2

Sayangnya hingga saat ini Nissan belum mengumumkan detail lebih jauh seputar mesin dan hal lain yang ada pada mobil baru itu. Jika melihat model konsepnya, Kicks memiliki ukuran panjang 4.300 mm, dengan lebar 1.800 mm dan tinggi 1.600 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya 2.620 mm.

Kabar sebelumnya menyebutkan bahwa Nissan Kicks akan mengandalkan mesin diesel berkapasitas 1,5 liter dCi K9K yang juga digunakan mobil Nissan dan Renault lainnya. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga dalam dua versi, yaitu 83 bhp dan 108 bhp.

Kehadiran Nissan Kicks menimbulkan pertanyaan baru, apakah model ini akan menggantikan posisi Nissan Juke?

Sayangnya hingga saat ini belum ada informasi mengenai hal tersebut. Perlu diketahui, Nissan Kicks dihadirkan untuk pasar Brazil, bukan untuk pasar global. Di samping itu Kicks memiliki panjang dan wheelbase yang lebih panjang dari Juke. Dengan demikian, di paar global mobil ini berada di bawah Qashqai.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa pengganti Nissan Juke akan didesain dan direkayasa di Inggris. Tujuannya adalah untuk memenuhi selera Eropa. Selain itu dikonfirmasi bahwa produk tersebut akan diproduksi dengan platform baru, CMF-B.

Sebagai informasi, Nissan Juke memiliki tampilan eksterior yang sangat unik. Nissan menyematkan grille radiator berukuran kecil dan memanjang di bagian tengah. Disertakan pula aksen krom dengan huruf V.

Mobil yang juga dijual di Tanah Air ini memiliki panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.565 mm. Sementara beratnya berkisar 1.163 kg hingga 1.477 kg. Ground clearance Nissan Juke cukup tinggi sehingga membuatnya dapat melalui jalanan terjal.

Di sisi interior, Juke dilengkapi dengan beragam fitur hiburan. Di antaranya layar sentuh 6.5 inci 2 DIN yang mendukung VCD/DVD, mp3, Aux in iPod/iPhone dan USB port. Nissan juga menyediakan fitur voice command, WiFi, sistem navigasi dan AC Autoclimate untuk sistem pendingin kabin.

Nissan Juke memiliki tiga mode berkendara, ECO, Sport dan Normal. Sementara untuk fitur keamanannya meliputi SRS Airbags System, Immobilizer & Alarm with Shock Sensor, ABS, EBD dan BA.

Di sektor pacu, Nissan Juke diperkuat mesin HR15DE dengan kapasitas 1.5 liter 4 silinder DOHC. Mesin tersebut dapat menyalurkan daya sampai 114 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply